Home / Peristiwa

Selasa, 23 November 2021 - 10:58 WIB

Baznas Semarang Bantu Pedagang Durian Gondoriyo

Baznas Kabupaten Semarang menyalurkan bantuan kepada 17 orang pedagang durian di Kelurahan Gondoriyo, Jambu, Semarang. (Foto: Junaedi/Diskominfo Kab Semarang)

Baznas Kabupaten Semarang menyalurkan bantuan kepada 17 orang pedagang durian di Kelurahan Gondoriyo, Jambu, Semarang. (Foto: Junaedi/Diskominfo Kab Semarang)

NYATANYA.COM, Semarang – Untuk mengembangkan usaha ekonomi warga yang terpuruk selama pandemi Covid-19, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Semarang menyalurkan bantuan kepada 17 orang pedagang durian di Kelurahan Gondoriyo, Jambu.

Bantuan berupa modal sebesar Rp1,5 juta, diberikan secara simbolis kepada perwakilan pedagang, di salah satu lapak dagangan yang terletak di tepi jalan raya Ambarawa – Magelang, Senin (22/11/2021).

Ketua Baznas Kabupaten Semarang Munashir menjelaskan, pemberdayaan ekonomi warga menjadi salah satu program utama lembaga yang dipimpinnya. Berbagai bantuan, mulai dari modal usaha hingga pelatihan keterampilan usaha produktif, telah diberikan.

“Di antaranya, pelatihan pembuatan makanan kecil dan bantuan modal, bagi pedagang maupun peternak,” jelas Munashir.

Baca juga   20 Pabrikan Ternama Meriahkan “Grand Maerakaca Automotif Show”

Pada kesempatan itu, juga diserahkan bantuan pengembangan peternakan kelinci. Yakni, sebanyak sembilan orang peternak kelinci hias dan pedaging di Gondoriyo dan Desa Jambu mendapat bantuan modal masing-masing Rp1,5 juta.

Bupati Semarang Ngesti Nugraha mengapresiasi dukungan Baznas, untuk menggerakkan kembali ekonomi daerah, di masa landai pandemi Covid-19 ini.

“Hal ini sejalan dengan kebijakan Pemkab Semarang, untuk membangun pertumbuhan ekonomi daerah,” ujarnya.

Ketua Baznas Jawa Tengah Ahmad Darodji menilai, langkah pemberdayaan ekonomi warga oleh Baznas Kabupaten Semarang sangat tepat. Hal itu sebagai bukti nyata dukungan pengentasan kemiskinan.

“Salah satu tugas Baznas adalah membuat para penerima zakat menjadi pemberi zakat,” tegasnya.

Baca juga   Kementan Canangkan Setahun 4 Kali Tanam Padi di Klaten

Menurutnya, potensi dana zakat, infak, dan sedekah (ZIS) tiap kabupaten/kota sangat besar. Dia mencontohkan, ada salah satu kepala daerah yang mampu mengumpulkan dana ZIS hingga Rp23 miliar dalam setahun. Di mana, sebagian besar dana itu berasal dari PNS yang menerima gaji lebih dari Rp6 juta.

Jika potensi itu dapat dikembangkan, Darodji optimistis, program pengentasan kemiskinan di Kabupaten Semarang terselesaikan dengan mudah.

Pasalnya, bantuan dari Baznas dapat dilakukan secara cepat, berdasarkan kebijakan kepala daerah, dan tidak memerlukan proses panjang.

Pada kesempatan itu pula, disalurkan bantuan uang tunai bagi puluhan anak yatim akibat Covid-19, senilai total Rp28,4 juta.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Foto: Dok.Puspenkum

Peristiwa

Kejati DIY Serah Terima Tersangka dan Barang Bukti Kasus Perpajakan, Segini Angkanya
Kominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika (Ditjen Aptika) dan Dewan Kehormatan Penyelenggaraan Pemilu (DKPP) bersinergi merilis aplikasi Sistem Informasi Kode Etik Penyelenggara Pemilu (Sietik). (Foto: Wahyu Sudoyo/InfoPublik)

Peristiwa

Kominfo-DKPP Sinergi Rilis Aplikasi Sistem Informasi Kode Etik Penyelenggara Pemilu
Menurut Kabid Humas Polda Jateng Kombes. Pol. M Iqbal Al-Qudussy, pengungkapan identitas akan dilakukan dengan melakukan tes Deoxyribose Nucleic Acid (DNA) oleh Pusat Laboratorium Forensi (Puslabfor). Foto: Humas Polda Jateng/Tribratanews

Peristiwa

Polisi Lakukan Tes DNA Korban Saksi Kunci Korupsi Pemkot Semarang yang Dimutilasi dan Dibakar
Heroe Poerwadi saat meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang diinisiasi oleh shelter mandiri Warungboto Tangguh. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Shelter Mandiri Warungboto Tangguh Gelar Vaksinasi Massal
Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi. Foto: Humas Polda Sumut/Tribratanews

Peristiwa

Polda Sumut Berhasil Gagalkan Penyelundupan 71 Kg Ganja Asal Aceh
(Ilustrasi: nyatanya.com)

Peristiwa

Pandemi Tak Halangi Anak-anak Berkreativitas, Ayo Ikuti Lomba Ini
Ganjar Pranowo ikut hadir untuk menyerahkan secara simbolis bantuan sosial tunai yang diselenggarakan Dinas Sosial Provinsi Jateng, di Kantor Pos Semarang. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Serahkan BST, Ganjar: Gunakan Model Gotong Royong Insyaallah Semua Dapat
Pengajian yang digelar Paguyuban Trah Pedhot Bali Mulyo di Masjid Danoedjo As-Sudairi, Kemeritan, Yogyakarta, Sabtu (27/11/2021) menghadirkan Ustad Heriyanda Falih Tehan. S.Ag. (Foto: Agoes Jumianto)

Peristiwa

Undang Ustad Heriyanda Falih Tehan, Trah Pedhot Gelar Pengajian