Home / News

Jumat, 1 April 2022 - 12:13 WIB

Begini Aturan Perjalanan Mudik bagi Warga yang Belum Vaksinasi Booster

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

NYATANYA.COM, Jakarta – Pemerintah telah mengizinkan perjalanan mudik pada lebaran 2022 dengan syarat telah menerima vaksinasi booster. Tes antigen dan PCR pun tetap diberlakukan bagi masyarakat yang belum melakukan vaksinasi booster.

“Satgas sudah membuat konsep untuk segera dikeluarkan surat edaran intinya untuk mengatur pelaku perjalanan dalam negeri dalam hal ini mudik,” kata Kepala Satuan Tugas (Satgas) Covid-19, Letjen TNI Suharyanto dikutip melalui akun Youtube BNPB, Kamis (31/3/2022).

Berikut ketentuan yang disiapkan oleh Satgas bagi pelaku perjalanan dalam negeri atau mudik:

  • Pelaku perjalanan mudik tidak wajib tes antigen dan PCR jika telah menerima vaksin booster.
  • Pelaku perjalanan mudik wajib tes antigen hasil non reaktif dengan masa berlaku 1 x 24 jam, atau tes PCR dengan masa berlaku 3 x 24 jam, jika baru menerima vaksin dosis kedua.
  • Pelaku perjalanan mudik wajib tes PCR dengan hasil negatif Covid-19 dengan masa berlaku 3 x 24 jam, jika baru menerima vaksin dosis pertama.
  • Satgas juga menyiapkan skema jika pelaku perjalanan luar negeri adalah anak-anak berusia di bawah 6 tahun, atau memiliki kondisi khusus sehingga tidak dapat menerima vaksin booster.
  • Jika pelaku perjalanan mudik memiliki kondisi khusus wajib melakukan tes PCR dengan hasil negatif Covid-19 dan masa berlaku 3 x 24 jam. Pelaku perjalanan juga wajib melampirkan surat keterangan dari dokter umum atau dokter dari rumah sakit pemerintah setempat.
Baca juga   "Tanggap Tanggon Tuwuh", Logo HUT Ke-265 Kota Jogja Diluncurkan

“Anak di bawah usia 6 tahun tidak testing, namun didampingi pendamping perjalanan yang telah memenuhi syarat perjalanan, artinta sudah vaksin dosis ketiga,” jelasnya.

Baca juga   Gunung Merapi Kembali Semburkan Awan Panas

Bagi anak usia 6 -17 tahun tidak perlu testing, namun harus menunjukkan vaksinasi dosis kedua.

“Intinya bahwa Satgas bukan untuk membatasi para pemudik tapi mudah-mudahan mudik yang dilaksanakan bisa berjalan dengan tetap aman lancar dan tidak terjadi penularan yang signifikan,” tandas Suharyanto.

(*)

Share :

Baca Juga

Menghadapi ramalan resesi global 2023, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Swiss memantapkan langkah kerja sama. Foto: Diskominfo Jateng

News

Hadapi Ramalan Resesi Global, Jateng dan Swiss Mantapkan Kerja Sama
Menag saat memberi sambutan pada Rakernas Bimas Islam di Cilegon, sebagaimana dilansir Kemenag, Kamis (3/3/2022). (Foto: Biro Humas Kemenag)

News

Menag Ingin KUA Tidak Sekadar Kantor Urusan Asmara
Pemkot Yogya dan PT Tokopedia melaksanakan penandatanganan kesepakatan kerjasama tentang kerja sama pembangunan ekonomi daerah, penyelenggaraan layanan publik dan pengembangan ekosistem digital di Kota Yogyakarta. Foto: Humas Pemkot Yogya

News

Tandatangani MoU dengan Pemkot Yogya, Tokopedia Bantu UMKM Kembangkan Pasar Digital
Ilustrasi, pedagang menunjukkan minyak goreng curah di Pasar Agung, Depok, Jawa Barat, Rabu (8/12/2021). Menteri Koordinator Bidang Perekonoman Airlangga Hartarto menegaskan, per 1 Februari 2022 harga minyak goreng di seluruh Indonesia sudah mengikuti ketentuan Harga Eceran Tertinggi (HET). (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/YU)

News

Kebijakan DMO dan DPO Memastikan Harga Minyak Goreng Rp14.000
Pemkot Yogyakarta telah mempersiapkan beberapa aturan bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Malioboro. (Foto: Agoes Jumianto)

News

Jika PPKM Tak Diperpanjang, Ini Aturan Wisatawan Berkunjung ke Malioboro
Foto: Ist

News

Pasien Pertama Cacar Monyet Dinyatakan Sembuh
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat bertemu koordinator acara Mennonite World Conference (MWC) ke-17 di rumah dinas. Foto: Humas Jateng

News

Umat Kristen Sedunia Konferensi di Jawa Tengah, Ganjar: Momentum Suarakan Perdamaian
Penampakan awan panas guguran Gunung Merapi, Selasa (17/8/2021) pukul 07.01 WIB. (Foto:BPPTKG)

News

Gunung Merapi Erupsi, Meluncur ke Arah Kali Bebeng