Home / Peristiwa

Senin, 31 Januari 2022 - 10:20 WIB

Begini Cara Bank Difabel Ngaglik Sejahterakan dan Sehatkan Anggotanya

Tak hanya kegiatan simpan pinjam, Bank Difabel Ngaglik juga melakukan pemeriksaan kesehatan bagi para anggotanya. (Foto: MC Kab Sleman)

Tak hanya kegiatan simpan pinjam, Bank Difabel Ngaglik juga melakukan pemeriksaan kesehatan bagi para anggotanya. (Foto: MC Kab Sleman)

NYATANYA.COM, Sleman – Ada yang berbeda pada pertemuan bulanan yang rutin dilakukan antar anggota KSP (Koperasi Simpan Pinjam) Bank Difabel Ngaglik kali ini.

Kalau biasanya hanya berupa kegiatan simpan pinjam, pada edisi pertama di tahun 2022 ini ada petugas kesehatan yang melakukan pemeriksaan kesehatan para anggota.

Posbindu (pos binaan terpadu) berupa pemeriksaan kesehatan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memantau dan meningkatkan kesehatan anggota yang mayoritas adalah penyandang difabel.

Sejak dimulai sekitar tahun 2007, kegiatan posbindu ini sempat terhenti selama 2 tahun karena pandemi Covid-19 dan baru kali ini dilaksanakan lagi.

Hal ini dijelaskan oleh Kuni Fatonah, Ketua KSP Difabel yang juga sekretaris Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kapanewon Ngaglik saat mengikuti kegiatan ini di Padukuhan Panggungsari RT 09/RW 23, Kalurahan Sariharjo, Kapanewon Ngaglik, Kabupaten Sleman, Minggu (30/1/2022).

“Rangkaian kegiatan diselenggarakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, di mana para peserta setelah menandatangani daftar hadir, melakukan pemeriksaan kesehatan, membayar simpan pinjam, lalu dipersilahkan pulang untuk mengurangi kerumunan,” jelas Mbak Kuni, panggilan akrabnya.

Baca juga   Ngayogjazz 2022 "Kena Jazz-e Tetep Bening Banyune", Digelar Gratis 19 November 2022 di Dusun Cibuk Kidul

Lebih lanjut Mbak Kuni menjelaskan bahwa Posbindu diselenggarakan atas kerjasama antara KSP Difabel dan PPDI dengan Bapel Jamkesos (Badan Pelaksana Jaminan Kesehatan Sosial) dan Puskesmas Ngaglik 1. Adapun pelaksana kegiatannya juga dibantu pendamping dan anggota KSP.

Untuk meningkatkan kapasitas pelayanan Posbindu, akan diselenggarakan pelatihan penanganan Posbindu bagi beberapa anggota KSP yang akan berperan juga sebagai relawan kegiatan Posbindu. Pelatihan akan diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Sleman pada tanggal 5 Februari 2022 mendatang.

“Usai pelatihan sebagai kader Posbindu nanti, KSP Difabel Ngaglik akan melakukan evaluasi, persiapan, dan perencanaan kegiatan Posbindu difabel untuk kegiatan yang akan datang,” jelas Mbak Kuni lagi.

Sementara itu Sakir, salah seorang pendamping KSP Difabel Ngaglik menjelaskan bahwa jumlah anggota KSP ada 92 orang yang berasal dari 10 wilayah kapanewon di Kabupaten Sleman.

Baca juga   Ngaku Wadir Pertamina, Pria Asal Gresik Tipu Warga Blora Hingga Rp400 Juta

“Dengan penyelenggaraan posbindu yang diikutkan dalam kegiatan simpan pinjam, diharapkan akan lebih banyak peserta yang hadir dalam pelayanan Posbindu,” jelas Sakir.

Dalam rapat evaluasi dan koordinasi antara KSP Difabel dengan Bapel Jamkesos dan Petugas Puskesmas Ngaglik 1 usai acara posbindu, ditemukan perbedaan cakupan kegiatan.

Bapel Jamkesos hanya memfasilitasi difabel saja padahal dalam kegiatan posbindu ini pesertanya termasuk istri atau suami sebagai pendamping yang selalu membersamai difabel.

Selain itu, masalah lainnya adalah Puskesmas Ngaglik 1 cakupan wilayah pelayanan kesehatannya hanya pada wilayah Ngaglik saja, sementara anggota KSP yang menjadi peserta posbindu juga berasal dari kapanewon lain di wilayah kabupaten Sleman.

“Ini menjadi tantangan tersendiri bagi pengurus PPDI dalam upaya memberikan pelayanan terbaik. Semoga akan ada solusinya,” tandas Mbak Kuni.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/foc

Peristiwa

Foto: Pasar Murah Minyak Goreng di Kudus
Vaksinasi bagi pekerja sektor transportasi dan juru parkir dalam rangkaian peringatan Hari Perhubungan Nasional 2021. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Harhubnas, Ratusan Juru Parkir Divaksinasi Covid-19
Ketua TP PKK Kota Pekalongan, Inggit Soraya (kanan) berharap kegiatan ini dapat menjadi media edukasi bagi para ibu. (Foto:Diskominfo Pekalongan)

Peristiwa

Emak-emak Harus Tahu! Mengolah Bahan Pangan Hewani Gunakan Konsep ASUH
Evakuasi jenazah wanita tewas di hotel di Surabaya. Foto: Ist/selalu.id

Peristiwa

Perempuan Paruh Baya Tewas Telanjang di Hotel Surabaya, Polisi Ungkap Ciri-ciri Pria yang Terekam CCTV
Petugas Satpol PP Kabupaten Magelang memasang segel penutupan di Rumah Makan Bakso Balungan Pak Granat di jalan Raya Magelang - Yogyakarta, Mungkid, Sabtu (19//2/2022). (Foto: humas/beritamagelang)

Peristiwa

Maaf Lur, Bakso Balungan Pak Granat Mungkid Ditutup Gegara Tak Bayar Pajak
BPBD Temanggung tengah mendistribusikan air bersih pada warga. (Foto:Istimewa)

Peristiwa

Meski Tak Terdampak EL Nino, BPBD Temanggung Tetap Droping Air Bersih kepada Warga
Pasangan muda-mudi di Aceh dijatuhi hukuman masing-masing 25 kali cambuk. Akan tetapi, setelah dikurangi masa tahanan sebanyak tiga bulan (tiga kali) maka tersisa 22 kali cambukan. (Foto: MC Banda Aceh)

Peristiwa

Terbukti Langgar Syariat Islam, Pasangan Muda Mudi Ini Diganjar Hukuman Cambuk
Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Tengah, Fendiawan Tiskiantoro menuturkan, pelatihan tersebut sebagai upaya meningkatkan kualitas pelaku usaha yang berada di sekitar proyek pembangunan Tol Semarang-Demak. (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Dorong Tetap “Survive”, Puluhan UMKM Sekitar Tol Semarang-Demak Diberi Pelatihan