Home / News

Selasa, 19 April 2022 - 23:17 WIB

Begini Persiapan Jalur Mudik Jateng di Kalikangkung dan Alas Roban yang Dicek Ganjar

Ganjar Pranowo mengecek sejumlah jalur mudik di Jawa Tengah untuk melihat persiapan menyambut pemudik pada Lebaran tahun ini. (Foto: Humas Jateng)

Ganjar Pranowo mengecek sejumlah jalur mudik di Jawa Tengah untuk melihat persiapan menyambut pemudik pada Lebaran tahun ini. (Foto: Humas Jateng)

NYATANYA.COM, Batang – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengecek sejumlah jalur mudik di Jawa Tengah. Hal itu untuk melihat persiapan menyambut pemudik pada Lebaran tahun ini.

Dua lokasi yakni persimpangan Alas Roban Batang dan pintu tol Kalikangkung, didatangi Ganjar sepulang dari memimpin Musrenbangwil di Kabupaten Pekalongan, Selasa (19/4/2022). Dua lokasi itu diprediksi akan menjadi lokasi padat saat arus mudik Lebaran tiba.

“Kita coba cek jalur mudik lebaran, salah satunya gerbang tol Kalikangkung ini. Kita cek kesiapannya karena dari Palimanan kan tidak ada tiket dari sana, sudah dilepas. Maka kita mensinyalir yang ada di Kalikangkung ini menjadi tempat yang traffic-nya sangat padat,” katanya.

Foto: Humas Jateng

Maka, lanjut Ganjar, skenario-skenario mengantisipasi kepadatan harus dilakukan. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan kepolisian, pengelola jalan tol, hingga menugaskan Dinas Perhubungan Jateng untuk bersiap-siap.

“Nanti pengaturan kita siapkan termasuk dukungannya, apakah personel, dukungan kesehatan, damkar, dan lainnya, kita siapkan. Jadi kapan akan one way, dan sebagainya, kepolisian yang akan mengatur. Kami siap mendukung termasuk Basarnas juga siap,” ucapnya.

Baca juga   ASN Magelang Ramai-ramai Borong Cabai dan Sayur, Ada Apa?

Ganjar berharap, pengelolaan di pintu keluar Kalikangkung bisa termanajemen dengan baik. Sebab, jika tidak, akan terjadi penumpukan kendaraan yang sangat tinggi di lokasi itu.

“Makanya saya juga tadi cek yang ada di Alas Roban itu karena juga kemungkinan terjadi traffic yang sangat tajam. Jadi nanti di sana akan disediakan jalur memutar dengan harapan tidak terjadi kepadatan karena di sana rawan kecelakaan,” ucapnya.

Ganjar juga menghimbau pemudik untuk mempersiapkan diri dengan baik. Kendaraan yang akan digunakan harus dipastikan laik jalan, dan kru yang ikut di dalamnya juga sehat.

“Semoga bisa lancar semuanya, sekarang tugas kami menyiapkan dari awal agar semuanya lancar,” pungkasnya.

Baca juga   Foto: Stasiun Pasar Senen Ramai Pemudik

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah, Henggar Budi Anggoro mengatakan, rencananya akan ada pemberlakuan jalur searah atau one way di jalan tol saat mudik Lebaran tahun ini. Pengemudi akan tap awal dari Cikarang Utama, dan selanjutnya tap lagi di gerbang tol Kalikangkung.

“Untuk mengantisipasi adanya penumpukan kendaraan, kami akan menyediakan penambahan gate sebanyak 23 gate. Selain itu, kami juga akan menambah petugas yang nantinya bisa mobile untuk tapping,” katanya.

Pihaknya juga telah menyiapkan skenario lain. Jika terjadi kepadatan di gerbang tol Kalikangkung, maka akan dilakukan pengurangan volume kendaraan dengan cara mengeluarkannya dari gerbang tol terdekat.

“Bisa dikeluarkan lewat gerbang tol Weleri Kendal dan Kaliwungi untuk kemudian melanjutkan di jalur arteri. Atau bisa juga masuk tol lagi via pintu tol Krapyak,” terangnya.

(N1)

Share :

Baca Juga

Menkeu Sri Mulyani. (Foto:Istimewa/InfoPublik.id)

News

Pemerintah Segera Cairkan THR ASN dan Gaji ke-13, Berikut Jadwal dan Ketentuannya
Foto: Puspenkum

News

Kejagung Periksa Dua Saksi Kasus Korupsi Ekspor CPO, Ini Temuannya
Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate. Foto: Kementerian Kominfo/Istimewa

News

Menkominfo: Google Proyeksi Ekonomi Digital Indonesia Capai Rp2 Ribu Triliun di 2025
Direktur Eksekutif Walhi Sulawesi Selatan, Muhammad Al Amin. Foto: Humas Kominfo Makassar

News

Ini Alasan WALHI Sulsel Tolak Pembangunan Rel Kereta Api Makassar – Maros
Sekelompok orang menggelar aksi teatrikal dengan mengenakan topeng kepala tikus di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (9/12/2021). Aksi tersebut digelar dalam rangka mendukung pemberantasan korupsi pada Hari Anti Korupsi Sedunia. (ANTARA FOTO/Didik Suhartono/rwa)

News

Pemerintah Kembali Ajukan RUU Perampasan Aset Koruptor ke DPR
(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Nyicil Ayem! Pemda Wajib Percepat Pencairan Bansos
Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Temanggung I Wayan Eka Miartha saat ramah tamah dengan sejumlah awak media. (Foto: MC.TMG)

News

Waspada Lur, Penipuan Mengatasnamakan Pimpinan Kejari Temanggung
Kenaikan harga bawang merah di pasaran turut dinikmati para petani di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Mereka meraup keuntungan, karena tingginya harga jual di pasaran saat ini. Foto: MC.TMG

News

Harga Bawang Merah Basah di Tingkat Petani Temanggung Alami Kenaikan