Home / Peristiwa

Selasa, 5 April 2022 - 10:24 WIB

Belanja di Pasar Sore Ramadan Kelurahan Purbayan, Bayar Pakai QRIS

Pasar Sore Ramadan 2022 digelar mulai 2 – 24 April 2024 di Jalan Kemasan, Kotagede. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Pasar Sore Ramadan 2022 digelar mulai 2 – 24 April 2024 di Jalan Kemasan, Kotagede. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Pasar Sore Ramadan 2022 Forum Komunikasi (Forkom) UMKM Kelurahan Purbayan untuk pertama kali dilaksanakan pada 2 – 24 April 2024 di Jalan Kemasan, Kotagede.

Kegiatan ini atas prakarsa Forun Komunikasi UMKM, LPMK, Pokdarwis dan Kampung Wisata Purbayan yang difasilitasi Kelurahan dan bekerjasama dengan BPD DIY Cabang Pembantu Kotagede.

Saat ini kelurahan sedang berupaya menata pelaku UMKM yang berjualan secara musiman di penggal jalan Kemasan dan memfasilitasi Forkom UMKM guna mempromosikan usaha anggotanya.

Hal itu disampaikan Lurah Purbayan Kudup Nawangsasi ditengah-tengah kegiatan Pasar Sore Ramadan pada Senin (4/4/2022) di Jalan Kemasan, Kotagede.

Salah satu permasalahan UMKM adalah mempromosikan produk dan tempat berusaha. Kegiatan ini berupaya memfasilitasi UMKM dengan menyediakan tempat berjualan dan mempromosikan usahanya.

Baca juga   Ganjar Dukung Revitalisasi Keraton Mangkunegaran Jadi Pusat Kebudayaan

“Di masa pandemi ini, banyak pelaku usaha (UMKM) yang lesu maka kami berupaya menyemangati dan memberi kesempatan untuk berjualan meskipun secara musiman melalui Pasar Sore Ramadan,” kata Nawang.

Guna mendukung kegiatan, pihaknya juga bekerjasama dengan BPD DIY Cabang Pembantu Kotagede yang telah memfasilitasi 3 unit tenda untuk berjualan Forkom UMKM.

Selain itu ia berharap ke depan dari pihak BPD DIY bisa bekerjasama dalam penguatan UMKM, seperti permodalan dan pengembangan daya tarik destinasi wisata.

Pimpinan Cabang Pembantu BPD DIY Cabang Pembantu Kotagede Rizki Nugraha Indrayana dalam kesempatan itu juga menuturkan komitmen Bank BPD DIY dalam kerjasama penguatan UMKM di Kotagede.

Selain memfasilitasi tenda BPD DIY juga membantu dalam transaksi pembayaran dengan menggunakan QRIS (transaksi non tunai). Penggunaan QRIS merupakan upaya sosialisasi agar masyarakat mengenal lebih dekat penggunaan transaksi non tunai.

Baca juga   Danrem 072/Pamungkas Hadiri Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda

“Sedangkan terkait dengan penguatan permodalan BPD DIY telah menyalurkan kredit Pemberdayaan Ekonomi Daerah (PEDE) kepada kelompok KUBE Mandiri Jaya di Kelurahan Purbayan,” jelas Rizki.

Anggota Forkom UMKM Purbayan Paryanti yang kesehariannya berjualan makanan (snack) menuturkan bahwa dengan berjualan di Pasar Sore Ramadan 2022 omzetnya jadi naik dari Rp.100 ribu/hari bisa naik menjadi Rp300 ribu/hari. Penghasilan itu diperoleh dari berjualan offline dan online.

Yanti juga berharap agar kegiatan musiman ini bisa diselengrakan secara rutin dan dikembangkan lagi baik kapasitas tempatnya maupun jumlah pesertanya agar even ini menjadi branding Purbayan sebagai destinasi wisata kuliner.

(N1)

Share :

Baca Juga

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jateng Sakina Rosellasari Kurun. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Sebelum Pulang Kampung, Ratusan Pekerja Migran Asal Jateng Jalani Karantina
(Foto: Dok.ISI Surakarta)

Peristiwa

Talkshow dan Workshop Awali Event “Nyantel#2” DKV ISI Surakarta
Kapolres Gunungkidul menyerahkan kambing kepada pemilik yang menjadi korban pencurian hewan ternak. Foto: @polresgunungkidul

Peristiwa

Marak Pencurian Hewan Ternak di Gunungkidul, Polisi Amankan 10 Kambing dari 18 Lokasi
Bupati Klaten, Sri Mulyani menyalurkan BLT Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (BLT DBHCHT) kepada buruh tani tembakau dan buruh pabrik rokok. (Foto: Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Bupati Klaten Salurkan BLT DBHCHT untuk Petani dan Buruh Pabrik
Petani Tembakau di Dusun Carikan Desa Deyangan, Mertoyudan Magelang sedang mengolah tembakau rajangan. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Atasi Gagal Panen karena Cuaca, Petani Tembakau Sebaiknya Terapkan Metode Ini
Kemensos meluncurkan program Indonesia Mendengar sebagai upaya memperluas akses komunikasi dan informasi bagi penyandang disabilitas yang digelar di Baleendah, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, Sabtu (8/1/2022). (Foto: ANTARA)

Peristiwa

Berdayakan Penyandang Disabilitas, Kemensos Luncurkan Indonesia Mendengar
PT Angkasa Pura/AP II berhasil mencapai penilaian sangat baik dari Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dalam kategori tata kelola perusahaan (Good Corporate Governance/GCG). (Foto: AP II)

Peristiwa

AP II Dapat Nilai Sangat Baik dalam Tata Kelola Perusahaan dari BPKP
Petugas BPBD Kabupaten Situbondo melakukan kaji cepat dilapangan di Desa Semiring, Kecamatan Mangaran, Situbondo, Jawa Timur, Kamis (28/4/2022). (Foto: BPBD Kabupaten Situbondo)

Peristiwa

Sungai Silutung Meluap, Ratusan Rumah di Situbondo Terendam Banjir