Home / Peristiwa

Selasa, 5 April 2022 - 10:24 WIB

Belanja di Pasar Sore Ramadan Kelurahan Purbayan, Bayar Pakai QRIS

Pasar Sore Ramadan 2022 digelar mulai 2 – 24 April 2024 di Jalan Kemasan, Kotagede. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Pasar Sore Ramadan 2022 digelar mulai 2 – 24 April 2024 di Jalan Kemasan, Kotagede. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Pasar Sore Ramadan 2022 Forum Komunikasi (Forkom) UMKM Kelurahan Purbayan untuk pertama kali dilaksanakan pada 2 – 24 April 2024 di Jalan Kemasan, Kotagede.

Kegiatan ini atas prakarsa Forun Komunikasi UMKM, LPMK, Pokdarwis dan Kampung Wisata Purbayan yang difasilitasi Kelurahan dan bekerjasama dengan BPD DIY Cabang Pembantu Kotagede.

Saat ini kelurahan sedang berupaya menata pelaku UMKM yang berjualan secara musiman di penggal jalan Kemasan dan memfasilitasi Forkom UMKM guna mempromosikan usaha anggotanya.

Hal itu disampaikan Lurah Purbayan Kudup Nawangsasi ditengah-tengah kegiatan Pasar Sore Ramadan pada Senin (4/4/2022) di Jalan Kemasan, Kotagede.

Salah satu permasalahan UMKM adalah mempromosikan produk dan tempat berusaha. Kegiatan ini berupaya memfasilitasi UMKM dengan menyediakan tempat berjualan dan mempromosikan usahanya.

Baca juga   Dukung Pemilu dan Pilkada, Pemkot Yogya Gelar Sekolah Demokrasi

“Di masa pandemi ini, banyak pelaku usaha (UMKM) yang lesu maka kami berupaya menyemangati dan memberi kesempatan untuk berjualan meskipun secara musiman melalui Pasar Sore Ramadan,” kata Nawang.

Guna mendukung kegiatan, pihaknya juga bekerjasama dengan BPD DIY Cabang Pembantu Kotagede yang telah memfasilitasi 3 unit tenda untuk berjualan Forkom UMKM.

Selain itu ia berharap ke depan dari pihak BPD DIY bisa bekerjasama dalam penguatan UMKM, seperti permodalan dan pengembangan daya tarik destinasi wisata.

Pimpinan Cabang Pembantu BPD DIY Cabang Pembantu Kotagede Rizki Nugraha Indrayana dalam kesempatan itu juga menuturkan komitmen Bank BPD DIY dalam kerjasama penguatan UMKM di Kotagede.

Selain memfasilitasi tenda BPD DIY juga membantu dalam transaksi pembayaran dengan menggunakan QRIS (transaksi non tunai). Penggunaan QRIS merupakan upaya sosialisasi agar masyarakat mengenal lebih dekat penggunaan transaksi non tunai.

Baca juga   Fenomena El Nino Berdampak Pada Sektor Pertanian

“Sedangkan terkait dengan penguatan permodalan BPD DIY telah menyalurkan kredit Pemberdayaan Ekonomi Daerah (PEDE) kepada kelompok KUBE Mandiri Jaya di Kelurahan Purbayan,” jelas Rizki.

Anggota Forkom UMKM Purbayan Paryanti yang kesehariannya berjualan makanan (snack) menuturkan bahwa dengan berjualan di Pasar Sore Ramadan 2022 omzetnya jadi naik dari Rp.100 ribu/hari bisa naik menjadi Rp300 ribu/hari. Penghasilan itu diperoleh dari berjualan offline dan online.

Yanti juga berharap agar kegiatan musiman ini bisa diselengrakan secara rutin dan dikembangkan lagi baik kapasitas tempatnya maupun jumlah pesertanya agar even ini menjadi branding Purbayan sebagai destinasi wisata kuliner.

(N1)

Share :

Baca Juga

Komunitas Jogo Tuk Banyu Bening dan Pemerintah Desa Kalibening lakukan gerakan penanaman pohon untuk menjaga mata air. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Lestarikan Mata Air, Komunitas Jogo Tuk Banyu Bening Tanam Ratusan Bibit Pohon
Petugas mengevakuasi Honda Brio yang tercebur ke sungai di Surabaya. Foto: selalu.id

Peristiwa

Belajar Nyetir Salah Injak Rem, Honda Brio Mulus Terjun ke Sungai di Surabaya
Ganjar Pranowo sarungan dalam rangka mangayubagya peringatan Hari Santri. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Hari Santri, Ganjar dan ASN Pemprov Jateng Kompak Pakai Sarung
Penumpang dan ABK KM Mutiara Timur 01 yang mengalami kebakaran di sekitar perairan Pantai Selang Bunutan Karangasem, Bali, Rabu (16/11/2022) dievakuasi. Foto: Dispenal

Peristiwa

Dua KRI Evakuasi Penumpang KM Mutiara Timur yang Terbakar di Perairan Karangasem Bali
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meresmikan penerbangan langsung khusus kargo Semarang-Singapura, di Bandara Ahmad Yani, Semarang, Kamis (13/1/2022). (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Ganjar Lepas Penerbangan Kargo 6,3 Ton Produk UMKM Jateng ke Singapura
Walikota Giran Rakabuming menyerahkan bantuan sembako kepada ASN yang pernah terpapar Covid-19. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

ASN Surakarta yang Pernah Terpapar Covid-19 Dapat Bantuan Sembako
Tak cuma obat dan vitamin gratis, Pemkot Pekalongan juga membagikan oksigen dan cairan infus bagi warga isoman. (Foto: Diskominfo Kota Pekalongan)

Peristiwa

Dari Paket Obat, Oksigen dan Infus Gratis Dibagikan kepada Warga Isoman
Tradisi Saparan warga Windusajan Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang dengan ratusan nasi ingkung. Foto: humas/beritamagelang

Peristiwa

Merti Bumi, Warga Lereng Merbabu Kirab Ratusan Tumpeng dan Rebutan Gunungan