Home / News

Rabu, 27 Maret 2024 - 19:37 WIB

Belasan Etnis Rohingya Ditemukan Meninggal Dunia di Perairan Aceh

Sejumlah imigran etnis Rohingya duduk di dalam truk saat relokasi paksa dari tempat penampungan sementara di Gedung Palang Merah Indonesia (PMI) Desa Suak Nie, Johan Pahlawan, Aceh Barat, Aceh, Selasa (26/3/2024). ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/rwa

Sejumlah imigran etnis Rohingya duduk di dalam truk saat relokasi paksa dari tempat penampungan sementara di Gedung Palang Merah Indonesia (PMI) Desa Suak Nie, Johan Pahlawan, Aceh Barat, Aceh, Selasa (26/3/2024). ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/rwa

NYATANYA.COM, Aceh Barat – Otoritas Kantor Imigrasi Non Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Aceh, mencatat sebanyak 11 orang etnis Rohingya ditemukan dalam kondisi meninggal dunia karena diduga tenggelam di perairan barat Provinsi Aceh.

“Ke-11 korban saat ini telah dimakamkan di dua lokasi terpisah di Kabupaten Aceh Jaya dan Kabupaten Aceh Barat,” kata Pelaksana Tugas ( Plt) Kepala Kantor Imigrasi Non Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Jamaluddin kepada ANTARA di Meulaboh, Selasa 26 Maret 2024 sore.

Jamaluddin mengatakan, ke-11 korban tersebut sebelumnya ditemukan di sejumlah lokasi terpisah yaitu di kawasan perairan Calang, Kabupaten Aceh Jaya dan perairan Lamno, Kabupaten Aceh Jaya.

Baca juga   Aturan Baru Perjalanan Udara Cukup Antigen, Ini Penjelasan Lengkapnya

Sedangkan seorang korban lainnya ditemukan di kawasan perairan Desa Suak Uleue, Kecamatan Arongan Lambalek, Kabupaten Aceh Barat.

Penemuan korban tenggelam tersebut diketahui sejak Sabtu hingga Senin, 23-25 Maret 2024.

Jamaluddin mengatakan, dari seluruh korban tenggelam yang ditemukan meninggal dunia, sebanyak 10 orang korban di antaranya berjenis kelamin laki-laki. Sedangkan seorang korban lainnya berjenis kelamin perempuan.

Prosesi pemakaman 10 warga diduga etnis Rohingya tersebut di Desa Keutapang, Kecamatan Krueng Sabee, Kabupaten Aceh Jaya.

Baca juga   Wapres: Ibadah Kurban Bentuk Kepekaan Sosial untuk Saling Berbagi

Sedangkan seorang korban lainnya dikebumikan di Desa Suak Indrapuri, Kecamatan Johan Pahlawan, Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat.

Prosesi pemakaman keseluruhan korban dilakukan oleh sejumlah pihak terkait di masing-masing pemerintah daerah di Kabupaten Aceh Jaya dan Kabupaten Aceh Barat.

Menurut Jamaluddin, saat ini jumlah pengungsi etnis Rohingya yang sebelumnya ditemukan terapung di perairan Kabupaten Aceh Barat, hingga Selasa masih ditampung sementara di Gedung Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Aceh Barat di kawasan Suak Nie, Kecamatan Johan Pahlawan, Meulaboh, kabupaten setempat. (N1)

Sumber: infopublik.id

Share :

Baca Juga

(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Bertambah 2 Orang, Kasus Covid-19 Varian Omicron Menjadi 5 Kasus
Ilustrasi drone. Foto: Ist/TBNews

News

Wajib Patuh di Jalan Lur! Ditlantas Polda Jateng Mulai Uji Coba Pesawat Drone ETLE
Ganjar Pranowo bertemu muda-mudi Buddhis di rumah dinasnya. Foto: Humas Jateng

News

Muda-mudi Buddhis se-Indonesia Undang Ganjar Bicara Kebangsaan di Mojokerto
Menparekraf/Kabaparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mendorong Kota Depok, Jawa Barat, masuk dalam jaringan Kota Kreatif UNESCO atau UNESCO Creative Cities Network (UCCN) 2024. (Foto: Dok Kemenparekraf)

News

Kota Depok Masuk Jaringan Kota Kreatif UNESCO

News

BRIN Umumkan Pemenang LKIR dan NYIA, Ini Daftarnya
Foto: BPMI Setpres

News

Ini Tiga Kategori Bantuan Pemerintah bagi Rumah Terdampak Gempa di Cianjur
Foto: Ist/gooddoctor.co.id

News

Bio Farma Targetkan Produksi Secara Massal Vaksin Merah Putih Juli 2022
Setelah nyaris vakum dua tahun akibat pandemi Covid-19, kapal milik PT PELNI (Persero) siap berlayar kembali ke Karimunjawa, Jawa Tengah. (Foto: PELNI)

News

Dua Tahun Vakum, KM Lawit dan Kelimutu Kembali Layani Rute Karimunjawa