Home / Peristiwa

Sabtu, 1 Oktober 2022 - 10:23 WIB

Belasan Pasangan Nikah Bareng Malioboro dengan Mas Kawin Gudeg Kendil

Nikah Bareng Malioboro yang diadakan oleh Forum Ta’aruf Indonesia (Fortais) DIY, Jumat (30/9/2022) di Teras Malioboro 2 Yogyakarta. Foto: Humas Pemkot Yogya

Nikah Bareng Malioboro yang diadakan oleh Forum Ta’aruf Indonesia (Fortais) DIY, Jumat (30/9/2022) di Teras Malioboro 2 Yogyakarta. Foto: Humas Pemkot Yogya

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Belasan pasangan calon pengantin mengikuti Nikah Bareng Malioboro yang diadakan oleh Forum Ta’aruf Indonesia (Fortais) DIY, Jumat (30/9/2022) di Teras Malioboro 2 Yogyakarta. Kegiatan ini bertajuk Holopis Kuntul Baris yang diharapkan 15 Pengantin dapat membumikan Pancasila.

Dalam kesempatan ini Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya menjadi saksi Nikah Bareng Malioboro.

Ia mengatakan walaupun diterpa hujan seperti yang dialami sore hari ini, semua pasangan merasakan suatu perjuangan yang menghantarkan mereka sampai ke pernikahan.

“Mudah-mudahan ini suatu akad nikah melalui perjuangan. Semoga semua pengantin menjadi Sakinah Mawaddah Warahmah, ini merupakan sebuah proses perjuangan. Selamat kepada para mempelai dan penggagas nikah bareng ini semoga selalu lancar dan mendapat berkah,” jelas Aman.

Foto: Humas Pemkot Yogya

Ketua Fortais RM Ryan Budi Nuryanto mengatakan animo peserta yang mendaftar nikah bareng ini sangat luar bisa sehingga panitia tidak bisa mengakomodir semua pendaftar untuk mengikuti kegiatan ini.

Baca juga   Eksekusi Terpidana Mati Mary Jane Masih Menunggu Putusan Hukum di Filipina

Untuk 15 pasang calon pengantin yang dapat mengikuti, mereka diberikan fasilitas gratis seperti busana, rias pengantin, dokumentasi, pelaminan, mahar dan sebagainya.

Ia berharap dengan kegiatan ini juga dapat terus membentuk keluarga dan generasi yang Pancasialis melalui pernikahan, karena sekarang ini eksistensi Pancasila di masyarakat umum mengalami penurunan.

“Kami Panitia benar-benar dikejutkan dan bersyukur dengan animo yang luar biasa dari ratusan calon pasangan pengantin yang mendaftar sejak berita ini tersebar di media sosial,” ujarnya.

Sebelum dilakukannya prosesi akad, para pasangan diajak untuk kirab pengantin. Walapun dilanda hujan tak menghentikan semangat dan kegembiraan para penganten untuk tetap mengikuti prosesi Kirab.

Mereka berjalan dari sisi Timur Teras 2 Malioboro menyusuri lorong-lorong kios Teras 2 Malioboro menuju Jalan Pendestrian.

Mahar yang diberikan juga tak kalah unik yaitu cincin kawin dua gram, seperangkat alat sholat dan juga gudeg kendil, dimana gudeg sebagai ikon kuliner khas Jogja yang mendunia.

Baca juga   PT Ndayu Alam Asri Serahkan Bantuan Beras untuk Masyarakat Sragen Terdampak Pandemi

“Kami menggelar acara di Malioboro karena untuk mengenalkan kepada masyarakat bahwa kawasan Malioboro kini telah tertata dan nyaman,” ujarnya.

Puluhan pasangan yang belum bisa mengikuti acara pada tanggal 30 September ini akan menikah di Kota Yogyakarta pada bulan Oktober sesuai dengan tempat yang mereka inginkan.

Sementara itu pasangan disabilitas Hestiningsih (44) dan Tri Waluyo (44) yang berangkat naik sepeda motor dari tempat asal di Boyolali menuju Jogja juga ikut dalam kesempatan tersebut.

“Sangat senang mengikuti acara ini, cukup terbantu dengan adanya nikah massal ini kami bisa segera menikah karena keterbatasan biaya. Terimakasih untuk panitia, semoga acara ini terus berlangsung,” jelasnya.

(Hes/N1)

Share :

Baca Juga

Praktik penjualan minyak goreng bersama produk lain, atau bundling masih ditemukan Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan (Dinkopdag) Kabupaten Temanggung Jawa Tengah. (Foto: MC.TMG)

Peristiwa

Dinkopdag Temanggung Masih Temukan Praktik Bundling Minyak Goreng
Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa melakukan panen padi organik merah di Sumberharjo, Prambanan, pada Sabtu (26/2/2022). (Foto: Humas Sleman)

Peristiwa

Wabup Sleman Dukung Pemanfaatan Teknologi untuk Kembangkan Pertanian
Sejumlah kepala perangkat daerah Pemkot Yogyakarta menandatangani berita acara dalam rapat koordinasi Gugus Tugas Reforma Agraria Kota Yogyakarta tahun 2021. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Pemkot Yogya – BPN Realisasikan Kegiatan Reforma Agraria Tahun 2021
Acara Yogya Semesta bertema “Rencana Aksi Gerakan 100 Smart City di Yogyakarta” pada Selasa (16/11/2021) di Resto Poenokawan, Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Kolaborasi Digitalisasi Mudahkan Akses Layanan Publik
PMI Purbalingga menerima bantuan konsentrator oksigen dari PMI Pusat. (Foto: Diskominfo Purbalingga)

Peristiwa

PMI Purbalingga Terima Bantuan Konsentrator Oksigen
Bakti sosial mewarnai peringatan HUT ke-52 Bank Bapas 69. (Foto:Humas/beritamagelang)

Peristiwa

HUT ke-52, Bank Bapas 69 Gelar Bakti Sosial
Bupati Klaten Sri Mulyani, menyerahkan secara simbolis bantuan bagi UKM terdampak Covid-19 di Dinas Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (DisdagkopUKM) Klaten, Rabu (29/12/2021). Foto: Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Pemkab Klaten Salurkan Rp2,9 Miliar bagi UKM Terdampak Covid-19
Entry Meeting Pemeriksaan Pendahuluan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) 2021 dan Pemeriksa Pendahuluan Kinerja Pengelolaan Program Penanggulangan Kemiskinan diselenggarakan pada Selasa (18/1/2022) di Ndalem Ageng, Komplek Kepatihan Yogyakarta. (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

DIY Tertinggi dalam Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan BPK