Home / Gayahidup

Senin, 20 Juni 2022 - 22:43 WIB

Belum Banyak yang Tau, Ini Fungsi Isofix pada Mobil dan Cara Menggunakannya

Foto: wuling.id

Foto: wuling.id

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Membawa balita saat berkendara perlu persiapan yang matang demi kenyamanan dan keselamatan.

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan ISOFIX untuk memastikan anak-anak bisa duduk dengan nyaman dan aman selama perjalanan.

Keselamatan merupakan hal penting yang perlu diperhatikan saat berkendara khususnya jika Anda membawa anak-anak.

Salah satu cara untuk memastikan kenyamanan dan keselamatan anak saat berkendara adalah dengan menggunakan child car seat.

Nah, agar child car seat dapat dipasang dengan kuat dan aman, maka Anda perlu memilih kendaraan yang dilengkapi dengan fitur keselamatan ISOFIX.

Foto: wuling.id

ISOFIX adalah singkatan dari International Standard Organizations FIX. Ini merupakan salah satu fitur keselamatan yang ada pada kendaraan untuk memastikan kenyamanan dan keselamatan balita serta anak-anak saat perjalanan dengan mobil.

ISOFIX digunakan untuk child car seat pada kendaraan. Fitur ini akan mengunci car seat dengan kuat sehingga memastikan anak bisa duduk dengan aman dan terhindar dari risiko benturan ketika terjadi kecelakaan.

Secara umum, ISOFIX merupakan dua buah besi pengait yang berada di bagian lipatan jok pada kursi penumpang baris kedua.

Baca juga   Jangan Main Ancam, Begini Cara Penagihan Utang Pinjol

Fitur keselamatan ini berfungsi untuk mengaitkan bagian bawah car seat dengan jok mobil tanpa harus menggunakan sabuk pengaman.

Perlu Anda ketahui bahwa pemasangan child car seat menggunakan ISOFIX lebih aman untuk anak-anak jika dibandingkan hanya menggunakan sabuk pengaman.

ISOFIX sendiri dirancang oleh perusahaan manufaktur car seat, Britax Romer yang bekerja sama dengan VM sejak tahun 1997.

Seiring berjalannya waktu, fitur ini semakin banyak digunakan khususnya untuk mobil Eropa. Fitur ISOFIX ini telah banyak digunakan di negara-negara maju khususnya negara barat.

Akan tetapi untuk di Indonesia sendiri, masih banyak masyarakat yang menganggap bahwa penggunaan car seat tidak terlalu penting sehingga kurang memperhatikan keberadaan fitur ISOFIX ketika membeli kendaraan.

ISOFIX merupakan salah satu fitur bawaan kendaraan yang berguna untuk menunjang keselamatan penumpang khususnya anak-anak ketika dalam perjalanan.

Fungsi utama dari fitur mobil ini adalah untuk mengaitkan bagian bawah child car seat pada jok mobil tanda perlu menggunakan sabuk pengaman.

Fungsi utama ini ISOFIX car seat ini sangat berhubungan dengan keselamatan anak ketika berkendara.

Baca juga   Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia City Tour di De Tjolomadoe

Dengan menggunakan ISOFIX, car seat tidak akan mengalami banyak guncangan sehingga memastikan anak lebih aman dari risiko benturan ketika terjadi kecelakaan.

Fungsi lainnya adalah untuk memudahkan pada proses pemasangan car seat. Dengan adanya dua pengait tersebut, Anda tidak membutuhkan waktu lama untuk memasang car seat.

Selain lebih mudah, car seat juga lebih kuat dan aman jika dibandingkan dengan melilitkannya menggunakan sabuk pengaman.

Untuk memaksimalkan fungsi dari fitur ISOFIX ini, Anda perlu memilih jenis car seat yang sesuai dengan usia anak. Nah, berikut ini jenis car seat yang sesuai dengan kebutuhan anak:

  • Onfant car seat: untuk anak usia 0 – 1 tahun dengan berat badan maksimal 10 kg. Car seat jenis ini dapat diputar dan memiliki handling untuk memudahkan dibawa dengan dijinjing.
  • Toddler car seat: cocok untuk anak usia 1 – 4 tahun dengan berat badan antara 10 – 20 kg.
  • Young children car seat: untuk anak usia 4 hingga 8 tahun dengan berat badan yang lebih dari 20 kg.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Gayahidup

SUV Tetap Digarap Astra Peugeot untuk Pecinta Otomotif Tanah Air
Gravel Bike Shaggydog Signatures diluncurkan di Tempuran Space, Bangunjiwo, Bantul Rabu (13/4/2022) sore. Peluncuran didahului gowes bersama Shaggydog dari Tempura mengelilingi Kasongan. (Foto: Istimewa)

Gayahidup

Gravel Bike Shaggydog Signatures, Terobosan Baru Shaggydog Bersama Takka

Gayahidup

Leo, Hari Ini Keberuntunganmu Bakal Meningkat
Hyundai Stargazer. Foto: Dok. Hyundai Motors Indonesia

Gayahidup

Hyundai Stargazer Siap Mengaspal di Indonesia, Desainnya Futuristis dan Keren Abis

Gayahidup

Libra, Saatnya Mengejar Potensi yang Belum Terungkap
DPD RI Perwakilan Jawa Tengah, Denty Eka Widi Pratiwi dorong anak muda jadi pengusaha kopi. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Gayahidup

Generasi Muda Jangan Hanya Penikmat Kopi, Tapi Juga Produsen

Gayahidup

Scorpio, Akan Ada Ide Menarik Hari Ini
Gulai daun pepaya ditempatkan di mangkok kecil, banyak disenangi konsumen. Foto: nyatanya.com/Sulis

Gayahidup

Asupan Peningkat Imun Diburu Konsumen