Home / Peristiwa

Selasa, 3 Agustus 2021 - 20:57 WIB

Bentuk Gercep, Hendi Ajak Remaja Ikut Tangani Covid-19

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi. (Foto: Diskominfo Jateng)

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi. (Foto: Diskominfo Jateng)

NYATANYA.COM, Semarang – Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengajak remaja untuk ikut terlibat dalam penanganan Covid-19 di Kota Semarang, dengan membentuk Satuan Tugas Remaja Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Semarang.

Keanggotaan Satgas tersebut, berasal dari unsur remaja dan pemuda-pemudi dari berbagai forum yang ada di kota Semarang. Seperti, Karang Taruna, Saka Bhakti Husada, Saka Kencana, Generasi Berencana, Forum Anak, dan juga Forum OSIS.

Menurut Hendi, sapaan wali kota, mereka nantinya tergabung dalam Gerakan Remaja Cegah dan Pantau Covid-19 (Gercep) Kota Semarang. Tugas pertama Satgas Remaja Percepatan Penanganan Covid-19 di Kota Semarang adalah melakukan aksi berupa pemberian vaksin di YPAC Semarang.

Ditambahkan, keterlibatan anak muda memiliki dampak cukup signifikan dalam membantu penanganan Covid-19. Salah satunya, membantu sosialisasi antara sesama anak muda, dalam meningkatkan ketertiban menjalankan protokol kesehatan.

Baca juga   Tanggul Laut Tanjung Mas Semarang Jebol, Ratusan Warga Mengungsi, Buruh Pabrik Dipulangkan

“Saya merasa optimis, karena ini merupakan perwakilan remaja yang top semua, yang saya rasa juga mempunyai tanggung jawab untuk ikut mengatasi persoalan Kota Semarang, termasuk Covid-19,” ujar Hendi dalamketerangan resminya, Senin (2/8/2021).

Menurutnya, kelebihan anak muda saat ini adalah jumlah populasinya yang banyak, bahkan mencapai 40 persen di tingkat nasional dan di Kota Semarang.

“Jika semua populasi anak muda Semarang kompak membantu Kota Semarang, maka kota ini tidak hanya menjadi kota yang hebat, bahkan dapat melampaui kota-kota besar lainnya,” imbuhnya.

Selain itu, lanjut Hendi, generasi muda saat ini memiliki karakteristik bersemangat, idealisme kuat, integritas tinggi, wawasan yang lebih banyak, serta menguasai teknologi informasi terkini.

Baca juga   Setelah Gowes 250 Km Cilacap-Semarang, Siswa SMP Ini Akhirnya Ketemu Ganjar

Meski demikian, Hendi mengingatkan, adanya kelemahan dari anak muda zaman sekarang, yakni masalah emosi.

“Maka kalau masalah emosional sudah dapat ditata dengan baik, ke depannya akan menjadi lebih baik dan lebih sukses,” tuturnya.

Hendi pun meminta untuk anak muda di Kota Semarang bisa berperan sebagai agent of change.

“Maka di sinilah peran generasi muda, sebagai sosok yang memiliki semangat luar biasa dan dinamis, yang penuh energi, serta optimis, yang diharapkan dapat menjadi agen perubahan yang bergerak dan aktif dalam membantu pemerintah, demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” pungkasnya. (*)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi: nyatanya.com

Peristiwa

Gara-gara Dibully, Penjaga Ponpes di Rembang Tega Bakar Santri
Penyerahan penghargaan Satyalancana Kebudayaan kepada Dedi Mulyadi dan Rd. Sanny Wijaya Nata Kusumah. (Foto: Ditjen Kebudayaan)

Peristiwa

Dua Tokoh Ini Menerima Penghargaan Satyalancana Kebudayaan 2021
Tradisi Yaa Qowiyyu, Jatinom akan memasuki puncak perayaan, Jumat (16/9/2022). Puncak perayaan berupa sebaran apem yang digelar di amphiteater Lapangan Klampeyan, Jumat siang ini. Foto: Kominfo Klaten

Peristiwa

Siang Ini, 4 Ton Apem Bakal Disebar di Puncak Tradisi Yaa Qowiyyu
Rumah rusak akibat gempa bumi Magnitudo (M) 5,5 yang mengguncang Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara pada Senin, (10/1/2021) pukul 04.59 WIB. (Foto: BNPB)

Peristiwa

Gempa M 5,5 Guncang Halmahera, BPBD Evakuasi Korban
Inovasi e-Kir relevan dengan kebijakan pemerintah di masa pandemi, untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. (Foto:Diskominfo Sukoharjo)

Peristiwa

Uji Kir di Sukoharjo Makin Mudah dengan e-Kir
Ketua TP PKK Kota Pekalongan, Inggit Soraya (kanan) berharap kegiatan ini dapat menjadi media edukasi bagi para ibu. (Foto:Diskominfo Pekalongan)

Peristiwa

Emak-emak Harus Tahu! Mengolah Bahan Pangan Hewani Gunakan Konsep ASUH
Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung, Leonard Eben Ezer Simanjuntak. (Foto: Puspenkum Kejagung)

Peristiwa

Dua Saksi dari Kominfo Diperiksa Terkait Kasus Satelit Kemenhan
Para pelaku kejahatan jalanan di wilayah Temanggung yang berberhasil digulung polisi setempat dihadirkan dalam jumpa pers. Foto: MC.TMG

Peristiwa

Aksi Kejahatan Jalanan Jadi Perhatian Serius Polres Temanggung, Ini Hasilnya