Home / Plus

Sabtu, 29 Oktober 2022 - 13:16 WIB

Berani Bergaul, Berani Berperan! Peringati Sumpah Pemuda ala Komunitas Srawung Jogja

Malam puncak Srawung Persaudaraan Orang Muda Lintas Iman 2022 digelar di aula Syantikara Youth Center, Jumat (28/20/2022). Foto: Ist

Malam puncak Srawung Persaudaraan Orang Muda Lintas Iman 2022 digelar di aula Syantikara Youth Center, Jumat (28/20/2022). Foto: Ist

NYATANYA.COM, Sleman – Bertempat di aula Syantikara Youth Center, Jumat (28/20/2022), komunitas Srawung Jogja mengadakan acara malam puncak Srawung Persaudaraan Orang Muda Lintas Iman 2022.

Acara ini adalah bagian dari rangkaian pendampingan orang muda lintas Agama yang diawali dengan peringatan Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2022, Kemah Lintas Iman 5-7 Agustus 2022 dan diakhiri dengan peringatan Sumpah Pemuda.

Acara diikuti oleh 80an orang muda dari berbagai Gereja, Komunitas Gusdurian, Pemuda Buddha, Hindu, Kepercayaan dan juga komunitas-komunitas orang muda lintas iman.

Gelaran Srawung Persaudaraaan dimulai pukul 18.00 dan berakhir pukul 21.00. Dalam sambutannya, Rm. Adrianus Maradiyo, Pr, selaku Vikep Kevikepan Yogyakarta, mengatakan, “Saya berharap kepada Anda orang-orang muda sebagai Generasi Penentu Bangsa. Saya katakana penentu bukan hanya penerus karena kalian akan menentukan masa depan bangsa ini. Terutama saya berpesan di tahun 2024 gunakan hak pilih Anda dan jangan sampai suara Anda dibeli hanya untuk kepentingan sesaat tetapi mengorbankan Negeri kita.”

Baca juga   UGM Perguruan Tinggi Terbaik Program Kreativitas Mahasiswa 2022
Foto: Ist

Ibu Ade, perwakilan dari Kementeriaan Agama Daerah Istimewa Yogyakarta menyampaikan apresiasi atas acara ini dan mendorong terus menerus upaya-upaya untuk melakukan kegiatan-kegiatan dalam mengembangkan moderasi beragama.

“Diharapkan ke depan kita akan menuai generasi yang cinta damai dan persaudaraan,” ujar Ade.

Acara dirangkai dengan berbagai tampilan seni. Salah satu di antaranya adalah sebuah tampilan drama yang menunjukkan bagaimana perbedaan agama seringkali dianggap masalah.

Salah satu pesan dari drama itu adalah “Banyak orang boleh saja ikut tren umum. Agama, suku, ras, golongan jadi alasan siapa menang siapa kalah. Tapi bukankah kita yang menentukan? Inilah saatnya kita menunjukkan ke semua bahwa beda agama bukan alasan untuk saling memusuhi.”

Sebagai refleksi atas Sumpah Pemuda, Rm. Martinus Joko Lelono memberikan penjelasan tentang nasionalisme Indonesia yang lahir dari kesadaran atas penderitaan bangsa.

Baca juga   Jelang Imlek Laris Manis, Rosa Amelia Meraup Cuan dari Bisnis Dupa

Peristiwa Kebangkitan Nasional yang dimulai dengan lahirnya Organisasi Budi Oetomo menghantar pada peristiwa-peristiwa lanjutan, termasuk di dalamnya Sumpah Pemuda dan juga Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945.

Saat ini ketika kita ada di era yang lebih maju, masyarakat Indonesia sedang dihadapkan dengan permasalahan relasi antar agama.

Namun, kita bisa belajar hidup kritis mengingat bahwa berbagai macam serangan terhadap persatuan negeri ini tidak akan pernah berhenti. Orang mudalah generasi penentu negeri.

Acara ditutup dengan doa berama lintas iman diwakili oleh orang-orang muda dari berbagai agama. Pada bagian terakhir dari acara ini, semua peserta menikmati kebersamaan dengan acara flash mob Goyang Maju Mundur Kiri Kanan yang dipimpin anak-anak muda dari Nusa Tenggara Timur. (*)

Share :

Baca Juga

Tahapan memasak kerang hijau, salah satu seafood populer di masyarakat. (Foto:istimewa)

Plus

Kerang Hijau Bisa Diolah Menjadi Aneka Jenis Masakan, Salah Satunya Berasa Nendang
Disperinkopukm Kota Yogyakarta akan meluncurkan enam Sentra Industri Kecil Menengah (IKM) di enam kemantren yang berbeda. Sentra IKM pertama yang diresmikan adalah kemantren Umbulharjo. Foto: Humas Pemkot Yogya

Plus

Sentra Industri Kecil Menengah Kota Yogya Resmi Diluncurkan, Ini Lokasinya
Kemendikbudristek melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) telah sukses menyelenggarakan Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2021, di Universitas Negeri Surabaya. (Foto: Kemendikbudristek)

Plus

KMHE 2021 Sukses Hasilkan Mobil Hemat Energi Ramah Lingkungan
Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi singgah di Walidi Craft Pujowinatan, Purwokinanti, Pakualaman pada Jumat (18/3/2022) dalam agenda Gowes Dodolan Kampung. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Plus

Gowes Dodolan Kampung Kunjungi Perajin Miniatur di Pujowinatan
Ganjar Pranowo. (Foto: Humas Jateng)

Plus

Diluncurkan Sejak Tahun Lalu, Total Transaksi Blangkon Jateng Mencapai Rp15 Miliar
Pemberian pakan baik dari segi kualitas maupun kuantitas menjadi poin tersendiri agar kambing maupun domba cepat gemuk. (Foto: istimewa)

Plus

Kualitas Pakan Diperhatikan, Kambing dan Domba Mudah Dipasarkan
Jumpa pers Gerakan ABC Ramadan #SatuResepSeratusKebaikan di Hyatt Regency Yogyakarta, Rabu (13/4/2022). Foto: Agoes Jumianto

Plus

Gerakan ABC Ramadan #SatuResepSeratusKebaikan Jangkau DIY dan Jateng
Foto: Dok.Telkom/MC Diskominfo Prov Jatim

Plus

Bidik Pasar Data Center, Strategi Telkom Perkaya Ekonomi Digital di Indonesia