Home / Alutsista

Senin, 2 Agustus 2021 - 23:02 WIB

Berdaya Tembak 40 Km, Meriam 155 Caesar Setia Kawal NKRI

Meriam Caesar 155 Alutsista TNI siap mengawal NKRI. (Foto: dokumentasi TNI AD)

Meriam Caesar 155 Alutsista TNI siap mengawal NKRI. (Foto: dokumentasi TNI AD)

NYATANYA.COM, Jakarta– Guna menghadapi era globalisasi dan tantangan tugas kedepan yang lebih besar, TNI AD saat ini terus menerus membenahi diri terutama pada sektor kemampuan alutsistanya. Diharapkan dengan memiliki Alutsista yang lebih modern, tentara Indonesia dapat menembak lebih banyak dan lebih cepat, dengan jarak yang lebih jauh, dengan ketepatan yang akurat serta dengan menggunakan munisi yang lebih banyak.

Selain MLRS Astros II MK-6, Meriam 155 mm GS CAESAR merupakan salah satu alutsista baru di jajaran Korps Armed TNI AD yang memiliki kemampuan yang handal sehingga keberadaannya memperkuat kedaulatan NKRI. Meriam 155 mm GS CAESAR  (Camion Equipé d’un Système d’Artillerie) atau Meriam yang diangkut oleh truk dibuat oleh perusahaan Nexter System, Perancis.

Baca juga   Tank Harimau Hitam, Mesin Pembunuh Pengawal NKRI Karya Anak Bangsa

Meriam CAESAR termasuk meriam Armed GS (Gerak Sendiri) yang memiliki kemampuan beroperasi di segala bentuk medan di Indonesia baik di daerah pantai, perbukitan maupun perkotaan. Meriam ini dapat berpindah kedudukan secara cepat dalam memberikan bantuan tembakan kepada satuan yang dibantu atau menghancurkan sasaran-sasaran yang ditentukan.

Meriam Caesar dengan bobot sekitar 18 ton ini mampu melaksanakan masuk steling dalam waktu 51 detik serta bongkar steling dengan waktu 36 detik, bergerak dengan kecepatan hingga 80 km/jam di medan datar serta memiliki daya jelajah dalam segala medan (off road) hingga 600 km  tanpa isi ulang BBM. Disamping itu juga mampu melintasi air sampai dengan kedalaman 1,2 m, serta dapat diangkut dengan menggunakan LST atau pesawat C-130 (Hercules).

Baca juga   Senapan Serbu Buatan Pindad Jadi Kebanggaan Indonesia

Dari segi kemampuan tembakan, Meriam 155 mm GS CAESAR tidak perlu diragukan lagi. Meriam tersebut mampu menembak dengan jarak capai + 40 Km secara tepat  dengan kecepatan tembakan yang cukup tinggi yaitu sebanyak 6 butir peluru per menit.

Selain itu, dengan tingkat akurasi tembakan yang sangat tinggi, Meriam 155 mm GS CAESAR sangat handal untuk dilibatkan di setiap jenis pertempuran seperti perang di gunung, hutan, termasuk juga di perkotaan atau wilayah yang padat penduduknya dalam rangka menghindari kerusakan dan jatuhnya korban yang tidak perlu. (Sumber : Jurnal Yudhagama).

Share :

Baca Juga

Senapan serbu jenis SS-1 R5 produksi Pindad. Nyatanyacom/istimewa

Alutsista

Senapan Serbu Buatan Pindad Jadi Kebanggaan Indonesia
Alustsista jenis Panser Saladin kendati berusia tua terbukti miliki sejarah hebat negeri ini. (Foto: nyatanya.com/istimewa

Alutsista

Panser Saladin, Meski Lanjut Usia Tapi Miliki Sejarah Hebat di Indonesia
Pesawat tempur T-50 Golden Eagle menjadi alutsista yang siap menjaga kedaulatan NKRI. (Foto: dokumentasi TNI)

Alutsista

Pesawat Tempur T-50 Golden Eagle Penjaga Kedaualatan NKRI
Senapan serbu mesin ringan jenis FN-Minimi banyak digunakan oleh pasukan dari Batalyon Infanteri di Indonesia. (Foto : nyatanya.com/istimewa)

Alutsista

FN Minimi Salah Satu Senjata Mesin Ringan Andalan Pasukan Infanteri
Senapan Penembak Runduk (SPR-1) salah satu senjata buatan dalam negeri. (Foto: nyatanya.com/istimewa)

Alutsista

SPR-1 Senapan Runduk Pertama Produk Dalam Negeri
Tank Leopard jadi kebanggaan Indonesia. Foto : nyatanya.com/istimewa

Alutsista

Tank Leopard Mesin Perang Penjaga NKRI
Tank Harimau Hitam alutsista karya anak bangsa mesin pembunuh penjaga NKRI. (Foto : dokumentasi TNI)

Alutsista

Tank Harimau Hitam, Mesin Pembunuh Pengawal NKRI Karya Anak Bangsa