Home / Peristiwa

Senin, 27 September 2021 - 14:20 WIB

Berdayakan Koperasi dan UMKM Melalui Pasar “Gelaran SiBakul”

Sri Sultan melihat stand-stand UKM DIY yang berpartisipasi pada Gelaran SiBakul didampingi Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY, serta Kepala PT Pos Indonesia. (Foto: Humas Pemda DIY)

Sri Sultan melihat stand-stand UKM DIY yang berpartisipasi pada Gelaran SiBakul didampingi Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY, serta Kepala PT Pos Indonesia. (Foto: Humas Pemda DIY)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menghadiri pencanangan Pasar Komunitas dalam agenda Gelaran SiBakul, Sabtu (25/9/2021) siang di Ndalem Kilen, Keraton Yogyakarta.

Agenda yang diinisiasi Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinkop UKM) ini bertujuan untuk memberdayakan koperasi dan para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sekaligus memberdayakan petani di DIY.

Pada kesempatan tersebut, turut hadir GKR Hemas selaku Ketua Dekranasda DIY, Sekretaris Daerah DIY Kadarmanta Baskara Aji, Asekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan Tri Saktiyana, Kepala Bappeda DIY Beny Suharsono, dan Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY Srie Nurkyatsiwi.

GKR Hemas pada kesempatan tersebut mengutarakan bahwa kegiatan transaksi jual beli UKM DIY dapat terus meningkat. Apalagi transport (ongkos kirim) juga sudah dibantu oleh Pemda sehingga bisa gratis atau bisa juga difasilitasi kantor pos.

“Ini penting sekali, dan UKM juga harus mempunyai daya saing untuk meningkatkan mutu produk. Karena dengan adanya Covid-19 seperti sekarang, setiap daerah harus bersaing tentang mutu produk. Harus tetap inovasi, jangan hanya beranggapan bahwa sudah cukup karena sudah bisa laku,” jelasnya.

Beliau berharap, sebetulnya selain perajin yang berinovasi, Pemda juga harus dapat memfasilitasi.

Baca juga   Yuk, Nonton Jogja Museum Expo dengan Teknologi 360

“Yang namanya Pemda itu harus lebih mudah diakses. Saya kira Pemda juga sudah mulai melihat tempat-tempat atau jenis yang harus difasilitasu supaya lebih baik lagi. Dinas Koperasi itu luar biasa gerakannya, meski mungkin masih banyak yang perlu diakses ya. Sukses untuk Disko UKM DIY,” terang GKR Hemas.

Sementara, Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY, Sri Nurkyatsiwi mengatakan Pasar Komunitas merupakan terobosan dalam skema pemulihan ekonomi, melalui pemberdayaan koperasi dan UMKM dengan pembelian bahan baku pertanian atau perikanan yang mengalami fluktuasi harga, agar dapat dikelola melalui koperasi dan disalurkan kepada UMKM pengolah, sehingga produk yang dipasarkan memiliki nilai tambah dengan harga yang terjangkau.

“Upaya ini dilakukan dalam rangka meningkatkan penjualan produk pertanian, pemberdayaan koperasi, hingga fasilitasi bahan baku bagi UMKM sehingga produk yang dipasarkan secara online dapat mendorong tingkat konsumsi masyarakat dalam menumbuhkembangkan perekonomian daerah,” terangnya.

Lebih lanjut perempuan yang akrab disapa Siwi ini mengatakan, Pasar Komunitas tersebut sebagai gerakan yang melibatkan komponen usaha dari hulu hingga hilir, yang melibatkan sekurangnya 10 koperasi sektor ril dan lebih dari 150 UMKM.

Baca juga   Masyarakat Merauke Antusias Ikuti Vaksinasi Covid-19

Gerakan yang dibiayai melalui dana keistimewaan tersebut, diharapkan mampu memberikan inspirasi terkait upaya kreatif dalam pemulihan ekonomi daerah terdampak Covid-19, yang melibatkan multi stakeholders.

“Hal ini sebagai strategi transformasi terhadap perkembangan situasi akhir-akhir ini yang memerlukan langkah terobosan guna membantu ketahanan ekonomi daerah,” kata Siwi.

Adapun pada agenda tersebut, dilakukan pula penandatanganan kerjasama antara Dinas Koperasi dan UKM DIY dengan PT. Pos Indonesia terkait siskon dan gratis ongkos kirim ke luar negeri bagi UKM DIY.

Kebijakan ini berlaku untuk UMKM anggota Sibakul Jogja dan Sibakul Markethub dengan ketentuan, Pengiriman barang 5 kg s.d < 10 kg mendapat subsidi ongkir 80%, pengiriman barang > 10 kg mendapatkan full Gratis Ongkir, dan program ini berlaku untuk seluruh pengiriman ke Luar Negeri.

Agenda Gelaran SiBakul ini juga dimeriahkan dengan penampilan Yu Beruk dan Grup Angkringan TVRI yang menghadirkan dialog dengan Sri Sultan. Di akhir agenda, Sri Sultan melakukan kunjungan ke stand-stand UKM DIY yang berpartisipasi pada gelaran tersebut didampingi Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY, serta Kepala PT Pos Indonesia. (*)

Share :

Baca Juga

Para korban erupsi Gunung Semeru ditangani di salah satu fasilitas kesehatan setempat. Dinas Kesehatan Jawa Timur berkoordinasi dengan Dinkes Lumajang dan Malang untuk menyiagakan kebutuhan dalam penanganan korban erupsi Gunung Semeru. (Foto: MC Diskominfo Prov Jatim)

Peristiwa

Dinkes Jatim Siagakan Kebutuhan Kesehatan Korban Erupsi Gunung Semeru
Walikota Giran Rakabuming menyerahkan bantuan sembako kepada ASN yang pernah terpapar Covid-19. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

ASN Surakarta yang Pernah Terpapar Covid-19 Dapat Bantuan Sembako
Aula Jemaat Gereja Kristen Indonesia (GKI) Ebenhaezer di kampung adat Yakonde, Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, dijadikan warga setempat sebagai tempat salat bagi peserta Sarasehan Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) VI. Foto: Amiri Yandi/InfoPublik

Peristiwa

Warga Kampung Yakonde Jadikan Aula Gereja sebagai Tempat Salat Peserta KMAN VI
Wakil Walikota Surakarta Teguh Prakosa membuka Festival kuliner “Keplek Ilat Creative Food”. (Foto: nyatanya.com/Diskominfo Solo)

Peristiwa

Festival Kuliner “Keplek Ilat Creative Food”, Upaya Berdayakan UMKM
Menkominfo Johnny G. Plate dalam acara puncak Anugerah Jurnalistik Kominfo 2021. (Foto:Biro Humas Kementerian Kominfo)

Peristiwa

Ini Dia Pemenang Anugerah Jurnalistik Kominfo 2021
(Foto: Infopublik/Amiriyandi)

Peristiwa

Tim SAR Gabungan Sisir Korban di Jalur Lahar Gunung Semeru
Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19 Sinovac kepada pedagang di Pasar Tradisional Sunggingan, Boyolal, Kamis (22/7/2021). (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Boyolali)

Peristiwa

Vaksinasi di Boyolali Mulai Sasar Pedagang Pasar
Kegiatan penyemprotan eco enzyme secara massal di Kabupaten Klaten yang digelar di Alun Alun Klaten, Jumat (7/1/2022) tercatat dalam rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). (Foto: Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Penyemprotan Eco Enzyme Secara Massal di Klaten Pecahan Rekor MURI