Home / Peristiwa

Senin, 27 September 2021 - 14:20 WIB

Berdayakan Koperasi dan UMKM Melalui Pasar “Gelaran SiBakul”

Sri Sultan melihat stand-stand UKM DIY yang berpartisipasi pada Gelaran SiBakul didampingi Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY, serta Kepala PT Pos Indonesia. (Foto: Humas Pemda DIY)

Sri Sultan melihat stand-stand UKM DIY yang berpartisipasi pada Gelaran SiBakul didampingi Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY, serta Kepala PT Pos Indonesia. (Foto: Humas Pemda DIY)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menghadiri pencanangan Pasar Komunitas dalam agenda Gelaran SiBakul, Sabtu (25/9/2021) siang di Ndalem Kilen, Keraton Yogyakarta.

Agenda yang diinisiasi Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinkop UKM) ini bertujuan untuk memberdayakan koperasi dan para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sekaligus memberdayakan petani di DIY.

Pada kesempatan tersebut, turut hadir GKR Hemas selaku Ketua Dekranasda DIY, Sekretaris Daerah DIY Kadarmanta Baskara Aji, Asekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan Tri Saktiyana, Kepala Bappeda DIY Beny Suharsono, dan Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY Srie Nurkyatsiwi.

GKR Hemas pada kesempatan tersebut mengutarakan bahwa kegiatan transaksi jual beli UKM DIY dapat terus meningkat. Apalagi transport (ongkos kirim) juga sudah dibantu oleh Pemda sehingga bisa gratis atau bisa juga difasilitasi kantor pos.

“Ini penting sekali, dan UKM juga harus mempunyai daya saing untuk meningkatkan mutu produk. Karena dengan adanya Covid-19 seperti sekarang, setiap daerah harus bersaing tentang mutu produk. Harus tetap inovasi, jangan hanya beranggapan bahwa sudah cukup karena sudah bisa laku,” jelasnya.

Beliau berharap, sebetulnya selain perajin yang berinovasi, Pemda juga harus dapat memfasilitasi.

Baca juga   Alun-alun Klaten Dibuka untuk PKL, Makan di Tempat 20 Menit

“Yang namanya Pemda itu harus lebih mudah diakses. Saya kira Pemda juga sudah mulai melihat tempat-tempat atau jenis yang harus difasilitasu supaya lebih baik lagi. Dinas Koperasi itu luar biasa gerakannya, meski mungkin masih banyak yang perlu diakses ya. Sukses untuk Disko UKM DIY,” terang GKR Hemas.

Sementara, Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY, Sri Nurkyatsiwi mengatakan Pasar Komunitas merupakan terobosan dalam skema pemulihan ekonomi, melalui pemberdayaan koperasi dan UMKM dengan pembelian bahan baku pertanian atau perikanan yang mengalami fluktuasi harga, agar dapat dikelola melalui koperasi dan disalurkan kepada UMKM pengolah, sehingga produk yang dipasarkan memiliki nilai tambah dengan harga yang terjangkau.

“Upaya ini dilakukan dalam rangka meningkatkan penjualan produk pertanian, pemberdayaan koperasi, hingga fasilitasi bahan baku bagi UMKM sehingga produk yang dipasarkan secara online dapat mendorong tingkat konsumsi masyarakat dalam menumbuhkembangkan perekonomian daerah,” terangnya.

Lebih lanjut perempuan yang akrab disapa Siwi ini mengatakan, Pasar Komunitas tersebut sebagai gerakan yang melibatkan komponen usaha dari hulu hingga hilir, yang melibatkan sekurangnya 10 koperasi sektor ril dan lebih dari 150 UMKM.

Baca juga   Panglima TNI: Tingkatkan Testing dan Tracing untuk Lawan Covid-19

Gerakan yang dibiayai melalui dana keistimewaan tersebut, diharapkan mampu memberikan inspirasi terkait upaya kreatif dalam pemulihan ekonomi daerah terdampak Covid-19, yang melibatkan multi stakeholders.

“Hal ini sebagai strategi transformasi terhadap perkembangan situasi akhir-akhir ini yang memerlukan langkah terobosan guna membantu ketahanan ekonomi daerah,” kata Siwi.

Adapun pada agenda tersebut, dilakukan pula penandatanganan kerjasama antara Dinas Koperasi dan UKM DIY dengan PT. Pos Indonesia terkait siskon dan gratis ongkos kirim ke luar negeri bagi UKM DIY.

Kebijakan ini berlaku untuk UMKM anggota Sibakul Jogja dan Sibakul Markethub dengan ketentuan, Pengiriman barang 5 kg s.d < 10 kg mendapat subsidi ongkir 80%, pengiriman barang > 10 kg mendapatkan full Gratis Ongkir, dan program ini berlaku untuk seluruh pengiriman ke Luar Negeri.

Agenda Gelaran SiBakul ini juga dimeriahkan dengan penampilan Yu Beruk dan Grup Angkringan TVRI yang menghadirkan dialog dengan Sri Sultan. Di akhir agenda, Sri Sultan melakukan kunjungan ke stand-stand UKM DIY yang berpartisipasi pada gelaran tersebut didampingi Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY, serta Kepala PT Pos Indonesia. (*)

Share :

Baca Juga

Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih melakukan peletakan batu pertama pembangunan masjid masjid Al-Hakim di Prangwedanan, Potorono, Banguntapan. (Foto: Humas Kab Bantul)

Peristiwa

Bupati Bantul Letakkan Batu Pertama Pembangunan Masjid Al Hakim Prangwedanan
Wakil Bupati Bantul, Joko B. Purnomo menghadiri serah terima proyek insfrastruktur PSU (Prasarana, Sarana dan Utilitas Umum) dari Dinas PUP-ESDM Pemda DIY di Kalurahan Wukirsari. (Foto: Humas Kab Bantul)

Peristiwa

Serap Dana Rp720 Juta, Empat Proyek PSU Wukirsari Diserahkan
Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih menggunting pita, menandai peresmian Jembatan Hijau dan Jalan Gus Dur di Pajangan. (Foto: Humas Bantul)

Peristiwa

Bupati Bantul Resmikan Jembatan Hijau dan Jalan Gus Dur di Pajangan
Penyerahan paket sembako dari Baznas secara simbolis oleh Bupati Sukoharjo Etik Suryani. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Sukoharjo)

Peristiwa

Ribuan Paket Sembako untuk PKL Terdampak Corona Disalurkan
Acara peletakan batu pertama pembangunan gedung Kejaksaan Temanggung. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Temanggung)

Peristiwa

Pemkab Temanggung Hibahkan Bangunan Senilai Rp1,1 Milyar untuk Kejaksaan
Pengolahan sarang burung walet milik Koperasi Serba Usaha (KSU) Bina Umat, Kauman, Kecamatan Parakan, Kabupaten Temanggung mulai melayani pesanan ekspor kesejumlah negara. (Foto:MC Kab Temanggung)

Peristiwa

Bisnis Pengolahan Sarang Burung Walet Kembali Menggeliat
Vaksinasi dosis pertama ini menyasar 450 orang penyandang disabilitas di Kabupaten Bantul. (Foto: Humas Pemkab Bantul)

Peristiwa

Pemkab Bantul Gelar Vaksinasi Bagi Penyandang Disabilitas
Meski jumlahnya sedikit, namun di Kabupaten Temanggung tercatat masih ada temuan kasus rabies. Vaksinasi rabies menjadi urgen dilakukan. (Foto:Diskominfo Temanggung)

Peristiwa

DKPPP Temanggung Sediakan 350 Vaksin Rabies Gratis