Home / Peristiwa

Minggu, 9 Januari 2022 - 13:18 WIB

Berdayakan Penyandang Disabilitas, Kemensos Luncurkan Indonesia Mendengar

Kemensos meluncurkan program Indonesia Mendengar sebagai upaya memperluas akses komunikasi dan informasi bagi penyandang disabilitas yang digelar di Baleendah, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, Sabtu (8/1/2022). (Foto: ANTARA)

Kemensos meluncurkan program Indonesia Mendengar sebagai upaya memperluas akses komunikasi dan informasi bagi penyandang disabilitas yang digelar di Baleendah, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, Sabtu (8/1/2022). (Foto: ANTARA)

NYATANYA.COM, Bandung – Kementerian Sosial (Kemensos) meluncurkan program Indonesia Mendengar sebagai upaya memperluas akses komunikasi dan informasi bagi penyandang disabilitas yang digelar di Baleendah, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, Sabtu (8/1/2022).

Peluncuran program Indonesia Mendengar ini ditandai dengan penyerahan alat bantu dengar, peluit, tongkat adaptif, kursi roda, motor roda tiga, telepon pintar, tablet, hingga laptop bagi para penyandang disabilitas di seluruh Indonesia.

“Banyak permasalahan saudara-saudara kita yang disabilitas sehingga kemudian melahirkan ide. Ini bagian upaya kami bagaimana saudara-saudara disabilitas ini bisa terbantu dengan kegiatan ini,” ujar Mensos Tri Rismaharini, melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (8/1/2022).

Baca juga   Trans Studio Bandung, Destinasi Wajib Pelancong dengan 20 Wahana Seru

Mensos Risma mengatakan bagi para penyandang disabilitas tuli, Kemensos memberikan telepon pintar (smartphone) yang akan menjadi salah satu media berkomunikasi dengan masyarakat umum.

Telepon pintar itu, katanya, dibekali dengan aplikasi alih bahasa (suara ke teks), sehingga penyandang disabilitas dapat berkomunikasi dengan masyarakat luas.

“Jadi anak-anak ini memegang smartphone. Dia bisa ngikuti apa yang saya sampaikan. Jadi mereka bisa membaca di sini, sehingga mereka bisa mengikuti meskipun dia tidak bisa mendengar,” kata mensos.

Sementara bantuan peluit yang diberikan Kemensos dapat digunakan untuk menyampaikan sinyal jika para penyandang disabilitas membutuhkan bantuan.

Baca juga   Gelar Operasi Pasar Tambahan untuk Migor, BUMN Pakai Merek INL

Risma mencontohkan apabila terjadi kebakaran, banjir, atau peristiwa lain yang membutuhkan pertolongan, pemegang peluit tinggal membunyikannya. Risma akan menyosialisasikan kegunaan peluit ini kepada masyarakat umum agar mereka mengerti akan arti sinyal yang disampaikan.

“Kemudian juga peluit fungsinya kalau kamu dalam kondisi terpaksa bisa bunyikan peluit itu. Kalau kamu (penyandang disabilitas) dalam kondisi kesulitan untuk meminta pertolongan, kami akan coba sampaikan dan sosialisasikan sehingga semua orang mengerti kalau kalian meniup peluit kalian membutuhkan pertolongan,” kata mensos.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Vaksinasi Covid-19 bagi para pedagang di Pasar Borobudur. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Magelang)

Peristiwa

Polres Magelang Gelar Vaksinasi bagi Pedagang Pasar Tradisional
Melalui program 'Aku Sedulurmu', 4 anak di Temanggung mendapat beasiswa karena orang tuanya meninggal karena Covid-19. (Foto:Humas Temanggung)

Peristiwa

Lewat Program Aku Sedulurmu, Polres Temanggung Bantu Yatim Piatu Terdampak Covid-19
Prosesi launching logo dan maskot Kompetisi Jembatan Indonesia (KJI) 2023 di Gedung AR Fachruddin (A) kompleks UMY. (Foto:istimewa)

Peristiwa

Logo dan Maskot KJI 2023 Dilaunching
Hariyanto SH (kiri) didampingi Refingo Krishna SH selaku Kuasa Hukum keluarga GK memberikan klarifikasi dan kronologi peristiwa yang terjadi. Foto: Ist/YP

Peristiwa

Kasus Cucu Bunuh Kakek di Parkiran McDonald’s Yogya, Orang Tua Tersangka GK Bantah Anaknya Terlibat
Puncak Gunung Merapi tak terlihat karena tertutup kabut tebal pasca hujan abu yang mengguyur kawasan wisata Ketep Pass. (Foto:humas/beritamagelang)

Peristiwa

Pasca Hujan Abu, Gunung Merapi Tertutup Kabut Tebal
Polres Bantul memusnahkan barang bukti 2.500 botol minuman keras (miras) dari berbagai jenis, 250 knalpot blombongan dan 230 petasan, Jumat (22/4/2022). Foto: Istimewa

Peristiwa

Polres Bantul Musnahkan Ribuan Botol Miras, Petasan dan Knalpot Blombongan
Ganjar Pranowo. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

Peristiwa

Perusahaan Diminta Tegakkan Aturan WFH Karyawan
Ilustrasi Pemprov terus dorong siswa di Jateng lakukan vaksin. Gubernur Ganjar Pranowo dalam sebuah kesempatan meninjau pelaksanaan vaksin untuk anak sekolah. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Pemprov Jateng Dorong Siswa Jalani Vaksinasi