Home / News

Sabtu, 3 Juli 2021 - 10:17 WIB

Berita Duka! Rachmawati Soekarnoputri Meninggal Dunia

Rachmawati Soekarnoputri bersama Sandiaga Uno. (Foto:nyatanya.com/@sandiuno)

Rachmawati Soekarnoputri bersama Sandiaga Uno. (Foto:nyatanya.com/@sandiuno)

NYATANYA.COM, Jakarta – Politikus Rachmawati Soekarnoputri meninggal dunia, Sabtu (3/7/2021) pukul 06.20 WIB di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta. Putri Presiden pertama RI, Ir Soekarno ini diketahui meninggal karena Covid-19, setelah sempat dirawat di rumah sakit.

Kabar meninggalnya Rachmawati pun membanjiri media sosial pagi ini. Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti langsung mengunggah cuitannya di Twitter miliknya mengungkapkan duka.

“Innalillahi wa inna ilaihi rojiun .. Turut berduka cita .. Semoga ibu Rachmawati Soekarnoputri ditempatkan di tempat terbaik di sisi-Nya dan diterima semua amal ibadahnya .. Aamiin YRA,” tulis Susi.

Demikian pula Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno yang juga turut berduka. Sandiaga menulis ucapan duka disertai foto bersama Rachmawati Soekarnoputri.

Baca juga   Baru Saja, Gunung Merapi 2 Kali Luncurkan Awan Panas
Tankapan layar Twitter Sandiaga Uno. (Foto:nyatanya.com/@sandiuno)

“Innalillahi wainnailaihi ro’jiun. Kita kembali berduka. Indonesia baru saja kehilangan sosok putri terbaik bangsa, Ibu Rachmawati Soekarnoputri, putri dari Presiden pertama kita, Ir. Soekarno,” ungkap Sandiaga Uno dalam unggahanya pagi tadi.

“Terima kasih atas segala jasa yang engkau telah berikan untuk Bangsa ini. Kami tidak akan pernah lupa semangat juangmu yang tak pernah ada lelahnya,” lanjut Sandiaga.

Rachmawati yang bernama lengkap Diah Pramana Rachmawati Soekarno adalah putri Proklamator Sukarno yang menikah dengan Fatmawati. Rachmawati lahir di Jakarta pada 27 September 1950 dan meninggal dunia pada usianya yang ke-71.

Baca juga   Kelurahan Sukoharjo Sleman Kini Punya ATM Beras

Rachmawati juga tercatat sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra yang dipimpin Prabowo Subianto. Pada periode 2007-2009 Rachma dipercaya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres).

Rachmawati merupakan sosok yang juga peduli pada dunia pendidikan. Adik dari Megawati Soekarnoputri ini pada tahun 1981 mendirikan Yayasan Pendidikan Soekarno (YPS) dan di tahun 1983 mendirikan Universitas Bung Karno (UBK). Namun di era Orde Baru itu, UBK dilarang beroperasi. Dan baru berdiri kembali di tahun 1999. (*)

Share :

Baca Juga

Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya

News

1.157 Site BTS Milik 4 Operator Seluler Terdampak Gempa Cianjur Sudah Dipulihkan
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi. (Foto: humas/beritamagelang)

News

Kasus Aktif Covid-19 di Magelang Mencapai 2.012 Orang, Tersebar di 21 Kecamatan
Kapolres Temanggung menunjukkan pelaku beserta barang bukti yang dipergunakan menganiaya korban. (Foto: istimewa)

News

Sabetkan Pedang, Pelaku Penganiayaan Diborgol Polisi
(Ilustrasi: nyatanya.com/Foto: Agoes Jumianto)

News

PPKM Diperpanjang Lagi, DIY Turun ke Level 3
Presiden Jokowi saat meresmikan pabrik biodiesel milik PT Jhonlin Agro Raya, di Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis (21/10/2021). (Foto: BPMI)

News

Presiden Jokowi: Potensi CPO Indonesia Capai 52 Juta Ton Per Tahun
Untuk mendapat manfaat siaran TV yang berkualitas, masyarakat diimbau segera beralih ke siaran TV Digital. Untuk dapat menonton siaran TV digital, masyarakat perlu menyesuaikan perangkat TV yang dimilikinya. (Foto: Elvira/InfoPublik)

News

Berpindah ke TV Digital, Pastikan Beli Set Top Box yang Bersertifikasi
Menkominfo Johnny Gerard Plate dalam Konferensi Pers Menyongsong Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024, Pemilu Berkualitas untuk Indonesia Maju di kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu (4/1/2022). Foto: Amiriyandi/InfoPublik

News

Hingga 4 Januari 2023, Kominfo Tangani 1.321 Hoaks Politik
Presiden Jokowi melantik sembilan orang Anggota Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) di Istana Negara, Jakarta, Kamis (18/01/2024). BPMI Setpres.

News

Ini Sembilan Anggota KPPU yang Dilantik Presiden Jokowi