Home / Olga

Selasa, 27 Juli 2021 - 09:29 WIB

Berlaga di Olimpiade 2020, Alviyanto Bagas Bikin Bangga Wong Klaten

Alviyanto Bagas Prastyadi. (Foto:nyatanya.com/istimewa)

Alviyanto Bagas Prastyadi. (Foto:nyatanya.com/istimewa)

NYATANYA.COM, Klaten – Nama Alviyanto Bagas Prastyadi menjadi perbincangan warga Klaten karena prestasinya menjadi bagian Kontingen Indonesia di ajang Olimpiade Tokyo 2020 Jepang.

Atlet kelahiran 18 Februari 1992 ini turun bertanding di nomor men’s team recurve atau beregu putra, bersama dengan Riau Ega Agatha (Jatim) dan Arif Dwi Pangestu (DIY). Pemuda yang akrab disapa Bagas ini dikenal memiliki bakat sebagai atlet panahan sejak masih belia.

Di usianya yang masih muda serta masih membutuhkan banyak jam terbang sebagai atlet panahan, Bagas sudah mengantongi banyak prestasi. Yang menonjol, yakni medali emas di nomor mix team recurve yang diraihnya pada Kejurnas Panahan di Jakarta pada 2018 lalu. Bagas juga berhasil naik podium di ajang Asian Games 2018 yang digelar Jakarta-Palembang di nomor beregu putra. Alviyanto Bagas menyabet medali perak.

Baca juga   Greysia/Apriyani Melaju ke Perempat Final Olimpiade Tokyo 2020

Prestasi tersebut kemudian mengantarkannya mengikuti kualifikasi untuk Olimpiade Tokyo, Archery Final Olympic Qualification Tournament 2021 yang digelar di Kota Paris, Prancis. Trio Bagas, Ega, dan Arif berhasil mengantongi tiket laga di Negeri Sakura, meski harus puas di posisi runner up.

Bakat memanah Bagas tampaknya turun dari ibunya, Kusmiyati, yang merupakan mantan atlet panahan Klaten. Sedari kecil, Bagas sudah menajamkan bakatnya dengan berlatih bersama Klub Panahan Smartku Jatinom.

Baca juga   Pati Kirimkan 20 Atlet untuk Kontingen Jateng di PON XX Papua

“Prestasi ini merupakan sebuah kebanggaan karena ada atlet asli Klaten yang lolos ke Olimpiade Tokyo,” papar pengurus Klub Smartku Jatinom, Esty Setyaningsih, dalam siaran persnya, Senin (26/7/2021).

Sementara itu, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Klaten, Parwanto menyampaikan apresiasi atas prestasi yang diraih Bagas. Hal itu membuktikan Kabupaten Klaten memiliki potensi atlet yang berprestasi, bahkan hingga level internasional.

Ia berharap berlaganya Bagas di ajang puncak pesta olahraga tersebut, dapat memberikan motivasi bagi atlet asal Klaten lainnya di cabang olahraga manapun, agar semakin giat berlatih dan fokus mengukir prestasi dengan kerja keras.(*)

Share :

Baca Juga

Danrem 072/ Pamungkas olahraga bersama anggotanya. (Foto: Penrem 072/Pmk)

Olga

Danrem 072/ Pamungkas Olahraga Bersama Anggota
Keberhasilan Saptoyogo menyumbangkan medali perunggu bagi Indonesia sekaligus merupakan medali kedua bagi kontingen Merah-Putih di Paralimpiade 2020. (Foto:npcindonesia/kemenpora)

Olga

Diluar Dugaan, Saptoyogo Raih Medali Perunggu Paralimpiade Tokyo 2020
Atlet dan pelatih Kabupaten Sukoharjo yang akan berlaga di PON XX Papua serta Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) berpamitan dengan Bupati Etik Suryani. (Foto: Diskominfo Sukoharjo)

Olga

Bupati Janjikan Penghargaan bagi Atlet Sukoharjo Peraih Medali di PON Papua
Leani Ratri Oktila. (Foto:putra/kemenpora.go.id)

Olga

Leani Ratri Oktila Puji Presiden dan Menpora Setarakan Atlet Paralimpiade
Keluarnya izin Liga 1 dan 2 oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menurut Menpora Zainudin Amali salah satunya untuk mempersiapkan pembentukan timnas menuju FIFA World Cup U-20 tahun 2023. (Foto:Div Humas Mabes Polri)

Olga

Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 Digelar Tanpa Penonton dan Prokes Ketat
Para atlet kontingen Indonesia di ajang multi event olahraga Paralimpiade Tokyo 2020 menerima bonus dari dari pemerintah yang nominalnya sama dengan yang didapatkan peraih medali pada atlet olimpiade yang telah diberikan sebelumnya.(Foto:putra/kemenpora.go.id)

Olga

Diserahkan Presiden Jokowi, Bonus Atlet Paralimpiade Tokyo 2020
Pasangan ganda putri Leani Ratri Oktila/Khalimatus Sadiyah. (Foto:dok/npcindonesia/kemenpora.go.id)

Olga

Indonesia Loloskan 6 Pemain di 4 Nomor Semifinal Para Bulutangkis Paralimpiade Tokyo 2020
Bupati Temanggung HM Al Khadziq membuka Musyawarah Olahraga Kabupaten KONI. (Foto: Diskominfo Temanggung)

Olga

Musorkab KONI, Bupati Bangga Temanggung Punya Atlet Berprestasi