Home / Peristiwa

Senin, 12 September 2022 - 12:06 WIB

Berperan Majukan Masyarakat Desa, Sukoharjo Bentuk Forum Komunikasi BPD

NYATANYA.COM, Sukoharjo – Badan Permusyawaratan Desa (BPD) memiliki peran penting dalam membantu jalannya roda pemerintahan, salah satunya sebagai mitra pemerintah desa yang konstruktif dan inovatif untuk memajukan masyarakat desa. Menilik peran penting tersebut, Pemkab Sukoharjo membentuk forum komunikasi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Kabupaten Sukoharjo periode 2019-2024.

Bupati Sukoharjo Etik Suryani dalam sambutannya saat membuka forum silaturahmi BPD Sukoharjo di di Pendopo GSP, Kamis (8/9/2022) mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bukti eksistensi BPD di Kabupaten Sukoharjo bersinergi dengan baik bersama pemerintah desa termasuk perannya dalam rangka memajukan desa-desa di Kabupaten Sukoharjo.

“Saya harap dengan kegiatan ini terwujudnya peran BPD sebagai mitra pemerintah desa yang konstruktif dan inovatif untuk kemajuan masyarakat desa,” ujarnya.

Baca juga   Buka Pelayanan Digital, Pasar UMKM Tanggung Cepu Diresmikan Bupati Blora

Bupati berharap BPD terus meningkatkan partisipasinya sebagai mitra pemerintah desa, meningkatkan partisipasi masyarakat desa dalam memajukan pembangunan desa sekaligus meningkatkan pendapatan asli desa, dan memajukan perekonomian desa.

Ia berharap BPD dapat menjalankan tugas secara maksimal demi kesejahteraan. Bukan hanya pengawasan kinerja kepala desa dalam capaian program saja, tetapi juga memastikan program yang dilaksanakan bermanfaat bagi masyarakat.

“Dengan telah terbentuknya forum komunikasi BPD ini agar BPD lebih solid dan bersinergi terhadap kebijakan Pemkab Sukoharjo. Menjadi sarana untuk saling meningkatkan kualitas masing-masing, bisa untuk saling sharing permasalahan-permasalahan atau inovasi-inovasi di desa masing-masing,” ujarnya.

Bupati mengatakan, kondisi masing-masing desa di Kabupaten Sukoharjo berbeda. Perbedaan juga terlihat di BPD desa masing-masing. Kondisi geografis dan karakteristik desa menjadi penyebab perbedaan tersebut. Namun demikian BPD memiliki tujuan sama yakni memajukan desa.

Baca juga   Wisuda Abdi Dalem, Bupati dan Wakil Bupati Bantul Dapat Nama dan Gelar Baru

“Program dan keanggotaan harus solid dan kompak dalam menjalankan fungsi pelaksanaan tugas di BPD dan forum komunikasi BPD,” tambahnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sukoharjo YC Sriyana mengatakan, forum komunikasi BPD ini menjadi bagian penting sebagai upaya Pemkab Sukoharjo memajukan masyarakat desa.

“Desa ini menjadi bagian penting yang harus maju. Hal ini bisa diawali dari BPD dengan membantu pemerintah desa. Forum komunikasi BPD ini menjadi forum antara BPD sebagai wadah bersama untuk saling bertukar informasi memajukan desa,” ujarnya.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Jumpa pers pemalsuan kosmetik yang dilakukan tersangka BS. (Foto: Istimewa/selalu.id)

Peristiwa

Palsukan Kosmetik Merek KLT, Warga Surabaya Ini Raup Untung Miliaran Rupiah
Foto: dok. Puspenkum

Peristiwa

Kejagung Periksa Tiga Saksi Kasus Korupsi Waskita Beton Precast
Rangkaian acara Pembukaan UMY Career Fair 2023 di Aula Masjid KH Ahmad Dahlan UMY. (Foto:istimewa)

Peristiwa

Dihelat Selama 2 Hari, UMY Gelar Career Fair 2023
Kepala BNPB Letnan Jenderal TNI Suharyanto dalam konferensi pers secara virtual, Senin (14/3/2022). (Foto: Tangkapan Layar Video BNPB)

Peristiwa

Pascagempa Nias Selatan, Kepala BNPB: Waspada Harus, Tapi Jangan Panik
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X membuka gelaran Jogja International Batik Biennale. (Foto: nyatanya.com/Humas Pemda DIY)

Peristiwa

JIBB 2021 Resmi Dibuka, Angkat Batik Sebagai Filosofi Tanpa Batas
Pemberangkatan tangki air bersih dilakukan oleh Komandan Kodim (Dandim) 0724/Boyolali Letkol. Arm. Ronald Siwabessy bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Boyolali Masruri di halaman kantor BPBD setempat. (Foto: Diskominfo Boyolali)

Peristiwa

Meski Musim Kemarau Basah, Beberapa Wilayah Ini Sudah Alami Kekeringan
Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Barat kembali menggagalkan peredaran narkoba jaringan internasional Myanmar - Malaysia - Pekanbaru - Jakarta dengan barang bukti seberat 44 kg. Foto: Humas Polres Metro Jakbar/Tribratanews

Peristiwa

Polisi Gagalkan Peredaran Narkoba Jaringan Internasional, 44 Kg Sabu Diamankan
Rusunawa Bener Tower II sudah mulai disewakan. Sementara Tower I sampai saat ini masih digunakan untuk selter isolasi terpadu pasien Covid-19. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Rusunawa Bener Tower II Mulai Disewakan, Begini Syaratnya