Home / Peristiwa

Kamis, 24 Juni 2021 - 08:12 WIB

Bersaing di Pasar Global, IKM Didorong Miliki Perizinan dan Legalitas Industri

Sosialisasi perizinan dan legalitas produk industri bagi pelaku IKM di Kota Surakarta. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Sosialisasi perizinan dan legalitas produk industri bagi pelaku IKM di Kota Surakarta. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

NYATANYA.COM, Surakarta – Pemerintah Kota Surakarta terus mendorong pelaku industri kecil dan menengah (IKM) untuk memenuhi kewajiban perizinan dan legalitas industri. Sehingga, produk yang dihasilkannya memiliki kepastian hukum dan mampu bersaing menembus pasar global.

Salah satu upaya yang dilakukan, dengan menggelar sosialisasi perizinan dan legalitas produk industri di Swiss-Bel inn Hotel, 23-24 Juni 2021, diikuti 50 pelaku IKM di Kota Surakarta dengan protokol kesehatan yang ketat.

Baca juga   Meski Musim Kemarau Basah, Beberapa Wilayah Ini Sudah Alami Kekeringan

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Surakarta, Agus Sutrisno mengatakan, kegiatan itu diharapkan memberikan manfaat bagi pelaku IKM, untuk dapat memahami dan siap memenuhi kewajiban perizinan dan legalitas industri. Dengan begitu, makin memantapkan daya saing untuk menembus pasar global.

“Harapannya kegiatan ini dapat diselenggarakan secara rutin, sebagai upaya penyebaran informasi industri. Termasuk kebijakan-kebijakan pemerintah terbaru, peningkatan kapasitas pelaku IKM, untuk dapat go internasional, dan dapat menjadi pemantik perekonomian di Kota Surakarta di masa pandemi,” ujarnya sebagaimana dikutip dari portal resmi Pemprov Jateng, Kamis (24/6/2021).

Baca juga   Polres Magelang Gelar Vaksinasi bagi Pedagang Pasar Tradisional

Sosialisasi menghadirkan narasumber dari Disperindag Provinsi Jawa Tengah dengan materi Sistem Informasi Industri Nasional (SIINas), KPP Pratama yang mengupas tuntas tentang pajak industri yang saat ini menjadi banyak perbincangan, dan Kepala Bea Cukai Wilayah Surakarta yang memberikan informasi kemudahan dan kebijakan ekspor.(*)

Share :

Baca Juga

Pemkab Pekalongan mendistribusikan paket bantuan budidaya lele melalui program laboratorium kemiskinan. (Foto: Dinkominfo Kabupaten Pekalongan)

Peristiwa

Budidaya Lele Jadi Pilihan Program Laboratorium Kemiskinan
DPUPR mengalokasikan anggaran dari Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai Rp8,9 miliar untuk pelebaran dan peningkatan jalan kabupaten. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Temanggung)

Peristiwa

Disiapkan Anggaran Rp8,9 Miliar, Temanggung Genjot Pembangunan Infrastruktur Jalan
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X meninjau pelaksanaan vaksinasi yang digelar OJK DIY di Gedung Grha Sabha Pramana UGM. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemda DIY)

Peristiwa

OJK DIY Gelar Vaksinasi untuk 2.000 Mahasiswa UGM
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI, Teten Masduki dan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X saat launching Program 'Kita Jaga Usaha' yang diinisiasi Baznas. (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

‘Kita Jaga Usaha’, Stimulus Bagi UMKM dari Baznas
Ganjar Pranowo saat mengunjungi proyek geothermal PT Geo Dipa Energi di sekitar kawah Sikidang, Dieng. (Foto:Humas Jateng)

Peristiwa

Proyek Geothermal Dieng Bisa Jadi Wisata Energi
Bantuan oksigen dari PMI Jateng untuk RSUD Tugurejo Semarang. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

PMI Jateng Salurkan Bantuan 20 Ton Oksigen untuk Rumah Sakit
Selama 2021 ini, Dinperinaker telah membuka tiga angkatan pelatihan kerja berbasis kompetensi. (Foto: Diskominfo Temanggung)

Peristiwa

Siapkan Tenaga Kerja Siap Pakai, Dinperinaker Temanggung Latih 112 Orang
Akses ke objek wisata Rowo Jombor ditutup. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Akses Jalan Masuk Objek Wisata Rawa Jombor Ditutup