Home / Peristiwa

Kamis, 24 Juni 2021 - 08:12 WIB

Bersaing di Pasar Global, IKM Didorong Miliki Perizinan dan Legalitas Industri

Sosialisasi perizinan dan legalitas produk industri bagi pelaku IKM di Kota Surakarta. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Sosialisasi perizinan dan legalitas produk industri bagi pelaku IKM di Kota Surakarta. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

NYATANYA.COM, Surakarta – Pemerintah Kota Surakarta terus mendorong pelaku industri kecil dan menengah (IKM) untuk memenuhi kewajiban perizinan dan legalitas industri. Sehingga, produk yang dihasilkannya memiliki kepastian hukum dan mampu bersaing menembus pasar global.

Salah satu upaya yang dilakukan, dengan menggelar sosialisasi perizinan dan legalitas produk industri di Swiss-Bel inn Hotel, 23-24 Juni 2021, diikuti 50 pelaku IKM di Kota Surakarta dengan protokol kesehatan yang ketat.

Baca juga   Beroperasi di Seputar Kampus, UGM Luncurkan Bus Tenaga Listrik Trans Gadjah Mada

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Surakarta, Agus Sutrisno mengatakan, kegiatan itu diharapkan memberikan manfaat bagi pelaku IKM, untuk dapat memahami dan siap memenuhi kewajiban perizinan dan legalitas industri. Dengan begitu, makin memantapkan daya saing untuk menembus pasar global.

“Harapannya kegiatan ini dapat diselenggarakan secara rutin, sebagai upaya penyebaran informasi industri. Termasuk kebijakan-kebijakan pemerintah terbaru, peningkatan kapasitas pelaku IKM, untuk dapat go internasional, dan dapat menjadi pemantik perekonomian di Kota Surakarta di masa pandemi,” ujarnya sebagaimana dikutip dari portal resmi Pemprov Jateng, Kamis (24/6/2021).

Baca juga   Perajin Mie Lethek Tetap Eksis di Tengah Gempuran Pandemi

Sosialisasi menghadirkan narasumber dari Disperindag Provinsi Jawa Tengah dengan materi Sistem Informasi Industri Nasional (SIINas), KPP Pratama yang mengupas tuntas tentang pajak industri yang saat ini menjadi banyak perbincangan, dan Kepala Bea Cukai Wilayah Surakarta yang memberikan informasi kemudahan dan kebijakan ekspor.(*)

Share :

Baca Juga

Bupati Semarang Ngesti Nugraha saat menerima bantuan penanganan Covid-19 dari Bank Jateng Cabang Ungaran. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Kab. Semarang)

Peristiwa

Dua Minggu PPKM Darurat, Kasus Positif Turun 27 Persen
Selain melakukan pendisiplinan terhadap masyarakat, saat ini Polres Temanggung bersama Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Temanggung juga gencar melakukan tracking kepada orang tanpa gejala. (Foto:Diskominfo Temanggung)

Peristiwa

Polres Temanggung Gencarkan ‘Tracking’ OTG
Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Amanah di aula kantor PDM Kabupaten Magelang menggelar bimbingan manasik haji, Kamis (13/1/2022). (Foto: humas/beritamagelang)

Peristiwa

Covid-19 Melandai, Pelatihan Manasik Haji Mulai Digelar di Magelang
Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslim menghadiri acara pembukaan bimbingan teknis tata laksana jenazah infeksius Covid-19 di Srimulyo. (Foto:nyatanya.com/Humas Bantul)

Peristiwa

Bimtek Tata Laksana Jenazah Infeksius Covid-19 di Srimulyo
Dalam rangka membantu pencegahan merebaknya virus Covid-19, ACE Hardware melalui Iris Ohyama dan Kawan Lama Foundation memberikan donasi berupa masker sebanyak 10.080 buah kepada Pemerintah Kota Yogyakarta. Penyerahan bantuan masker tersebut langsung diterima oleh Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti di ruang kerja, Senin (10/1/2021). (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

ACE Hardware Serahkan Bantuan 10.080 Masker kepada Pemkot Yogya
Keluarga korban dan masyarakat menyalakan api bertujuan mendukung kepolisian segera mengungkap- dan menangkap pelaku. (Foto: Istimewa)

Peristiwa

Dukung Polisi Ungkap Pelaku, Keluarga Korban Gelar Doa dan Nyalakan Lilin di TKP
Kepala Bidang Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kanwil Kemenag Jawa Timur, Muhammad As'adul Anam. Foto: selalu.id

Peristiwa

Izin Dicabut, Kemenag Jatim Imbau Santri Shiddiqiyyah Jombang Pindah Pondok Lain
Wakil Gubernur Paku Alam X menyematan pin emas kepada anggota Purnapaskibraka DIY Tahun 2021. (Foto: Humas DIY)

Peristiwa

Purnapaskibraka Duta Pancasila DIY Tahun 2021 Dikukuhkan