Home / News

Kamis, 30 September 2021 - 14:15 WIB

Bersama Lawan Berita Hoaks Vaksinasi Covid-19

Bupati Jepara Dian Kristiandi, pada sosialisasi pencegahan penyebaran Covid-19 di Kecamatan Bangsri. (Foto: Diskominfo Jepara)

Bupati Jepara Dian Kristiandi, pada sosialisasi pencegahan penyebaran Covid-19 di Kecamatan Bangsri. (Foto: Diskominfo Jepara)

NYATANYA.COM, Jepara – Para tokoh masyarakat dan agama diminta turun tangan bersama pemerintah, untuk memberikan pemahaman yang benar, terkait informasi hoaks yang beredar di masyarakat. Terutama, informasi tentang vaksinasi Covid-19.

Hal itu disampaikan Bupati Jepara Dian Kristiandi, pada sosialisasi pencegahan penyebaran Covid-19 di Kecamatan Bangsri, Rabu (29/9/2021).

Bupati menyampaikan, pihaknya masih menjumpai masyarakat yang tidak mau divaksin. Narasi hoaks yang mereka terima, adalah vaksinasi ini berbahaya dan dapat menyebabkan kematian.

Baca juga   Menteri Nadiem Apresiasi Gibran dalam Pelaksanaan PTM

Menurutnya, gangguan informasi tersebut, berpotensi menciptakan keraguan di tengah masyarakat. Sehingga, harus dilawan dengan informasi yang benar dan mudah dipahami.

“Jangan sampai narasi hoaks ini lebih dipercaya daripada narasi yang dibangun oleh pemerintah,” jelas Andi, sapaan akrabnya.

Disampaikan, hingga saat ini, vaksinasi di Jepara tahap I tercapai 27,4 persen, sedangkan tahap II baru sekitar 15 persen. Andi berharap, semangat masyarakat untuk vaksin harus tetap terjaga, dan jangan terpengaruh kabar tidak benar terkait vaksinasi, yang dapat melunturkan semangat mereka.

Baca juga   Dipantau Jokowi, Ribuan Siswa di Salatiga Ikuti Serbuan Vaksin Nasional

Bupati menambahkan, saat ini, banyak godaan untuk tidak melaksanakan prokes, bahkan ada yang mulai abai. Untuk itu, Andi berharap, tokoh masyarakat dan agama tetap teguh, dan memberikan contoh menerapkan prokes.

“Kita harus teguh dalam prokes. Ketika kita datang di hajatan tetap pakai masker. Jangan meniru yang tidak memakai masker. Kalau perlu kita malah harus mengingatkan,” ungkapnya. (*)

Share :

Baca Juga

Pemerintah masih memperpanjang masa pembebasan denda atau sanksi pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan bagi wajib pajak hingga 31 Desember 2021. (Foto: Diskominfo Klaten)

News

Asyik! Penghapusan Sanksi Denda PBB Diperpanjang Hingga 31 Desember 2021
(ilustrasi: nyatanya.com)

News

Update Covid-19 Hari Ini, DIY Tambah 1.465 Kasus Positif
Cara Pemkot Solo melakukan percepatan vaksinasi menggunakan layanan bus keliling. (Foto: nyatanya.com/Humas Jateng)

News

Bisa Ditiru Nih, Vaksinasi dengan Bus Keliling di Solo
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X memberikan keterangan pers usai gelar rapat tertutup terkait PPKM Darurat. (Foto: nyatanya.com/Prastyawan)

News

Tindaklanjuti PPKM Darurat Jawa-Bali, Sri Sultan HB X Gelar Rapat Tertutup
Logo Provinsi Jawa Tengah. (Ilustrasi: nyatanya.com)

News

‘Gedor Lakon’, Gerakan Donor Plasma Konvalesen di Jawa Tengah
Dengan menerapkan sistem digitalisasi pasar, para pedagang justru akan semakin dipermudah dalam melayani pembeli. (Foto: Diskominfo Batang)

News

Sudah Saatnya Pedagang Tradisional Masuki Digitalisasi Pasar
vaksinasi Covid-19 yang kedua sebanyak 1.000 dosis digelar DPC Projo Temanggung di kantor Desa Rejosari, Kecamatan Pringsurat, Kamis (21/10/2021). (Foto: MC TMG)

News

Percepat Vaksinasi, DPC Projo Temanggung Gelar Vaksinasi Tahap Kedua
(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Pasien Sembuh Covid-19 di Magelang Tambah 248, Tersebar di 18 Kecamatan