Home / Peristiwa

Sabtu, 15 Januari 2022 - 06:31 WIB

Bersama Pemda DIY, Garuda Indonesia Dukung Pemasaran UMKM

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, menerima kunjungan Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan Yogyakarta (14/1/2022). (Foto: Humas Pemda DIY)

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, menerima kunjungan Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan Yogyakarta (14/1/2022). (Foto: Humas Pemda DIY)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, menerima kunjungan Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan Yogyakarta (14/1/2022).

Kunjungan dilaksanakan dalam rangka koordinasi terkait insiatif yang dilakukan Garuda Indonesia untuk mendorong ekspor serta pemasaran UMKM di Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Menurut pemaparan Irfan, Sri Sultan sangat mendukung serta memberi banyak masukan tidak hanya untuk Garuda Indonesia, tetapi juga dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi dan ekspor UMKM.

Pihak Pemda DIY dan Garuda Indonesia akan saling melihat peluang yang ada dan sepakat fokus pada UMKM sebagai tonggak pertumbuhan ekonomi di Yogyakarta.

“Kami mendukung kerja sama dengan Pemda DIY untuk bisa lebih meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan melewati pandemi ini dengan sebaik-baiknya,” kata Irfan.

Salah satu upaya yang sudah dilakukan adalah melakukan penerbangan kargo langsung dari Semarang ke Singapura. Selain itu, poin lain yang didiskusikan juga berkaitan dengan excess baggage atau tarif kelebihan bagasi dan berat bawaan penumpang.

Baca juga   Pemkab Kulon Progo Uji Coba Pembukaan Kawasan PKL Alun-Alun

“Kami saat ini mendorong pada para pengunjung Yogyakarta untuk bisa menggunakan fasilitas penerbangan dengan excess baggage, karena kita tekan harganya semurah mungkin,” ungkap Irfan.

General Manager Garuda Indonesia Kantor Cabang Yogyakarta Dian Ediono, menambahkan bahwa pertumbuhan Garuda Indonesia selama pandemi dilakukan bersama-sama dengan para stakeholder, termasuk eksportir yang siap mengirim barang.

Oleh karena itu, program excess baggage dengan tarif yang tidak mahal ini juga penting untuk diumumkan dan disampaikan kepada tempat dan pelaku usaha oleh-oleh yang berada di Yogyakarta.

Garuda Indonesia akan membantu penerbangan dan ekspor bagi UMKM, baik di lingkup domestik maupun internasional.

“Supaya, seperti yang disampaikan oleh Pak Dirut tadi, Garuda Indonesia mendukung sepenuhnya mobilitas kunjungan wisatawan maupun orang yang mengantar keluarga dan mahasiswanya datang ke Yogyakarta. Baliknya biar bawa oleh-oleh sebanyak-banyaknya,” ungkap Dian.

Baca juga   Buka Peluang Pasar, Petani Banyumas Panen Raya Kedelai

Dengan begitu, kebijakan ini tidak hanya berdampak dirasakan penerbangan, tetapi juga UMKM dan pengusaha-pengusaha kecil yang ada di Yogyakarta.

Selain itu penerbangan Garuda Indonesia ke YIA Kulon Progo akan terus ditingkatkan dengan kondisi yang ada. Jika situasi semakin membaik dan Covid-19 semakin terkendali, diperkirakan jumlah pengunjung ke Yogyakarta akan semakin meningkat.

Irfan menyebutkan bahwa Garuda akan terus memonitor ekspor dan jumlah penerbangan.

“Dulu kan kita satu hari sepuluh kali penerbangan, saat ini masih dua. Tentu akan kita tingkatkan perlahan-lahan,” ungkap Irfan. Ia juga meluruskan bahwa Garuda Indonesia tetap membuka penerbangan internasional dan rute Jogja-Bali.

“Kita tidak pernah menutup penerbangan internasional. Kita memang agak batasi, tetapi tetap ada,” pungkas Irfan.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Ketua Umum Palang Merah Indonesia Jusuf Kalla melantik jajaran pengurus PMI DIY untuk masa bakti tahun 2021-2026 di Bangsal Kepatihan, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta pada Jumat (8/10/2021) malam. (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

JK Lantik Pengurus PMI DIY 2021-2026
Tempat isolasi terpusat ini terwujud berkat gotong-royong para Kades di Kecamatan Karangdowo, Klaten. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Kades di Karangdowo Patungan Bikin Tempat Isolasi Terpusat
Sri Sultan Hamengku Buwono X, usai melantik sepuluh pejabat Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Pemda DIY. (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

Ini 10 Pejabat Baru Pemda DIY yang Dilantik Gubernur
Gibran Rakabuming membuka gelaran Solo Great Sale 2021. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Targetkan Transaksi Rp800 Miliar, Solo Great Sale 2021 Resmi Dibuka
Bus Trans Jateng melintas di Halte Kembanglimus Borobudur Kabupaten Magelang. (Foto: humas/beritamagelang)

Peristiwa

Tingkatkan Layanan, Rute Trans Jateng Kini Dilengkapi Halte
PT Angkasa Pura/AP I (persero) melalui anak usaha Angkasa Pura (AP) Logistik pada Rabu, 1 Desember 2021 meresmikan pembukaan rute kargo internasional perdana Makassar - Singapura. (Foto: Angkasa Pura I)

Peristiwa

AP Logistik Buka Penerbangan Kargo Makasar – Singapura
Pelakasanaan vaksinasi di Desa Madu Kecamatan Mojosongo. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Kab.Boyolali)

Peristiwa

Warga Lereng Merapi Terima Vaksinasi Tahap Kedua
(Ilustrasi: nyatanya.com)

Peristiwa

11 Warga Bandongan Sembuh Covid-19