Home / Plus

Sabtu, 18 September 2021 - 11:08 WIB

Bersepeda Keliling Indonesia, Fahmi dan Lukman Kampanyekan Menanam Pohon

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi menerima bibit pohon dari Fahmi Ali dan Lukman, yang berkeliling Indonesia mengkampanyekan menanam pohon. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi menerima bibit pohon dari Fahmi Ali dan Lukman, yang berkeliling Indonesia mengkampanyekan menanam pohon. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Berbagai upaya dilakukan untuk menjaga lingkungan dan menghijaukan bumi. Salah satu yang mudah dilakukan adalah menanam pohon. Meski demikian, agaknya tak semua memiliki kesadaran yang sama untuk melakukannya.

Adalah Fahmi Ali dan Lukman, dua pemuda asal Bogor Jawa Barat ini punya cara unik untuk membangkitkan kesadaran masyarakat untuk menanam pohon dengan cara tak biasa.

Mereka berdua gencar mengkampanyekan menanam pohon dengan cara bersepeda berkeliling Indonesia. Perjalanan keliling Indonesia untuk mengkampanyekan kesadaran masyarakat menanam pohon itu dilakukannya sejak awal Agustus 2021 lalu.

“Kami hanya ingin memberi pesan ke anak muda bahwa alam harus lestari. Jangan sampai justru kita sendiri yang merusaknya,” ungkap Fahmi saat tiba di Yogyakarta.

Baca juga   “Rumit The Series”, Kejutan Terbaru dari Langit Sore

Setibanya di Yogyakarta, secara simbolis keduanya menyerahkan bibit pohon kepada Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi di Balaikota Yogyakarta, Jumat (17/9/2021).

Ia mengungkap bahwa Kota Yogyakarta merupakan daerah kedua puluh yang mereka kunjungi dalam aksi penanaman pohon tersebut.

“Setelah dari sini, kami akan melanjutkan perjalanan ke Selo Boyolali, karena di Selo ada kawan kita yang akan melakukan pembibitan pohon,” urainya.

Dengan diserahkan dua bibit pohon tersebut, mereka berharap kepala daerah maupun para pejabat pemerintahan bisa ikut menyebarluaskan kampanye menanam pohon kepada masyarakat luas.

“Program penghijauan setiap tahun juga harus tetap digencarkan agar kelestarian alam tetap terjaga di tengah kemajuan kota,” katanya.

Baca juga   Kacang Tanah Cegah Penyakit Jantung

Sementara Wakil Walikota Yogya sangat mengapresiasi dua pemuda ini, menurutnya kelestarian alam bukan hanya menjadi tanggungjawab personal melainkan semua pihak baik anak muda maupun orangtua.

Rencananya dua bibit tanaman yang ia terima tersebut akan ditanam di kompleks Balaikota. Ia mengungkap bahwa program penghijauan juga terus di galakan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta.

“Tidak sekadar berupa penanaman pohon perindang melainkan hingga pembelian lahan kosong milik warga untuk digunakan sebagai ruang publik,” jelasmya.

Lahan yang dibeli Pemkot Yogya, lanjutnya, lantas ditanami sejumlah pohon serta dibangun fasilitas pendukung dan dikembalikan pemanfaatannya ke warga. (*)

Share :

Baca Juga

Foto: Dok.UGM

Plus

Bawa Pulang 13 Medali, UGM Juara Umum 3 ON MIPA 2022
Ilustrasi: nyatanya.com

Plus

Kasus Baru Covid-19 di 17 Provinsi Alami Peningkatan, Lima Provinsi Catat Angka Tertinggi
Ilustrasi. YPSSI memberikan santunan kepada pengguna layanan Maxim di Jogja yang mengalami kecelakaan. (Dok.Maxim)

Plus

YPSSI Berikan Santunan kepada Pengguna Layanan Maxim yang Kecelakaan di Jogja
Indra Prawita Alam saat membagikan rahasia bisnisnya. Foto: Ist

Plus

Viral Pebisnis Asal Wonosobo Blak-blakan Bagikan Ilmu Bisnis, Ini Link-nya Lur
Christanti Handayani Zaenal Arifin saat mendampingi putranya pada kelulusan SMA Taruna Nusantara angkatan Ke-30 di Gedung Balirung. (Foto: Ist/beritamagelang)

Plus

Angkatan Ke-30 SMA Taruna Nusantara Lulus 100 Persen
Telkom akan memiliki data center berbasis energi biru yang efisien dan ramah lingkungan pada 2024 mendatang. Foto: Humas BUMN

Plus

Telkom Targetkan Miliki Data Center Ramah Lingkungan di 2024
Foto: MC Kab. Blora

Plus

Kesenian Barongan Blora, Media Sosialisasi Ketentuan di Bidang Cukai Tembakau
Kapuspem Proserti BPSDM Kominfo, Hedi M Idris, dalam Graduation Day 2023 Professional Academy & Talent Scouting Academy Digital Talent Scholarship Kominfo di Depok, Jawa Barat, pada Sabtu(2/12/2023). Foto: Wahyu Sudoyo/InfoPublik

Plus

Kominfo Ajak Generasi Muda Budayakan Belajar Sepanjang Hayat di Bidang Digital