Home / News

Sabtu, 16 Oktober 2021 - 22:37 WIB

Bersinergi Tangani Covid-19, Warga Tegalrejo Swadaya Beli Ambulans

Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi meluncurkan ambulans tim relawan Garda Wiratama. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi meluncurkan ambulans tim relawan Garda Wiratama. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Sinergi dalam penanganan Covid-19 terus dibangun antara Pemerintah Kota (Pemkot) Yogya dan masyarakat. Salah satunya dilakukan masyarakat Kelurahan Tegalrejo yang tergabung dalam tim relawan Garda Wiratama dalam mewujudkan pembelian satu unit ambulans.

Ketua tim relawan Garda Wiratama, Heru Kuswanto mengatakan satu unit ambulans tersebut adalah hasil dari swadaya warga Kelurahan Tegalrejo.

“Mobil ambulans ini adalah untuk kepentingan warga yang membutuhkan bantuan di saat darurat, selain itu juga untuk mengoptimalisasikan layanan kesehatan masyarakat,” katanya, Sabtu (16/10/2021).

Pihaknya mengungkapkan ambulans tersebut nantinya tidak hanya diperuntukkan untuk warga Kelurahan Tegalrejo saja, namun seluruh warga Kota Yogya dapat menggunakannya.

“Ambulans ini tidak hanya untuk membantu warga Kelurahan Tegalrejo saja, tetapi juga untuk seluruh warga Kota Yogya, siapapun dapat memanfaatkan ambulan ini,” jelasnya.

Baca juga   Wakil Walikota Yogyakarta Resmikan Talud Juminahan

Ia menjelaskan terbentuknya Tim Garda Wiratama bermula dari pelatihan Kampung Tangguh Bencana (KTB) pada Mei 2021.

“Setelah itu berkembang seiring dengan kebutuhan dalam penanganan Covid-19. Ada berbagai kegiatan yang dilakukan mulai dari edukasi perilaku sesuai protokol kesehatan, sampai pemakaman jenazah Covid-19,” bebernya.

Tim Garda Wiratama lanjutnya, memiliki komitmen untuk selalu berpartisipasi dalam meningkatkan kesehatan dan pelayanan kepada masyarakat.

“Para anggota relawan ini berergabung murni karena panggilan hati nurani,” katanya.

Sementara itu, Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh warga Kelurahan Tegalrejo.

Baca juga   Pertama Kali, Indonesia Terima Donasi Vaksin Covid-19 dari Selandia Baru

“Sikap gotong royong warga Kelurahan Tegalrejo ini patut ditiru, mereka melakukan penggalangan dana untuk membeli mobil ambulans tanpa harus menunggu bantuan datang,” katanya.

Wawali mengatakan sejak awal pandemi Covid-19 menyerang Kota Yogya, Pemkot Yogya selalu melibatkan warga masyarakat dalam penanganannya.

“Dengan mengajak masyarakat turut serta dalam penanganan Covid-19, bencana Covid-19 akan lebih mudah teratasi dan masyarakat dapat beradaptasi dengan kondisi yang ada sekaligus menemukan caranya sendiri untuk bangkit dari kondisinya,” katanya.

Ia berharap kedepan akan lebih banyak lagi tim yang berkontribusi dalam penanganan bencana.

“Sejauh ini peran relawan di Kota Yogya sudah sangat baik dan membantu penanganan bencana, termasuk Covid-19,” ungkapnya. (*)

Share :

Baca Juga

Ganjar Pranowo. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

News

Ganjar Pranowo: Serapan Anggaran Covid Jateng 17,28% Bukan 0,15%
Presiden Joko Widodo melantik dan mengambil sumpah jabatan Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/10/2021). (Foto: BPMI)

News

Presiden Jokowi Melantik Dewan Pengarah BRIN
Bantuan senilai masing-masing Rp1,2 juta itu disalurkan oleh Kodim 0714 kepada 6.500 PKL dan pemilik warung di Semarang dan Salatiga. (Foto:MC Kab Semarang)

News

Ribuan PKL di Semarang dan Salatiga Terima Bantuan Uang Tunai
Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya di DIY, melihat langsung pelaksanaan vaksinasi di sejumlah tempat. (Foto: Penrem 072/Pamungkas)

News

Kunjungan Kerja ke DIY, Presiden Ingin Pastikan Vaksinasi Terus Bergulir
Lewat inovasi layanan administrasi kependudukan Tanduk Katah (penerbitan dokumen kependudukan setelah akad nikah), pasangan pengantin tak perlu mengurus KK dan KTP, karena langsung diproses petugas KUA. (Foto: Diskominfo Klaten)

News

Top Markotop! Akad Nikah di Klaten, Langsung Dapat KK dan KTP Baru
Petugas BPBD Kabupaten Ketapang melakukan pendataan tinggi muka air di Desa Mayak, Ketapang, Kalimantan Barat, Kamis (11/11). (Foto: BPBD Ketapang)

News

Puluhan Ribu Warga Terdampak, Banjir Ketapang Sejak Oktober Belum Surut
Objek Diduga Cagar Budaya (ODCB) tersebut dipindahkan dari lahan milik masyarakat seperti areal persawahan, perkebunan, hingga tepi jalan umum ke Monumen Juang. (Foto: Diskominfo Klaten)

News

Disparbudpora Klaten Selamatkan 11 Objek Diduga Cagar Budaya
Rekaman awan panas guguran Merapi tanggal 5 Agustus 2021 pukul 08.05 WIB. (Foto: BPPTKG)

News

Gunung Merapi 5 Kali Semburkan Awan Panas ke Arah Barat Daya