Home / Peristiwa

Senin, 16 Agustus 2021 - 22:21 WIB

Besok Pagi Siap Bertugas, Paskibraka Kota Yogya Dikukuhkan

Paskibraka Tahun 2021 Kota Yogyakarta resmi dikukuhkan. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

Paskibraka Tahun 2021 Kota Yogyakarta resmi dikukuhkan. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tahun 2021 di Grha Pandawa Balaikota Yogyakarta, Senin (16/8/2021).

Upacara Peringatan HUT RI kali ini menjadi tahun kedua yang dilaksanakan dalam kondisi pandemi. Meskipun sama, nantinya sebanyak 38 siswa-siswi siap mengibarkan bendera Sang Merah Putih pada upacara peringatan HUT Ke-76 RI.

“Di tahun ini pendaftar Paskibraka sendiri mencapai 300 pendaftar. Namun yang terseleksi sebanyak 46 siswa dan siswi. Untuk 4 pasang paskibraka atau 8 siswa siswi nantinya akan kita kirim ke tingkat Provinsi untuk menjadi Paskibraka tingkat D.I Yogyakarta, maka untuk Kota Yogyakarta sendiri 38 siswa dan siswi yang akan bertugas esok hari,” kata Kapala Seksi Pembinaan Kepemudaan, Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta, Husni Eko Prabowo.

Baca juga   30 Kader di Sleman Diharapkan Hidupkan Pancasila di Masyarakat

Husni Eko Prabowo menjelaskan, siswa dan siswi yang sudah dikukuhkan menjadi Paskibraka ini mulai 10-19 Agustus 2021 memasuki fase karantina di Asrama Wisma Sargede.

“Nantinya pelaksanaan pengibaran bendera akan dilaksanakan pada pukul 07.00 WIB (besok pagi). Selanjutnya untuk pelaksanaan penurunan bendera akan dilaksanakan pada pukul 17.00 WIB. Semua peserta yang tergabung dalam paskibraka ini sudah melalui seleksi dan terpilih dari siswa dan siswi SMA/SMK/Madrasah yang nantinya akan bertugas sebagai Paskibraka Pemerintah Kota Yogyakarta tahun 2021,” jelasnya.

Namun pada tahun ini adanya keterbatasan anggota maka masing-masing sekolah hanya bisa mendaftarkan siswa dan siswinya lima pasang saja disetiap sekolah dalam mengikuti Paskibraka 2021.

Baca juga   Pelaku Wisata Kabupaten Magelang Selatan Terima Bantuan Sembako

“Untuk pengibaran dan penurunan bendera pada 17 Agustus, Pemkot Yogyakarta yang biasanya memberi kesempatan kepada orang tua paskibraka, kepala sekolah dan tamu undangan pada saat upacara itu tidak kita undang secara langsung tetapi tetap kita beri undangan namun kesempatan untuk dapat melihat langsung hanya bisa dilihat secara streaming di Youtube Pemkot Yogyakarta,” ujarnya.

Ia berharap dengan semangat 17 Agustus 1945 dengan adanya kondisi pandemi saat ini siswa dan siswi paskibraka yang terpilih tetap memiliki semangat baik untuk peserta maupun warga yang melihat secara daring.

“Semoga semangat adik-adik untuk menjiwai kemerdekaan ini akan tetap tersampaikan lebih dalam, terlebih untuk mencinta bangsa negara dan tanah air Indonesia,” ujarnya. (*)

Share :

Baca Juga

Pemerintah Kabupaten Wonogiri menerima bantuan 100 buah konsentrator oksigen dari Pemerintah Kota Surakarta. (Foto:Kominfo Wonogiri)

Peristiwa

Wonogiri Terima 100 Konsentrator Oksigen dari Pemkot Surakarta
Serma Acip berikan pendampingan saat pelaksanaan vaksinasi tahap dua di Kelurahan Balecatur. (Foto: dokumentasi Koramil Gamping)

Peristiwa

Serma Acip Dampingi dan Pantau Prokes Vaksinasi di Kelurahan Balecatur
Ganjar Pranowo. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

Peristiwa

Perusahaan Diminta Tegakkan Aturan WFH Karyawan
Ilustrasi vaksin Covid-19 bagi ibu hamil. (Foto:dokumentasi/humas kab bantul)

Peristiwa

1.100 Ibu Hamil Jadi Sasaran Vaksin Pemkot Yogya
Selain terus memberikan edukasi akan pentingnya prokes, Pemkab Wonosobo juga memberikan bantuan sembako kepada warga masyarakat. (Foto: Humas Wonosobo)

Peristiwa

Pemkab Wonosobo Gencar Lakukan Edukasi Prokes Kepada Masyarakat
Bupati Sukoharjo, Hj Etik Suryani SE MM menyerahkan bantuan untuk dua anak yatim piatu dari Desa Manang, Grogol. (Foto: Humas Pemkab Sukoharjo)

Peristiwa

Bupati Etik Serahkan Bantuan untuk Anak Yatim Covid-19
Rapat Koordinasi bersama Direktur Rumah Sakit se-Kabupaten Cilacap, Kamis (15/7/2021). (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Cilacap)

Peristiwa

Cilacap Tambah 150 Tempat Tidur untuk Pasien Covid-19
Empat pemuda ini dihukum push up setelah kedapatan mancing tengah malam di saat PPKM Darurat. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Mancing Tengah Malam Kena Operasi PPKM Darurat, Push Up Dehh…