Home / Peristiwa

Sabtu, 17 Juli 2021 - 10:21 WIB

Bidan Desa Door to Door Pantau Pasien Covid-19

Bidan Sri Susilowati sedang memeriksa dan memberikan bantuan terhadap pasien Covid-19 tanpa gejala yang lakukan isoman di Dukuh Jlegong, Desa Banyuurip, Kecamatan Klego. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Boyolali)

Bidan Sri Susilowati sedang memeriksa dan memberikan bantuan terhadap pasien Covid-19 tanpa gejala yang lakukan isoman di Dukuh Jlegong, Desa Banyuurip, Kecamatan Klego. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Boyolali)

NYATANYA.COM, Boyolali – Masa pandemi Covid-19, keterlibatan semua elemen dari berbagai bidang sangat diperlukan. Salah satu peran aktif yang dibutuhkan adanya bidan desa yang mendukung penerapan Satgas Jogo Tonggo di bidang kesehatan. Hal ini karena bidan desa merupakan garda terdepat untuk menggerakan masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan Covid-19 di desa.

Diungkapkan Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Boyolali, Sri Haryanti bahwa peran bidan desa kini ikut berperan dalam melakukan monitoring pasien terkonfirmasi positif Covid-19, dimulai dari pendataan anggota IBI yang terpapar Covid-19.

“Melakukan pendataan kepada anggota IBI yang terpapar Covid-19 kemudian melaporkan anggota IBI yang terkonfirmasi Covid-19 secara berjenjang,” terangnya Kamis (15/7/2021).

Baca juga   Baksos Bhayangkara Polres Magelang Bagikan 2 Ton Beras

Hal tersebut juga ditegaskan bidan yang bertugas di Puskesmas Klego II, Sri Susilowati yang menurutnya kini bidan terutama bidan desa mendapatkan ilmu dan pengetahuan baru mengenai Covid-19. Saat ini, bidan desa mempunyai andil dalam melakukan pelacakan kepada kontak erat pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

“Hasil tracking tersebut dilaporkan pada surveilans untuk dilakukan penjadwalan pemeriksaan antigen selanjutnya. Kami juga melakukan pendampingan saat keluarga kontak erat yang terkonfirmasi melakukan pemeriksaan antigen dengan memastikan benar-benar datang untuk melakukan pemeriksaan antigen,” ungkapnya.

Setelah melalui pemeriksaan antigen dan dinyatakan positif, bidan desa akan melakukan pendampingan baik kepada pasien bergejala maupun pasien yang tidak bergejala.

Baca juga   Bantul Borong 6 Penghargaan di TOP BUMD Awards 2021

“Yang tidak bergejala kita dampingi dengan vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh keluarga, yang bergejala kita beri obat sesuai dengan gejala yang dikeluhan,” katanya.

Selain melakukan pendampingan kepada keluarga pasien terkonfirmasi, bidan desa juga melakukan pendampingan pasien hingga merujuk ke rumah sakit untuk pasien umum, ibu hamil dan ibu bersalin. Pihaknya juga melakukan pendampingan apabila ditemukan kasus meninggal dunia akibat Covid-19.

“Kami juga melaksanakan pendampingan dan kegiatan untuk kasus kasus yang kebetulan ada yang meninggal dengan terkonfirmasi,” pungkasnya. (*)

Share :

Baca Juga

Korpri Peduli Kabupaten Temanggung. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

Peristiwa

Korpri Temanggung Bantu Korban Kebakaran Desa Bonjor
Pemkot Yogyakarta canangkan PKK Bangga Kencana Kesehatan. (Foto: Humas pemkot Yogyakarta)

Peristiwa

Pemkot Yogya Canangkan PKK Bangga Kencana Kesehatan
Bupati Kendal Dico M Ganinduto saat memantau pelaksanaan vaksinasi di Pondok Pesantren Apik Kaliwugu. (Foto: Diskominfo Kendal)

Peristiwa

1.000 Santri Apik Kaliwungu Divaksin
Bupati Hj Etik Suryani saat meninjau pelaksanaan vaksinasi yang digelar Polres Sukoharjo di Sentra Niaga, Solo Baru. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkab Sukoharjo)

Peristiwa

Masih Jauh dari Target, Pemkab Sukoharjo Jalin Sinergi Genjot Vaksinasi
Seorang warga binaan Rumah Tahanan Kelas II-B Kabupaten Temanggung terpaksa dibantu temannya, karena takut. (Foto: Diskominfo Temanggung)

Peristiwa

Warga Binaan Lapas Temanggung Ini Histeris Saat Vaksinasi
20 perwakilan PKK se-kabupaten Bantul mengikuti pelatihan pengolahan ikan yang digelar oleh Dinas Kelautan dan Perikanan DIY. (Foto: Humas Pemkab Bantul)

Peristiwa

Kampanyekan Gemar Makan Ikan, PKK Bantul Gelar Pelatihan Pengolahan Ikan
Kepala Disnakkeswan Jawa Tengah, Lalu Muhammad Syafriadi. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Panitia Penyembelihan Kurban Harus Patuhi Prokes
Sosialisasi dan pelatihan aplikasi Si Asmara. (Foto: Diskominfo Temanggung)

Peristiwa

Si Asmara, Aplikasi Surat Menyurat Terobosan Dinkes Temanggung