Home / Plus

Jumat, 8 April 2022 - 00:50 WIB

Bidik Pasar Data Center, Strategi Telkom Perkaya Ekonomi Digital di Indonesia

Foto: Dok.Telkom/MC Diskominfo Prov Jatim

Foto: Dok.Telkom/MC Diskominfo Prov Jatim

NYATANYA.COM, Surabaya – Sebagai salah satu operator terbesar di Indonesia yang telah bertransformasi menjadi digital telco company, PT Telkom ambil bagian dalam menjawab tantangan perkembangan industri pertelekomunikasian.

Strategi yang dimanfaatkan Telkom dalam hal ini adalah dengan bermain di pasar data center.

Direktur Wholesale & International Service Telkom, Bogi Witjaksono, Kamis (7/4/2022) dalam keterangannya mengatakan, bahwa permintaan pasar data center di Indonesia tumbuh sangat pesat dengan proyeksi mencapai 1.576 Mega Watts (MW) hingga tahun 2030.

Telkom akan melayani lini bisnis ini melalui anak usaha baru. “Ke depan, Telkom melayani bisnis data center melalui anak usahanya dengan brand NeutraDC,” ujar Bogi.

Baca juga   Jaburan, Tradisi Ramadan yang Masih Eksis Hingga Sekarang

Menurut Bogi, NeutraDC akan menjadi brand anak usaha baru yang menjalankan bisnis data center dari level hyperscale hingga edge.

Sebagai upaya untuk menangkap pangsa pasar hyperscaler, saat ini NeutraDC sedang mempercepat proses pembangunan hyperscale data center yang pertama di Cikarang.

Lebih lanjut Bogi menjelaskan bahwa NeutraDC akan menyediakan infrastruktur data center yang memadai dengan jaminan keamanan super ketat hingga 8 layer serta desain dan operasi berstandar global dengan sertifikasi Uptime Tier III & IV.

Dengan dukungan infrastruktur connectivity Telkom, NeutraDC menawarkan layanan connectivity yang andal dengan cakupan terluas dan terbesar di Indonesia.

Selain itu, kehadiran layanan Internet Exchange (IX) dan Seamless DC akan menambah keragaman ekosistem data center yang lengkap.

Baca juga   Perbaikan SKKL, Menkominfo: Layanan Telekomunikasi di Papua untuk Kebutuhan Prioritas

“Harapannya, ke depan NeutraDC akan menjadi data center provider yang akan mendorong percepatan digitalisasi pelanggan serta mendukung akselerasi ekonomi digital nasional ataupun global,” kata Bogi.

Tidak berhenti sampai di situ, dalam rangka memperkaya ekonomi digital di Indonesia, Telkom menjadi salah satu penyedia layanan Content Delivery Network (CDN) terbaik di Indonesia melalui neuCentrlX.

Sedikitnya ada 3 (tiga) model bisnis CDN yang ditawarkan Telkom. Pertama, Web-Accelerator yang diklaim sangat cocok untuk situs web yang memerlukan akses ke akselerator seperti platform e-niaga, portal, platform informasi, dan platform konten yang dibuat pengguna.

(non/jal)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Foto: Kemendikbudristek

Plus

Keseruan Kontestan IOI: Pelajari Kesenian Indonesia hingga Diskusi Perkembangan Teknologi
Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya membuka penyelenggaraan UKW ke-9 PWI DIY, Jumat (4/11/2022). Foto: Humas Pemkot Yogya

Plus

Sekda Kota Yogya Buka Uji Kompetensi Wartawan ke-9 PWI DIY di Forriz Hotel
Kolonel Eko Daryanto. (Foto: istimewa)

Plus

Kolonel Eko: Jadi Tentara Tidak Bayar, Kalau Alami Buta Warna Ikhtiarkan Sembuh di Banyu Urip Dulu 
Endang Rohjiani sukses budidayakan maggot. Dengan usahanya ini ia bisa menekan pembuangan dua ton sampah organik per hari. Foto: Humas Pemkot Yogya

Plus

Endang Rohjiani, Ratu Winongo Pejuang Lingkungan yang Tak Melupakan Perannya sebagai Seorang Ibu
Secara simbolis secara simbolik Romo VIKEP Kevikepan Yogyakarta Barat membuka kegiatan Tarcisius Cup I dengan memukul gong tujuh kali. Foto: Ist

Plus

Tarcisius Cup Jogja Barat: Berbenah, Berubah dan Berbuah dalam Kebersamaan
Kafilah atau kontingen Kota Yogyakarta mewakili DIY di MTQ Nasional ke-29 pada 10 hingga 19 Oktober 2022 mendatang di Kalimantan Selatan (Kalsel). Foto: Humas Pemkot Yogya

Plus

Kota Yogyakarta Wakili DIY di Ajang MTQ Nasional ke-29 di Kalsel
Pemkab Temanggung mewujudkan lansia tangguh, sehat, aktif dan produktif melalui Sekolah Lanjut Usia (Lansia) ‘Senja Sejahtera”. Foto: MC.TMG

Plus

Berdayakan Lansia, Temanggung Buka Sekolah Senja Sejahtera
Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2022, di Desa Keling, Jumat (25/2/2022). Pemuda Desa Keling mampu membuat tempat pengolahan sampah (TPS) modern, dengan sistem reduce, reuse, dan recycle (3R). (Foto: Dian/ Diskominfo Jepara)

Plus

Modal Rp1 Juta, Pemuda Desa Keling Bangun TPS Modern