Home / Peristiwa

Rabu, 2 Maret 2022 - 23:37 WIB

Bikin Akta Kelahiran Makin Mudah dengan ‘Kado Ananda’ di Akun JSS

Dengan 'Kado Ananda' pemohon akta kelahiran bisa mendapatkan dua dokumen sekaligus yaitu perubahan Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Identitas Anak (KIA) yang bisa dilakukan secara online melalui akun Jogja Smart Service (JSS). (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Dengan 'Kado Ananda' pemohon akta kelahiran bisa mendapatkan dua dokumen sekaligus yaitu perubahan Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Identitas Anak (KIA) yang bisa dilakukan secara online melalui akun Jogja Smart Service (JSS). (Foto: Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Kini membuat akta kelahiran semakin mudah. Pemkot Yogya melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kota Yogyakarta memiliki program “Kado Ananda”.

Dalam program tersebut pemohon akta kelahiran bisa mendapatkan dua dokumen sekaligus yaitu perubahan Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Identitas Anak (KIA) yang bisa dilakukan secara online melalui akun Jogja Smart Service (JSS).

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dindukcapil Kota Yogyakarta Septi Sri Rejeki, Rabu (2/3/2022).

Hingga saat ini Dindukcapil Kota Yogyakarta sudah bekerjasama di 19 rumah sakit di Daerah Istimewa Yogyakarta untuk mendapatkan akta kelahiran secara langsung yang diberikan seusai persalinan.

“Dengan Kado Ananda ini dapat mempermudah masyarakat dalam mengurus akta kelahiran berdasarkan domisili. Dulunya kami hanya bekerjasama di lima rumah sakit, namun sekarang diperluas menjadi 19 rumah sakit agar mempermudah masyarakat membuat dokumen akta kelahiran,” katanya.

Baca juga   Penyanyi Cilik Kinan Syafiri Debut Single "Teman Terbaik"

Melalui akun JSS nantinya pembuatan akta kelahiran dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun untuk mempermudah masyarakat dalam membuat sebuah dokumen kependudukan.

“Kini cara mendapatkan akta kelahiran dapat melalui akun JSS yang bisa di download di playstore. Warga yang memiliki JSS bisa mendaftarkan dengan dibantu oleh keluarga, kelurahan, kemantren, Mall Pelayanan Publik atau bisa datang langsung ke Dindukcapil Kota Yogyakarta,” ujarnya.

Septi mengungkapkan, jika warga Kota Yogyakarta sudah memiliki akun JSS nantinya dapat membuat dokumen akta kelahiran dengan menggunakan menu Kependudukan dan Catatan Sipil lalu klik menu akta kelahiran.

Baca juga   Viral Harimau Tertangkap, Wagub Audy: Harimau Sudah di Pusat Rehabilitasi Dharmasraya

Selanjutnya pemohon akan diarahkan untuk melengkapi persyaratan dengan mengisi formulir yang dibutuhkan untuk pembuatan dokumen akta kelahiran.

Untuk persyaratan yang dibutuhkan lainnya dalam pembuatan akta kelahiran ini meliputi buku nikah orang tua, KTP, dan KK. Setelah semua syarat terpenuhi dan di upload di akun JSS, maka warga tinggal menunggu persetujuan dari Dindukcapil Kota Yogyakarta.

“Kami memberikan waktu untuk masyarakat dalam melengkapi dokumen yang diperlukan. Setidaknya jika sudah sesuai persyaratan akta kelahiran bisa selesai dalam satu hari. Namun jika persyaratan belum lengkap dan dari Dindukcapil Kota Yogya belum acc, maka maksimal pengerjaan hingga empat hari tergantung antrian yang masuk di kami,” jelasnya.

(N1)

Share :

Baca Juga

Dua dosen UMY, Jati dan Arni (deretan depan, nomor satu dan dua dari kanan) siap memperjuangkan hak-hak para penyandang disabilitas. (Foto: istimewa)

Peristiwa

Dua Dosen UMY Bakal Perjuangkan Hak-hak Penyandang Disabilitas

Peristiwa

Kasus Pencabulan Guru di Batang, Polisi Dalami Kemungkinan Korban Lain
Petugas melakukan olah kejadian di lokasi penemuan mayat di Srandakan Bantul. (Foto: Dok. Polres Bantul)

Peristiwa

Warga Srandakan Bantul Ditemukan Meninggal di Rumahnya, Ada Bekas Luka Memar di Kepala
Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan saat menghadiri Musyawarah Besar Gereja Pentakosta di Indonesia (GPdI) ke-34 di Hotel Grand Mercure, Jakarta Pusat, Kamis (17/3/2022). (Foto: PPID DKI Jakarta)

Peristiwa

Mubes ke-34 Gereja Pantekosta di Indonesia, Gubernur DKI Tekankan Pentingnya Persatuan
PMI Kota Yogyakarta menggelar donor darah di Masjid Gede Kauman, Selasa (19/4/2022). Foto: Humas Pemkot Yogya

Peristiwa

Antisipasi Kurangnya Stok Kantong Darah, PMI Kota Yogya Gelar Donor Darah Massal
Kapolres Kulonprogo AKBP Muharomah Fajarini, S.H., S.I.K. menyerahkan langsung bantuan kepada pengemudi ojol di wilayah Temon. Foto: @polreskulonprogo

Peristiwa

Bantu Warga Terdampak Kenaikan BBM, Polres Kulonprogo Bagikan Paket Beras untuk Pengemudi Ojol
Tersangka BS (48) dihadirkan dalam konferensi pers atas tindakannya mencuri sapi di wilayah Minggir, Sleman bersama anaknya. (Foto: Istimewa)

Peristiwa

Bapak Satu Ini Payah, Ngajak Anak Nyolong Sapi Limosin di Sleman
Polres Tangerang Selatan (Tangsel) berhasil menggagalkan peredaran narkoba senilai Rp50 miliar. Empat tersangka berhasil diamankan. Foto: ist/tribratanews

Peristiwa

Polres Tangsel Gagalkan Peredaran Narkoba Jaringan Malaysia Senilai Rp50 Miliar, Empat Tersangka Diamankan