Home / Peristiwa

Kamis, 21 Oktober 2021 - 22:23 WIB

Bikin Penasaran! Ini Hasil OTT yang Dilakukan Komika Klaten

Salah satu anggota Komika Klaten menunjukkan hasil operasi tangkap tawon alias OTT. (Foto: Diskomindo Klaten)

Salah satu anggota Komika Klaten menunjukkan hasil operasi tangkap tawon alias OTT. (Foto: Diskomindo Klaten)

NYATANYA.COM, Klaten – Mendengar kata OTT, orang akan memikirkan tentang operasi tangkap tangan seperti biasa dilakukan pihak penegak hukum. Namun tidak bagi Komunitas Sungai Kalikotes atau Komika Klaten.

Relawan yang aktif pada kegiatan pelestarian sungai di Klaten, khususnya Sungai Kuning (Kecamatan Kalikote) ini ternyata juga sering melakukan OTT. Bukan menangkap terduga kasus korupsi, tapi operasi tangkap tawon.

Seperti yang dilakukan Rabu malam (20/10/2021) sekira pukul 20.00 WIB, sebanyak lima orang relawan Komika berhasil melakukan OTT di salah satu rumah warga di Kerun Baru RT03/14 Belangwetan, Klaten Utara. Rumah tawon yang bertengger di pohon mangga milik warga sebesar kepala orang dewasa itu berhasil dijinakkan dan dimusnahkan.

Baca juga   Aksi Duet Seniman Magelang Gelar Prosesi Larung Covid-19

“Malam ini tim relawan Komika Kalikotes menerima dua aduan warga terkait keberadaan rumah tawon vespa. Satu permintaan di Belangwetan, Klaten Utara dan lainnya di wilayah Kecamatan Wedi. Tim eksekusi dibagi dua. Satu bergerak ke Kecamatan Wedi, dan satu tim bergerak ke Klaten Utara,” kata Maryadi (40) salah satu penggerak Komika saat ditemui di lokasi OTT.

Ia mengatakan, lokasi rumah tawon di ujung dahan sedikit menyulitkan relawan. Beberapa ekor tawon ndas sempat keluar, kemungkinan karena peka gerakan dan cahaya lampu petugas. Namun, akhirnya rumah tawon ukuran kepala dewasa, bisa dijinakkan.

“Jumlah tawon sekitar 50 sampai 60 ekor berhasil kami musnahkan. Jadi relawan Komika selain menjaga kelestarian Sungai Kuning, membantu pemulasaran jenazah Covid-19 di wilayah Kecamatan Kalikotes. Kami juga membantu warga yang membutuhkan untuk menjinakkan tawon ndas,” terangnya seperti dirilis Diskominfo Klaten.

Baca juga   Tak Mampir di Warung, Ganjar Pilih Makan Bekal di Parkiran

Pemilik rumah yang melapor keberadaan tawon ndas di pekarangan rumahnya menjelaskan, dirinya khawatir pada keberadaan tawon yang mematikan tersebut. Letaknya yang dekat dengan tempat tinggal dikhawatirkan mengganggu keselamatan anggota keluarganya.

“Ini mulai menjelang musim hujan. Angin kencang beberapa kali terjadi. Kami khawatir, kalau angin besar, sarang tawon itu jatuh dan mengamuk. Siangnya kami lapor, lalu malam berikutnya langsung bisa dieksekusi. Alhamdulillah kami sekarang bisa lebih tenang dari gangguan tawon ndas,” ungkapnya. (*)

Share :

Baca Juga

Khidmat doa mengawali tradisi Miwiti kopi Desa Krinjing Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang. (Foto: Humas Magelang)

Peristiwa

Ritual Miwiti Panen, Petani Kopi Bagikan Nasi Tumpeng Pada Warga Isoman
Harga hewan kurban menjelang Idul Adha Tahun 2021 ini mengalami kenaikan dibandingkan tahun lalu. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Pekalongan)

Peristiwa

Permintaan Hewan Kurban di Pekalongan Menurun
Wakil Bupati Bantul Joko B. Purnomo (kedua dari kanan) bersama Lurah Guwosari usai menerima penghargaan Juara I dalam Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Tahun 2021. (Foto: Humas Bantul)

Peristiwa

Kalurahan Guwosari Wakili DIY ke Lomba Desa Tingkat Nasional
Manajemen Indomaret area Purwodadi memberikan bantuan paket sembako kepada PKL terdampak PPKM Level 4. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Grobogan)

Peristiwa

Indomaret Bagikan Paket Sembako bagi PKL di Purwodadi
Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi (berbaju putih) saat mewakili Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi hadir dalam Pembukaan GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) 2021 di ICE BSD, Tangerang, Banten, Kamis (11/11/2021). ( Foto: Kemenhub)

Peristiwa

Melalui GIIAS 2021 Pemerintah Dorong Masyarakat Gunakan Kendaraan Listrik
Baznas Boyolali menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan. (Foto:Diskominfo Kabupaten Boyolali)

Peristiwa

Baznas Boyolali Salurkan Bantuan Rp250 Juta
Bupati Hj. Etik Suryani meninjau serbuan vaksinasi yang digelar Kodim 0726/Sukoharjo. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Sukoharjo)

Peristiwa

Kodim 0726/Sukoharjo Kembali Lakukan Serbuan Vaksinasi
Pameran Fashion Show dan Craft 2021 ini ditujukan untuk meningkatkan daya saing para pelaku UMKM dan sebagai sarana promosi produk-produk unggulan dari masing-masing UMKM. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Geliat UMKM Kota Yogya di Pameran Fashion Show dan Craft 2021