Home / Peristiwa

Kamis, 21 Oktober 2021 - 22:23 WIB

Bikin Penasaran! Ini Hasil OTT yang Dilakukan Komika Klaten

Salah satu anggota Komika Klaten menunjukkan hasil operasi tangkap tawon alias OTT. (Foto: Diskomindo Klaten)

Salah satu anggota Komika Klaten menunjukkan hasil operasi tangkap tawon alias OTT. (Foto: Diskomindo Klaten)

NYATANYA.COM, Klaten – Mendengar kata OTT, orang akan memikirkan tentang operasi tangkap tangan seperti biasa dilakukan pihak penegak hukum. Namun tidak bagi Komunitas Sungai Kalikotes atau Komika Klaten.

Relawan yang aktif pada kegiatan pelestarian sungai di Klaten, khususnya Sungai Kuning (Kecamatan Kalikote) ini ternyata juga sering melakukan OTT. Bukan menangkap terduga kasus korupsi, tapi operasi tangkap tawon.

Seperti yang dilakukan Rabu malam (20/10/2021) sekira pukul 20.00 WIB, sebanyak lima orang relawan Komika berhasil melakukan OTT di salah satu rumah warga di Kerun Baru RT03/14 Belangwetan, Klaten Utara. Rumah tawon yang bertengger di pohon mangga milik warga sebesar kepala orang dewasa itu berhasil dijinakkan dan dimusnahkan.

Baca juga   Gempabumi M 5,3 Guncang Malang, Sejumlah Bangunan di Blitar Rusak

“Malam ini tim relawan Komika Kalikotes menerima dua aduan warga terkait keberadaan rumah tawon vespa. Satu permintaan di Belangwetan, Klaten Utara dan lainnya di wilayah Kecamatan Wedi. Tim eksekusi dibagi dua. Satu bergerak ke Kecamatan Wedi, dan satu tim bergerak ke Klaten Utara,” kata Maryadi (40) salah satu penggerak Komika saat ditemui di lokasi OTT.

Ia mengatakan, lokasi rumah tawon di ujung dahan sedikit menyulitkan relawan. Beberapa ekor tawon ndas sempat keluar, kemungkinan karena peka gerakan dan cahaya lampu petugas. Namun, akhirnya rumah tawon ukuran kepala dewasa, bisa dijinakkan.

“Jumlah tawon sekitar 50 sampai 60 ekor berhasil kami musnahkan. Jadi relawan Komika selain menjaga kelestarian Sungai Kuning, membantu pemulasaran jenazah Covid-19 di wilayah Kecamatan Kalikotes. Kami juga membantu warga yang membutuhkan untuk menjinakkan tawon ndas,” terangnya seperti dirilis Diskominfo Klaten.

Baca juga   Telur Nyamuk ber-Wolbachia Disebar di Sleman, Ini Maksudnya

Pemilik rumah yang melapor keberadaan tawon ndas di pekarangan rumahnya menjelaskan, dirinya khawatir pada keberadaan tawon yang mematikan tersebut. Letaknya yang dekat dengan tempat tinggal dikhawatirkan mengganggu keselamatan anggota keluarganya.

“Ini mulai menjelang musim hujan. Angin kencang beberapa kali terjadi. Kami khawatir, kalau angin besar, sarang tawon itu jatuh dan mengamuk. Siangnya kami lapor, lalu malam berikutnya langsung bisa dieksekusi. Alhamdulillah kami sekarang bisa lebih tenang dari gangguan tawon ndas,” ungkapnya. (*)

Share :

Baca Juga

Bupati Klaten, Sri Mulyani menyalurkan BLT Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (BLT DBHCHT) kepada buruh tani tembakau dan buruh pabrik rokok. (Foto: Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Bupati Klaten Salurkan BLT DBHCHT untuk Petani dan Buruh Pabrik
Sebanyak 17.900 pekerja di Kabupaten Temanggung sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19. Jumlah tersebut sudah mencapai 98 persen dari target pekerja. (Foto: MC Kab Temanggung)

Peristiwa

98 Persen Pekerja di Temanggung Sudah Divaksin
Usaha rumahan mie lethek tetap bertahan di tengah pandemi Covid-19. (Foto:nyatanya.com/Humas Magelang)

Peristiwa

Perajin Mie Lethek Tetap Eksis di Tengah Gempuran Pandemi
KPK menggelar Peluncuran Desa Anti Korupsi di Kampung Mataraman, Panggungharjo, Sewon, Bantul pada Rabu (1/12/2021). (Foto: Humas Kab Bantul)

Peristiwa

Desa Anti Korupsi, Implementasi Nyata dalam Mendukung Budaya Anti Korupsi
Tim tangkap buronan (Tabur) Kejaksaan Agung (Kejagung), bersama Tim Tabur Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan dan Tim Tabur Kejaksaan Negeri Makassar mengamankan Isman Lewa, buronan tindak pidana turut serta menggunakan akta yang dipalsukan. (Foto: Puspenkum Kejagung)

Peristiwa

Kejagung Tangkap Buronan Kasus Penggunaan Akta Palsu
Upaya pemadaman kebakaran masih terus dilakukan oleh BPBD Kabupaten Sukamara bersama tim gabungan pada Kamis, (18/8/2022). Foto: BPBD Kabupaten Sukamara

Peristiwa

Sebanyak 7,5 Hektar Lahan Gambut di Kabupaten Sukamara Kebakaran
BNPB bersama pemerintah daerah menargetkan warga yang masih berada di pos-pos pengungsian dapat menempati huntap dan huntara pada tahap pertama sebelum Lebaran. (Foto: BNPB)

Peristiwa

Warga Terdampak Erupsi Semeru Ditargetlan Tempati Huntap dan Huntara sebelum Lebaran
GM Deddy melepas peserta jalan sehat Kampung Notoyudan. (Foto: Istimewa)

Peristiwa

Semarakkan HUT ke-77 RI,  1.500 Warga Notoyudan Ikuti Jalan Sehat