Home / Peristiwa

Minggu, 2 Oktober 2022 - 14:14 WIB

Bina Siswa Katolik Tingkat SD Kabupaten Sleman, Warnai Bulan Kitab Suci Nasional 2022

KKG PAKat Sekolah Dasar Kabupaten Sleman menyelenggarakan Bina Siswa dalam rangka Bulan Kitab Suci Nasional tahun 2022. Foto: Ist

KKG PAKat Sekolah Dasar Kabupaten Sleman menyelenggarakan Bina Siswa dalam rangka Bulan Kitab Suci Nasional tahun 2022. Foto: Ist

NYATANYA.COM, Sleman – Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Katolik (KKG PAKat) Sekolah Dasar/SD Kabupaten Sleman menyelenggarakan Bina Siswa dalam rangka Bulan Kitab Suci Nasional tahun 2022.

Kegiatan dengan tema ”Allah Sumber Harapan Hidup Baru” dilaksanakan di kompleks Seminari Tinggi Santo Paulus dan Fakultas Teologi, Universitas Sanata Dharma, Jalan Kaliurang, Sabtu (1/10/2022).

Sekitar 290 siswa Katolik dari berbagai sekolah di Kabupaten Sleman memeriahkan acara ini.

Foto: Ist

Alys Setyo Suzana, selaku Ketua Panitia, menyebutkan, kegiatan ini bertujuan membantu anak-anak mengembangkan kehidupan iman untuk lebih dekat dengan Tuhan, membantu anak-anak mengembangkan bakat, talenta mengasihi sesama dan ciptaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Membantu anak-anak untuk menjadi warga negara yang berbudi pekerti luhur berdasarkan nilai-nilai Injil, dan membantu anak-anak membangun persahabatan dengan teman-teman sebaya di Kabupaten Sleman yang dipanggil bersama untuk menjadi saksi-saksi mukjizat Tuhan,” bebernya.

Baca juga   Sasar Pelaku Wisata, Vaksinasi Serentak Digelar Polda DIY di Hotel Sheraton Mustika

Albertus Sudarto, selaku Humas, menyampaikan, “Bina Siswa dalam rangka Bulan Kitab Suci Nasional dimulai dari tingkat Kapanewon sampai dengan Kabupaten. Para siswa yang mengikuti lomba Cerdas Cermat Alkitab (CCA), menyanyi Mazmur, membaca Kitab Suci (Lectio), melukis Cerita Kitab Suci, mewarnai gambar dengan tema ‘Allah Sumber Harapan Hidup Baru’, dan Cerita Kitab Suci/Bertutur Kitab Suci adalah perwakilan dari masing-masing Kapanewon.”

Foto: Ist

CB Ismulyadi, Penyelenggara Katolik Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman berkenan membuka acara ini.

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengembangkan pengetahuan, intelektual, moral dan keterampilan yang sejalan dengan pendidikan karakter hidup berbangsa dan bernegara,” terangnya.

Dari segi tanggung jawab para guru memberikan kesempatan untuk saling berkomunikasi dengan teman sebaya, seiman untuk bersama membangun relasi yang bersifat vertikal horisontal (Tuhan dan sesama) sebagai anggota Gereja generasi masa depan.

Bersamaan dengan itu dalam kerangka hidup berbangsa mereka diajari berkembang dalam wawasan agar kelak mampu berbagi, peduli sebagai warga negara yang cerdas karena berbudi pekerti luhur.

Baca juga   Ditemukan Makanan Positif Mengandung Rodamin B di Pasar Sido Makmur Blora

Lebih lanjut CB. Ismulyadi menyampaikan, “Kegiatan bina siswa ini, melibatkan para guru dan orang tua. Dengan demikian, semua yang terlibat dalam kegiatan ini sebetulnya mengalami proses pembinaan.”

Kristoforus Sinselius, Pembimas Katolik Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta hadir pada kegiatan Bina Siswa. Kristoforus Sinselius menyampaikan, para guru kompak dan melaksanakan ketugasan dengan sangat baik. Siswa sangat antusias terlibat dalam kegiatan ini juga didukung oleh orang tua.

“Semoga kegiatan seperti ini sungguh menjadi bagian dari dukungan masyarakat Katolik, baik para guru dan siswa, bagi bangsa dan negara,” ujarnya

Kegiatan juga dihadiri Rahayu Setyaningsih, perwakilan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, dan beberapa kepala sekolah Kabupaten Sleman.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Jombang melakukan studi banding ke Kota Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Jaga Kerukunan Umat Beragama, FKUB Jombang Studi Banding ke Yogyakarta
Para relawan di posko pengungsian mengajak para pengungsi yang didominasi oleh kaum perempuan untuk mengisi waktunya, dengan membatik. (Foto: MC Kab. Lumajang)

Peristiwa

Pengungsi Erupsi Gunung Semeru Manfaatkan Waktu dengan Latihan Membatik
Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto saat mengunjungi pelaksanaan vaksin bagi pelaku UMKM. (Foto: Kominfo Kebumen)

Peristiwa

Pelaku UMKM di Kebumen Divaksin Moderna
Mobil Grand Livina milik Nurhaeni yang terbakar di Ringroad Selatan pada Jumat (22/4/2022). Foto: Istimewa

Peristiwa

Mobil Milik Nurhaeni Ludes Terbakar di Sewon Bantul, Jangan Sepelekan Masalah Ini
Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mencanangkan Sekolah Lansia yang diinisiasi Pemkot bekerjasama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) DIY, Selasa (15/2/2022). (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Ciptakan Lansia Tangguh dan Produktif, Pemkot Yogya Canangkan Sekolah Lanjut Usia
Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Gatot Repli Handoko. (Foto: MC Diskominfo Prov Jatim)

Peristiwa

Polda Jatim Bentuk Tim Khusus Buru WNA Palestina yang Kabur dari Rudenim
Kelompok Wanita Tani Munawaroh Dusun Blederan, Desa Blederan Kecamatan Mojotengah Wonosobo dengan hasil pertaniannya. (Foto: Diskominfo Wonosobo)

Peristiwa

KWT Munawaroh Sukses Kembangkan Kampung Sayur Organik
Belasan bendera merah putih dikibarkan di kawasan objek wisata lereng merapi New Selo, Desa Lencoh Kecamatan Selo, Senin (1/8/2022). Foto: Diskominfo Kabupaten Boyolali

Peristiwa

Jelang HUT RI, Belasan Bendera Merah Putih Berkibar di Lereng Merapi