Home / News

Rabu, 30 Juni 2021 - 22:29 WIB

Bisa Ditiru Nih, Vaksinasi dengan Bus Keliling di Solo

Cara Pemkot Solo melakukan percepatan vaksinasi menggunakan layanan bus keliling. (Foto: nyatanya.com/Humas Jateng)

Cara Pemkot Solo melakukan percepatan vaksinasi menggunakan layanan bus keliling. (Foto: nyatanya.com/Humas Jateng)

NYATANYA.COM, Surakarta – Kota Solo menjadi salah satu daerah dengan capaian vaksinasi tertinggi di Jawa Tengah. Mau tau rahasianya? Ternyata di kota ini, vaksinasi tidak hanya dilakukan di layanan-layanan kesehatan, tetapi juga dilakukan secara mobile atau keliling menggunakan bus vaksinasi.

Bus milik Pemkot Surakarta yang biasanya digunakan untuk IVA Tes itu dikonversi menjadi bus vaksinasi, yang berkeliling untuk memberikan vaksinasi ke sejumlah lokasi. Tak hanya lokasi strategis, tempat keramaian seperti warung juga jadi sasaran.

Seperti Rabu (30/6/2021) ini, bus tersebut melayani vaksinasi pada masyarakat di Warung Wedangan Pak Basuki di Laweyan, Solo. Di tempat itu, para lansia dengan rapi antre menunggu giliran mendapatkan vaksin.

Baca juga   Kemenkes: Pasien Konfirmasi Positif Covid-19 Tanpa Gejala Cukup Lakukan Hal Ini

“Ini menarik ya, Pemkot Solo menggunakan bus yang dulu untuk IVA Test, kemudian dikonversi untuk vaksin. Dan ini go show, sehingga bisa mempercepat vaksinasi dan lebih banyak masyarakat yang terlindungi,” kata Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, saat berkesempatan meninjau bus vaksinasi itu.

Ganjar Pranowo: Saya kira ini bagus, semua daerah saya minta meniru untuk melakukan kreasi dan akselerasi semacam ini. (Foto: nyatanya.com/ Humas Jateng)

Ganjar mengatakan, cara itu menarik karena bisa menyentuh masyarakat sampai ke tingkat bawah. Dengan keliling ke titik-titik keramaian, maka vaksinasi bisa berjalan sesuai harapan.

Baca juga   Presiden Jokowi: Marhaban ya Ramadan, Selamat Berpuasa

“Solo ini vaksinasinya tertinggi di Jateng. Saya sempat heran, rumusnya apa ya. Ternyata masyarakat punya kesadaran dan Pemkotnya punya inovasi dengan layanan bus vaksinasi ini. Saya kira ini bagus, dan semua daerah saya minta meniru untuk melakukan kreasi dan akselerasi semacam ini,” imbuhnya.

Lebih lanjut Ganjar menerangkan, vaksinasi merupakan salah satu cara yang digunakan pemerintah untuk menangkal penyebaran Covid-19. Program ini, lanjut dia, harus terus ditingkatkan di tengah lonjakan kasus Covid-19 akhir-akhir ini.(*)

Share :

Baca Juga

Menpora RI, Zainudin Amali. Foto: Humas Kemenpora

News

Edukasi Suporter Harus Masif, Cegah Tragedi Kanjuruhan di Masa Depan
Petugas memberikan nomor urut kepada jamaah calon haji kelompok terbang (kloter) pertama embarkasi Medan di Asrama Haji Medan, Sumatera Utara, Jumat (10/6/2022). Sebanyak 391 jamaah calon haji asal Kota Medan, Kabupaten Mandailing Natal, Tapanuli Tengah dan Serdang Bedagai tiba di Asrama Haji Medan dan diterbangkan pada Sabtu (11/6/2020). ANTARA FOTO/Fransisco Carolio/Lmo/nym

News

Daftar Tunggu Ibadah Haji Makin Lama, Ada yang Lebih dari 90 Tahun, Begini Penjelasan Kemenag
PT Pertamina (Persero) melalui anak usahanya PT Pertamina Patra Niaga mulai Minggu (27/2/2022) menaikkan harga LPG nonsubsidi untuk menyesuaikan dengan harga minyak dan gas bumi di pasar global. (Foto: InfoPublik/MC Kalsel)

News

Mulai 27 Februari 2022 Harga LPG Nonsubsidi Naik, Paling Mahal Rp243.000
Ilustrasi obat sirup. Foto: Ist

News

Ini 133 Obat Sirup yang Aman Dikonsumsi Menurut BPOM
Tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate/BOR di rumah sakit rujukan pasien Covid-19, secara nasional meningkat dalam beberapa hari terakhir. (Foto: Ilustrasi/ InfoPublik)

News

Keterisian Tempat Tidur Rumah Sakit Covid-19 Nasional 32,85 Persen
Foto: Ist/klikdokter

News

Gangguan Gagal Ginjal Akut di Indonesia Tercatat Sebanyak 241 Kasus, Terjadi Peningkatan Mulai Agustus
Rusunawa Gunung Anyar Surabaya. Foto: selalu.id

News

4 Ribu Warga Surabaya Antre Masuk ke Rusunawa, Wali Kota: Harus MBR
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan secara virtual pada The 1st Finance Minister and Central Bank Governors Meeting, sebagai bagian dari side event Presidensi G20 Indonesia 2022, pada Kamis (17/2/2022). (Foto: BPMI/Setpres)

News

Presiden: Kerja Sama dengan G20, Salah Satu Kunci Pemulihan Ekonomi Global