Home / News

Sabtu, 23 Oktober 2021 - 09:26 WIB

Bisnis Hulu Pertamina Catatkan TKDN sampai 62,35 Persen

Subholding Upstream Pertamina berhasil mencatatkan capaian nilai penggunaan tingkat komponen dalam negeri atau TKDN pada kegiatan bisnis hulu minyak dan gas bumi sejumlah 62,35 persen sampai September 2021. (Foto: SKK Migas)

Subholding Upstream Pertamina berhasil mencatatkan capaian nilai penggunaan tingkat komponen dalam negeri atau TKDN pada kegiatan bisnis hulu minyak dan gas bumi sejumlah 62,35 persen sampai September 2021. (Foto: SKK Migas)

NYATANYA.COM, Jakarta – Subholding Upstream Pertamina berhasil mencatatkan capaian nilai penggunaan tingkat komponen dalam negeri atau TKDN pada kegiatan bisnis hulu minyak dan gas bumi sejumlah 62,35 persen sampai September 2021.

Nilai TKDN itu diverifikasi langsung oleh Surveyor Indonesia dan Sucofindo dari pengadaan di seluruh zona dan regional di bawah Subholding Upstream yang terbagi menjadi TKDN terhadap barang dan jasa.

“Pengutamaan TKDN di Subholding Upstream bertujuan untuk pemenuhan aspek kepatuhan terhadap aturan yang berlaku, serta mendukung program pemerintah dalam rangka meningkatkan kapasitas nasional dan efek berganda bagi keseluruhan industri dalam negeri,” kata Direktur SDM & Penunjang Bisnis Pertaminan Subholding Upstream Oto Gurnita melalui keterangan tertulisnya, Jumat (22/10/2021).

Baca juga   Tim Gempur Rokok Ilegal Sita 3.576 Batang Rokok Bercukai Palsu

Menurut Oto, Pertamina terus berupaya meningkatkan TKDN pada kegiatan hulu migas dengan menerapkan implementasi TKDN mulai dari tahap perencanaan, tahapan proses pengadaan sampai tahapan kontrak berakhir.

Upaya itu dilakukan dalam rangka pemenuhan terhadap regulasi dan pemenuhan capaian TKDN sesuai dengan target yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

“Capaian TKDN lebih dari 62 persen ini merupakan wujud dukungan Pertamina terhadap komitmen TKDN di sektor hulu minyak dan gas bumi yang ditetapkan oleh SKK Migas,” tambah Oto.

Kegiatan usaha Pertamina di sektor hulu kini dikelola oleh Subholding Upstream mencakup kegiatan eksplorasi, pengeboran, pengembangan dan produksi minyak, gas dan panas bumi, penyediaan jasa teknologi, serta jasa pemboran baik di dalam maupun luar negeri.

Baca juga   Indonesia Akan Tampilkan Pagelaran Seni dan Budaya Termegah di National Day Expo 2020 Dubai

Sebelumnya, Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mencatat TKDN di sektor hulu migas hingga triwulan ketiga 2021 telah mencapai 58 persen.

Dalam keterangan tertulis pada Kamis (21/10/2021), Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto menuturkan, kontribusi tersebut meraup sekitar Rp23 triliun dari total nilai kontrak barang dan jasa yang diperkirakan mencapai 2,6 miliar dolar AS atau setara Rp39 triliun. (*)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Usai dilepas oleh Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, rombongan gowes Walikota se-Indonesia ini langsung menyusuri perkampungan serta objek objek wisata andalan Kota Yogya. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Walikota se-Indonesia Gowes Bareng Keliling Kota Yogya
Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

PPKM Level 4 di Yogya, Turunkan Kasus Covid-19
Salah satu upaya yang dilakukan Pemprov Jateng untuk percepatan vaksinasi dengan mengoperasikan "Vaccine Mobile". (Foto: Diskominfo Jateng)

News

Baru 30 Persen, 8,7 Juta Orang di Jateng Telah Divaksin
Ganjar Pranowo saat menjadi inspektur upacara dalam rangka peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional 2021 di halaman Kantor Wilayah ATR/BPN Jawa Tengah. (Foto: Humas Jateng)

News

Ganjar Pranowo Serius Berantas Mafia Tanah
Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X menghadiri upacara HUT KE-76 TNI di Lapangan Dirgantara Kompleks AAU Yogyakarta. (Foto: Humas Pemda DIY)

News

Presiden: TNI Harus Tetap Menjadi Pondasi Utama Pertahanan
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jateng, Yulianto Prabowo. (Foto: Diskominfo Jateng)

News

Waspada Klaster PTM, Mulai Ditemukan Kasus Covid-19 Sekolah di Jateng
Ganjar Pranowo meluncurkan bus vaksin milik Dinkes Jateng di Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Magelang. (Foto: Humas Jateng)

News

Luncurkan Bus Vaksin, Ini Upaya Jateng Jangkau “Remote Area”
Foto: Nyatanya.com/istimewa

News

Waspada Gempa Susulan, Gempa Blitar Dirasakan Warga Yogyakarta