Home / Peristiwa

Jumat, 8 Oktober 2021 - 17:37 WIB

Bisnis Pengolahan Sarang Burung Walet Kembali Menggeliat

Pengolahan sarang burung walet milik Koperasi Serba Usaha (KSU) Bina Umat, Kauman, Kecamatan Parakan, Kabupaten Temanggung mulai melayani pesanan ekspor kesejumlah negara. (Foto:MC Kab Temanggung)

Pengolahan sarang burung walet milik Koperasi Serba Usaha (KSU) Bina Umat, Kauman, Kecamatan Parakan, Kabupaten Temanggung mulai melayani pesanan ekspor kesejumlah negara. (Foto:MC Kab Temanggung)

NYATANYA.COM, Temanggung – Setelah sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19, bisnis pengolahan sarang burung walet milik Koperasi Serba Usaha (KSU) Bina Umat, Kauman, Kecamatan Parakan, Kabupaten Temanggung mulai menggeliat, pesanan untuk ekspor kesejumlah negara mulai berdatangan.

“Alhamdulilah, setelah ada kelonggaran, permintaan-permintaan sudah mulai berdatangan, khususnya dari China dan Singapura,“ kata Ketua KSU Bina Umat, Nur Shodiqin, Jumat (8/10/2021).

Ia menambahkan, setelah ada pemesanan tersebut pihaknya mulai mempekerjakan sekitar 100 karyawan yang sempat diliburkan, karena pandemi.

“Sudah sekitar satu setengah bulan kita mulai mempekerjakan lagi karyawan yang sempat diliburkan,” katanya.

Baca juga   Asyik Jemur Tembakau, Karman Terkejut Didatangi Ganjar

Terkait volume ekspor, ia mengatakan permintaan sarang walet sebenarnya sangat tidak terbatas, namun kriteria barang yang bisa ekspor sangat sulit, sehingga benar-benar yang berkualitas yang bisa diekspor.

“Sebenarnya permintaan sarang walet sangat bombastis, bisa mencapai jutaan ton, dan Indonesia baru bisa memenuhi 10 persen dari kebutuhan tersebut,” terangnya.

Disamping volume permintaan yang meningkat, harga sarang burung walet juga mengalami peningkatan, dari semula 17 juta rupiah perkilo saat ini sudah mencapai 20 juta rupiah perkilo.

Baca juga   Blusukan ke Solo, Menteri Luhut Cek Vaksinasi di Lapangan

“Meski belum sepenuhnya mencapai harga tertinggi hingga 26 juta untuk kelas super, namun harga terus mengalami peningkatan,” ujarnya.

Dirinya juga berharap agar kondisi kembali normal seperti sebelum pandemi, sehingga volume ekspor ke berbagai negara terus meningkat, dan bisa lebih banyak mempekerjakan karyawan.

“Sebelum pandemi kita bisa mengirim sekitar 1 kuintal perbulan dengan karyawan mencapai 600 orang, namun untuk saat ini belum bisa mencapai jumlah tersebut baru sekitar seperlimanya,” pungkasnya. (*)

Share :

Baca Juga

Penandatanganan kerjasama Dekranasda Jateng dengan Bank Jateng yang mendukung pengadaan ruang pamer tersendiri di Yogyakarta Internasional Airport. (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Angkat Produk UKM Kriya, Dekranasda Jateng Buka Ruang Pamer di YIA
Kepala BNPB Letjen Ganip Warsito sat mengunjungi shelter isolasi di Sleman. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemda DIY)

Peristiwa

Kepala BNPB Imbau Masyarakat Isoman di Shelter
Kalurahan Jangkaran, Kapanewon Temon, Kulon Progo DIY dicanangkan sebagai Kampung Bahari Nusantara. (Foto:MC Kab.Kulonprogo)

Peristiwa

Kalurahan Jangkaran Temon Dicananangkan sebagai Kampung Bahari Nusantara
Wali kota Yogyakarta meninjau pelaksanaan vaksinasi masal yang digelar di klinik Bidokes Polda DIY Klitren, Gondokusuman. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Jasa Raharja dan Polda DIY Dukung Penuh ‘Jogja Merdeka Vaksin’
Azka Yahdiyani Putri, pemuda pelopor bidang agama, sosial, budaya menerima tim fact finding dari Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora) RI di Kantor Kemantren Tegalrejo. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

Peristiwa

Pemuda Pelopor Kota Yogyakarta Ikuti Fact Finding Tingkat Nasional
Pasar hewan Jelok Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Boyolali)

Peristiwa

PPKM Darurat Berdampak, Penjualan Hewan Kurban Turun Hingga 50 Persen
Gibran meninjau tempat isolasi mandiri terpusat di SMP 8 Surakarta. (Foto:nyatanya.com/Humas Surakarta)

Peristiwa

Pastikan Kondisi Warga yang Isolasi Terpusat Tercukupi, Gibran Bawakan Buah-buahan
Melalui program 'Aku Sedulurmu', 4 anak di Temanggung mendapat beasiswa karena orang tuanya meninggal karena Covid-19. (Foto:Humas Temanggung)

Peristiwa

Lewat Program Aku Sedulurmu, Polres Temanggung Bantu Yatim Piatu Terdampak Covid-19