Home / Plus

Sabtu, 25 Juni 2022 - 19:41 WIB

BLK Sleman Gelar Pelatihan Tata Rias Pengantin Gaya Solo dan Jogja Putri

Pelatihan tata rias pengantin yang diselenggarakan BLK Sleman. Foto: Humas Sleman

Pelatihan tata rias pengantin yang diselenggarakan BLK Sleman. Foto: Humas Sleman

NYATANYA.COM, Sleman – Wangi bunga melati semerbak memenuhi Aula Kalurahan Donoharjo Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta yang dijadikan tempat untuk menggelar penutupan pelatihan Tata rias pengantin pada Jumat (23l4/6/2022).

Di bagian tengah aula, duduk berjejer 8 model pengantin gaya Solo Putri dan 8 model penganti dengan gaya Jogja Putri beserta para periasnya.

Penutupan pelatihan tata Rias Pengantin diselenggarakan dengan menggelar fashion show untuk menampilkan hasil pelatihan yang telah berlangsung mulai 10 Mei hingga 23 Juni 2022.

Pelatihan Tata Rias Pengantin gaya Solo Putri dan Jogja Putri tersebut diselenggarakan oleh Balai Latihan Kerja Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Sleman, bekerja sama dengan Pemerintahan Kalurahan Donoharjo menggunakan alokasi dana APBD 2022.

Acara dikemas dengan nama Kegiatan Pelatihan Non Institusional Sub Kejuruan Tata Rias ditutup oleh Kepala Dinas Tenaga kerja Kabupaten Sleman, Sutiyasih.

Baca juga   Perak Kotagede Ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda

Dalam sambutannya Sutiyasih menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kalurahan Donoharjo dan BLK Kabupaten Sleman, khususnya para peserta pelatihan atas hasil yang sangat memuaskan.

“Semua peserta lulus dengan predikat memuaskan. Hasil tata rias sudah layak dijual dan dikembangkan. Cari pengalaman menjadi asisten dari perias profesional. Awali dari hal yang kecil dahulu dan jangan takut salah,” ungkap Sutiyasih.

Sutiyasih juga menuturkan bahwa Pemkab Sleman menyediakan pinjaman lunak bagi peserta yang ingin mengembangkan usaha di bidang tata rias, dengan besaran pinjaman Rp20 juta pada tahap awal.

“Persyaratan mudah asal ada sertifikat pelatihan, usaha sudah berjalan, dan ada agunan. Kemudahan juga diberikan karena pinjaman baru diangsur setelah 4 bulan dari pencairan,” jelasnya.

Sementara itu, Rina Pandu Pertiwi, Kepala Balai Latihan Kerja Sleman dalam kesempatan tersebut berharap pelatihan ini bisa membentuk pola pikir peserta untuk maju, menjadikan pelatihan ini sebagai tahap awal menjadi perias andal.

Baca juga   Kemendikbudristek Luncurkan Program Semangat Guru Dua

“BLK memfasilitasi dengan memberikan skill tata rias, mengirimkan instruktur yang kompeten dengan latar belakang pendidikan yang terpercaya. Selanjutnya peserta bisa mengembangkan keterampilan dengan mengikuti pelatihan lanjutan Paes Ageng pada tahap berikutnya,” tuturnya.

Anang Patri Widyantoro, Carik Donoharjo menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas ketenagakerjaan, BLK Sleman dan seluruh peserta yang dengan penuh semangat dan antusias mengikuti pelatihan dari awal hingga akhir.

“Hasilnya luar biasa. Ini jadi awal yang baik untuk meningkatkan sumber daya manusia dengan memberikan ketrampilan dan keahlian sehingga bermanfaat untuk membangkitkan kembali ekonomi warga Donoharjo,” kata Anang.

(Up/N1)

Share :

Baca Juga

Foto: Kominfo Rembang

Plus

Unika Soegijapranata Bantu Perajin Batik Tulis Lasem Jual Melalui Showroom Virtual 3 Dimensi
Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta melalui Balai Benih Ikan (BBI) terus membudidayakan ikan hias ataupun ikan siap konsumsi. Hingga saat ini ikan yang sangat diminati para pecinta ikan adalah ikan jenis koki dan komet. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Plus

Budidaya Ikan Koki Jadi Primadona dan Hoki di Masa Pandemi
Cecak Jarilengkung jenis baru dari Kawasi, Pulau Obi. (Foto: BRIN)

Plus

Peneliti BRIN Berhasil Identifikasi Cecak Jarilengkung Jenis Baru
Proses pembangunan masjid hingga saat ini masih terus berlangsung kendati dengan keterbatasan anggaran. (Foto:P Istimewa)

Plus

Ayo Beramal Jariyah, Masjid Al Hidayah Butuh Uluran Donatur
Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) Kabupaten Rembang menggelar pelatihan origami di Gedung Hijau Kompleks Rumah Dinas Wakil Bupati Rembang, Kamis (10/3/2022). (Foto: Kominfo Rembang)

Plus

Tingkatkan Kreativitas Guru, IGRA Gelar Pelatihan Origami
Lampu hias berbahan paralon produksi Kober. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Plus

Mantul! Pipa Paralon Disulap Jadi Lampu Hias oleh Warga Cokrodiningratan

Plus

Deklarasi di Jogja, Relawan Bocahe Gibran Nusantara Milenial Siap Tangkal Isu Negatif
Ratusan pedagang pasar di Kota Yogyakarta mengikuti fashion show bertajuk Agen Mandiri Fashion Day Sabtu (8/10/2022) di Atrium Pasar Beringharjo. Foto: Humas Pemkot Yogya

Plus

Uniknya Pedagang Pasar Kota Yogya, Gelar Fashion Show di Beringharjo