Home / News

Senin, 4 Juli 2022 - 20:47 WIB

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem dan Prospek Cuaca Sepekan ke Depan

Foto: BMKG

Foto: BMKG

NYATANYA.COM, Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat agar waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem (puting beliung, hujan lebat disertai kilat/petir, dan hujan es).

Juga dampak yang dapat ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin dalam satu minggu kedepan (5 – 11 Juli 2022).

Dalam laman www.bmkg.com pada Senin, 4 Juli 2022 prakirawan BMKG menjabarkan sejumlah wilayah yang di perkirakan berpotensi mengalami cuaca ekstrem, yaitu

  • 05-06 Juli 2022 : Aceh, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.
  • 07-08 Juli 2022 : Aceh, Sumatera Utara, Riau, Jambi, Bengkulu, Lampung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.
  • 09-11 Juli 2022 : Lampung, Banten, Jawa Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.
Baca juga   Kepala BNPB Minta Pemda Sulut Kompak Cegah Banjir dan Longsor Tahun Depan

Lebih lanjut BMKG menjelaskan bahwa cuaca ekstrem tersebut diantaranya dipengaruhi oleh adanya gelombang atmosfer Kelvin yang diprakirakan akan cukup aktif terutama di wilayah Sumatera bagian utara.

Sedangkan gelombang Rossby Equator di wilayah Indonesia bagian timur seperti wilayah Kep. Maluku bagian utara, Kep. Nusa Tenggara, Papua pada periode 05 – 11 Juli 2022.

MJO berada di fase 4 (Maritime Continent) dan diprakirakan akan memasuki fase 5 (Maritime Continent, Netral) dalam satu minggu kedepan.

Selain itu, angin di lapisan bawah bertiup dari Tenggara – Barat Daya dengan kecepatan berkisar antara 02 – 25 knot, pola vortex diprakirakan akan terbentuk di wilayah Kalimantan bagian barat.

Selanjutnya kelembapan udara lapisan menengah yang cukup basah (lebih dari 60 persen) pada periode 05 – 07 Juli 2022 di sebagian besar wilayah Indonesia kecuali Bali dan Kep. Nusa Tenggara, sedangkan pada periode 08

  • 11 Juli 2022 kelembapan udara lapisan menengah cukup basah berada di sebagian besar wilayah Indonesia kecuali wilayah Sumatera bagian selatan, Jawa, Bali dan sebagian Kep. Nusa Tenggara bagian barat.
Baca juga   Sasar Wisatawan dan Pedagang, Pemkot Yogya Dirikan Posko Vaksinasi di Malioboro

BMKG juga menyebut bahwa potensi hujan lebat berdasarkan model akan mendominasi sebagian wilayah Sumatera bagian utara, Jawa bagian timur, Kalimantan bagian utara, Sulawesi, Kep. Maluku dan Papua pada periode 05

  • 07 Juli 2022, sementara untuk periode 08 – 11 Juli 2022, potensi hujan lebat terdapat di Sumatera bagian utara, Kalimantan bagian timur dan utara, Sulawesi, Kep. Maluku serta Papua.

Namun, kondisi cuaca pada periode tersebut akan didominasi dengan kondisi cerah berawan hingga berpotensi hujan ringan di wilayah Sumatera, Jawa, Kep. Nusa Tenggara.

Hujan berintensitas ringan hingga sedang diprakirakan terdapat di sebagian wilayah Sumatera bagian utara dan selatan, Jawa bagian barat, tengah dan timur, sebagian Bali, sebagian Kep. Nusa Tenggara, Kalimantan bagian tengah dan timur, Sulawesi bagian barat dan utara, serta Kep. Maluku dan Papua.

Potensi hujan lebat diprakirakan akan terdapat di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Lampung, Jawa Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Gunungapi Anak Krakatau erupsi hingga 9 kali pada hari ini, Jumat (4/2/2022). (Foto: PVMBG)

News

Gunungapi Anak Krakatau Erupsi 9 Kali, Masyarakat Diharapkan Tidak Berada Diradius 2 Kilometer
Menteri BUMN, Erick Thohir. Foto: Instagram

News

Himbara Salurkan 300 Sapi Kurban di Hari Raya Iduladha 1443 H
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: Dok/InfoPublik)

News

Pemerintah Minta Masyarakat Tetap Waspada Hadapi Kenaikan Kasus Omicron
Presiden Jokowi, menerima gelar tua adat Ende ‘Mosalaki Ulu Beu Eko Bewa’. Prosesi pengukuhan dilakukan di Rumah Tenun Ende, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Foto: BPMI Setpres

News

Presiden Jokowi Dianugerahi Gelar Mosalaki Ulu Beu Eko Bewa
Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih melepas Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Kabupaten Bantul, PMI, rekan relawan, dan BPBD Kabupaten Bantul dalam rangka kegiatan kemanusiaan meyalurkan bantuan untuk membantu meringankan beban masyarakat Lumajang akibat erupsi Gunung Semeru. (Foto: Humas Bantul)

News

Aksi Tanggap Bencana, Kabupaten Bantul Lepas Relawan untuk Semeru
Kadarmanta Baskara Aji. (Foto: Humas Pemda DIY)

News

Bandara DIY Bukan Pintu Masuk Utama Pelaku Perjalanan Luar Negeri
Ilustrasi: nyatanya.com

News

Hari Ini Sembuh Covid-19 Bertambah 32.570 Orang, Terkonfirmasi Positif Tambah 55.209 Kasus
Ilustrasi: nyatanya.com

News

Sejak Awal Maret 2022, Kasus Covid-19 Konsisten Alami Penurunan