Home / Olga

Kamis, 23 September 2021 - 23:29 WIB

BMKG Komitmen Kawal Informasi Cuaca Seluruh Klaster Pertandingan PON XX

BMKG menyatakan komitmennya untuk mendukung penuh penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Provinsi Papua yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2021. (Foto:rayki/kemenpora.go.id)

BMKG menyatakan komitmennya untuk mendukung penuh penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Provinsi Papua yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2021. (Foto:rayki/kemenpora.go.id)

NYATANYA.COM, Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan komitmennya untuk mendukung penuh penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Provinsi Papua yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2021. Sejumlah skenario pun telah dipersiapkan untuk menyukseskan agenda olahraga 4 tahunan tersebut.

“Dari awal pembukaan hingga berakhir kami (BMKG) akan support penuh penyelenggaraan PON. Kesuksesan penyelenggaraan PON otomatis menjadi kebanggan seluruh rakyat Indonesia,” kata Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati di Jakarta, Rabu (23/9/2021).

Sejumlah skenario yang dipersiapkan, kata Dwikorita, di antaranya yaitu memperbaharui informasi cuaca publik Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, Kabupaten Merauke, dan Kabupaten Mimika yang menjadi lokasi penyelenggaraan PON setiap tiga jam sekali. Informasi tersebut akan ditampilkan pada seluruh display yang berada di masing-masing venue dan sarana informasi lainnya seperti website dan aplikasi mobile PON.

Menurut dia, hal ini cukup krusial mengingat cuaca ekstrem dapat muncul sewaktu-waktu. Terlebih penyelenggaraan PON XX 2021 sendiri bertepatan dengan kalender musim penghujan Indonesia.

Baca juga   Klasemen Sementara - Jatim dan DKI Bersaing Sengit, DIY Posisi 13

“Pemantauan cuaca dilakukan secara kontinyu dengan peringatan sedini mungkin. Dengan begitu, panitia penyelenggara dapat segera merespon dan mengantisipasi kondisi alam saat itu. Khususnya untuk cabang olahraga yang sensitif cuaca,” imbuhnya.

Skenario lainnya, BMKG akan menyediakan informasi cuaca maritim, di antaranya prakiraan cuaca perairan, prakiraan tinggi gelombang, dan informasi pasang surut air laut untuk mendukung penyelenggaraan cabang olahraga yang dilangsungkan di klaster Kota Jayapura.

Sementara itu, Kepala Balai Besar BMKG Wilayah V Jayapura, Cahyo Nugroho mengatakan BMKG juga menyediakan informasi cuaca khusus untuk mendukung penyelenggaraan cabang olahraga dirgantara. Diantaranya, informasi prakiraan arah dan kecepatan angin lapisan 700 meter, 1.500 meter, dan 3.000 meter serta SDM pendukung yang akan memberi briefing kondisi cuaca kepada penyelenggara lomba.

“Untuk memaksimalkan informasi cuaca, kami juga memasang sejumlah peralatan pendukung di arena cabor paralayang, gantole, dan olahraga layar. Kinerja perangkat radar cuaca di Sentani, Merauke, dan Timika juga akan dimaksimalkan untuk mendukung cabor dirgantara,” imbuhnya.

Baca juga   Jelang PON, Stok Ikan dan Daging di Klaster Merauke Mencukupi

Tidak hanya itu, lanjut Cahyo, BMKG memberikan layanan kalibrasi untuk peralatan yang dimiliki oleh penyelenggara PON tanpa dipungut biaya. BMKG juga menyediakan fasilitas ruangan untuk tim panitia pelaksana cabor paralayang sehubungan dengan dekatnya lokasi dengan kantor Balai Besar BMKG Wilayah V Jayapura.

“Panitia bisa memonitor pergerakan atlit paralayang melalui radar yang dipasang di panic room, mengingat area lintasannya sangat luas sehingga tidak memungkinkan dipantau secara visual mata. Ada alat yang dipasang pada paralayang sehingga bisa dimonitor perjalanan atlet,” paparnya.

Cahyo menyebut, informasi prakiraan cuaca yang dikeluarkan BMKG dapat menjadi rujukan bagi seluruh kontingen provinsi dalam menentukan strategi untuk mengoptimalkan hasil lomba atau pertandingan. (*)

Share :

Baca Juga

Aurelia Nariswari Putri Sigit, atlet sepatu roda DIY dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2021 di Papua saat bertemu Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Olga

Wawali Berikan Dukungan Kepada Aurelia di Ajang PON Papua
Rio Waida lolos babak 16 besar dan akan berjibaku man-to-man menghadapi tuan rumah Kanoa Igarashi besok. (Foto:nyatanya.com/nocindonesia)

Olga

Nyaris Tersingkir, Rio Waida Lolos Babak 16 Besar
Menpora Amali saat menjadi narasumber pada acara live dialog Indonesia Bicara, TVRI. (Foto:nyatanya.com/Kemenpora)

Olga

Indonesia Akan Bangun Trainning Camp Olahraga Berstandar Internasional
(Foto:nyatanya.com/KOI)

Olga

Menkominfo Johnny G Plate Siapkan Bonus untuk Atlet Peraih Medali Olimpiade Tokyo 2020
Api PON yang dibawa menggunakan maskapai penerbangan Trigana Air mendarat di Bandara Udara Mozes Kilangin Timika sekira pukul 11.00 WIT. (Foto: MC Kominfo)

Olga

Dikirab Hari Ini, Api PON XX Tiba di Mimika

Olga

Sabtu 2 Oktober 2021, Klaster Mimika Tetap Gelar Pertandingan
Sri Sultan Hamengku Buwono X saat Pengukuhan dan Pelepasan Kontingen DIY PON XX Papua 2021. (Foto: Humas Pemda DIY)

Olga

Kontingen PON DIY: Mangkat Bregas, Main Trengginas, Mborong Emas, Mulih Waras
Priscillia Gunawan. (Foto: MC Diskominfo Prov Jatim)

Olga

PON XX Papua, Pengabdian Terakhir Priscillia Gunawan