Home / News

Selasa, 13 September 2022 - 23:51 WIB

BMKG: Waspada Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang

Ilustrasi. Foto: BMKG

Ilustrasi. Foto: BMKG

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan perubahan cuaca untuk sepekan kedepan, potensi perubahan cuaca ini dipicu oleh kondisi dinamika atmosfer dimana terjadi perbelokan dan perlambatan kecepatan angin di sekitar wilayah Sumatra dan Kalimantan yang akhirnya terjadi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah di Indonesia.

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan potensi curah hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang tanggal 10 – 16 September 2022 dapat terjadi salah satunya di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca juga   Rekam Jejak Sejarah Istana Kepresidenan Daerah Istimewa Yogyakarta

Dalam siarannya, BMKG mengimbau masyarakat untuk melakukan persiapan mengantisipasipotensi ini seperti memastikan kapasitas infrastruktur dan sistem tata kelola sumber daya air siap untuk mengantisipasi peningkatan curah hujan.

“Melakukan penataan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, tidak melakukan pemotongan lereng atau penebangan pohon yang tidak terkontrol serta melakukan program penghijauan secara lebih masif,” demikian siaran BMKG, Selasa (13/9/2022).

Selain itu Melakukan pemangkasan dahan dan ranting pohon yang rapuh, dan menguatkan tegakan/tiang agar tidak roboh tertiup angin kencang.

Baca juga   BNPB Kirim Bantuan Logistik untuk Masyarakat Terdampak Erupsi Gunung Semeru

Menggencarkan secara lebih masif melalui sosialisasi, edukasi dan literasi untuk meningkatkan pemahaman, kepedulian Pemerintah Daerah, masyarakat dan pihak terkait dalam pencegahan/pengurangan risiko bencana hidrometeorologi (banjir, longsor, banjir bandang, angin kencang, puting beliung dan gelombang tinggi).

Lebih mengintensifkan koordinasi, sinergi, dan komunikasi antar pihak terkait untuk kesiapsiagaan antisipasi bencana hidrometrorologi.

“Terus memonitor informasi perkembangan cuaca dan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem dari BMKG, secara lebih rinci dan detail untuk tiap kecamatan di seluruh wilayah Indonesia.” (*)

Share :

Baca Juga

Praktik jual beli kamar bagi warga binaan pemasyarakatan (WBP) diduga terjadi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Cipinang, Jatinegara, Jakarta Timur. (Foto: ANTARA)

News

Lingkaran Setan Jual Beli Kamar Tahanan, Begini Kata Pakar Hukum Tata Negara FHUI
BPBD Kabupaten Wonosobo bersama warga membantu proses evakuasi tanah sawah yang longsor hingga mengakibatkan terputusnya saluran irigasi. (Foto: Diskominfo Wonosobo)

News

Tak Ada Korban Jiwa, Sawah Setinggi 250 Meter Longsor di Wonosobo
Ilustrasi: nyatanya.com

News

Per 31 Maret 2022, Sebanyak 7.871 Orang Sembuh dari Covid-19
Sri Sultan Hamengku Buwono X menerima anugerah Bintang Tanda Jasa “The Order of Rising Sun, Gold and Silver Star” dari Kaisar Jepang Naruhito. Foto: kratonjogja.id

News

Sri Sultan Menerima Bintang Tanda Jasa “The Order of Rising Sun, Gold and Silver Star” dari Kaisar Jepang
Yogyakarta International Airport. (Foto: Instagram @bandarayogyakarta)

News

Hadapi Mudik Lebaran, Bandara YIA Tambah 10 Ekstra Flight
Menkominfo Johnny Gerard Plate dalam Konferensi Pers Menyongsong Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024, Pemilu Berkualitas untuk Indonesia Maju di kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu (4/1/2022). Foto: Amiriyandi/InfoPublik

News

Hingga 4 Januari 2023, Kominfo Tangani 1.321 Hoaks Politik
Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Kementerian Agama RI Tri Handoko Seto didampingi Kakanwil Kemenag DIY saat audiensi ke Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X. (Foto: Humas Pemda DIY)

News

Sri Sultan HB X Dukung Pemuliaan Candi Prambanan
Pekerja mengemas minyak goreng curah di Pasar Subuh, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Rabu (5/1/2022). Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah bekerja sama dengan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) akan menyediakan 1,2 miliar liter minyak goreng untuk masyarakat dengan harga jual Rp14 ribu per liter di tingkat konsumen di seluruh Indonesia selama enam bulan ke depan. (ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/wsj)

News

Mendag: Kebijakan DMO dan DPO Tidak Merugikan Petani Kelapa Sawit