Home / News

Rabu, 30 Maret 2022 - 11:20 WIB

BMKG: Waspada Potensi Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan

Foto: BMKG

Foto: BMKG

NYATANYA.COM, Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem (puting beliung, hujan lebat disertai kilat/petir, dan hujan es) serta dampak yang dapat ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin dalam sepekan kedepan (29 Maret – 4 April 2022) di wilayah Indonesia.

Pasalnya, indeks-indeks global seperti SOI, dan NINO3.4 menunjukkan nilai yang signifikan. Kondisi ini mengindikasikan adanya potensi pertumbuhan awan hujan yang cukup signifikan di wilayah Indonesia bagian timur.

Sedangkan, aktivitas MJO saat ini berada pada fase 5 (Maritime Continent) yang masuk kategori Netral, dan diprediksi dalam seminggu kedepan akan bergerak menjauhi Indonesia.

Hal tersebut mengindikasikan penurunan potensi hujan dengan intensitas lebat hingga ekstrim di wilayah Indonesia bagian tengah hingga timur.

Sementara aktivitas gelombang atmosfer Rossby dalam sepekan kedepan menunjukkan kondisi meningkat di wilayah Indonesia, khususnya Indonesia bagian utara.

Sedangkan gelombang atmosfer Kelvin diprediksi signifikan pada wilayah Sumatera bagian utara hingga tengah, Kalimantan Barat, Jawa bagian timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Baca juga   20 Orang Jadi Korban Longsong di Pemancingan Cibogor

Sirkulasi siklonik terpantau di sekitar Samudera Hindia Selatan Jawa-Bali, Samudera Hindia Barat Sumatera, Laut Cina Selatan, Laut Banda dan Laut Arafuru yang menyebabkan terbentuknya belokan maupun pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang mengakibatkan meningkatnya potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Berdasarkan prediksi kondisi global, regional, dan probabilistik model tersebut, BMKG memperkirakan potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat terdapat di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Maluku, Papua dan Papua Barat.

Pada minggu ini BMKG memprediksikan potensi hujan lebat mendominasi wilayah Aceh, Jawa, Sulawesi, Maluku, Papua barat dan Papua. Sementara pada awal pekan depan, potensi hujan lebat diperkirakan akan terdapat di wilayah Sumatera Utara, Jawa bagian timur, Kalimantan bagian utara, Sulawesi bagian tengah hingga selatan, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Baca juga   Hari Ini 416 Pasien Covid-19 di DIY Sembuh, Meninggal 7 Orang

Berikut wilayah yang diperkirakan BMKG yang akan dilanda cuaca ekstrem dalam sepekan kedepan :

• 29 – 30 Maret 2022 : Jambi, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua;

• 31 Maret – 1 April 2022 : Aceh, Sumatera Utara, Jambi, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, dan Papua;

• 2 – 4 April 2022 : Aceh, Sumatera Utara, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Papua Barat, dan Papua.

(N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Foto: ANTARA

News

Subsidi BBM Dinilai Tak Tepat Sasaran, Dinikmati Orang Kaya
Pelaku dengan barang bukti 4 paruh burung rangkong yang akan dijual Rp2-3 juta. (Foto:Mediacenter Riau)

News

Ditangkap Polda Riau, Pengepul Ngaku Jual 1 Paruh Burung Rangkong Rp3 Juta
Kemenkes) meminta semua pihak terkait untuk mempercepat vaksinasi guna mencegah peyebaran Covid-19 di Indonesia, khususnya untuk lanjut usia (lansia) karena sangat rawan untuk masuk rumah sakit (RS) dan meninggal. (Foto: Kemenkes)

News

Cegah Penyebaran Covid-19, Kemenkes Minta Vaksinasi Dipercepat
Foto: Istimewa/Dok. Kemnaker

News

Indonesia dan Australia Jalin Kerja Sama Pengembangan SDM Ketenagakerjaan
Najwa Shihab. (Foto: Istimewa)

News

Hoaks! Najwa Shihab Tercatut dalam Daftar Penerima Saham Harvey Moeis
Foto: dok. Puspenkum

News

Dugaan Kasus Ekspor Minyak Goreng Naik ke Tahap Penyidikan
Mendagri M. Tito Karnavian. (Foto: kemendagri.go.id)

News

Berlaku sampai 15 November 2021, Ini Instruksi Baru Mendagri tentang PPKM
Foto: BPMI Setpres 

News

Presiden: APBN 2023 Instrumen Stabilitas untuk Pengendalian Inflasi