Home / Peristiwa

Minggu, 6 Maret 2022 - 22:57 WIB

BNPB: 1.765 Rumah Terverifikasi Tingkat Kerusakan Gempa Sumbar

Sejumlah bangunan rusak akibat gempa di sejumlah wilayah Sumatra Barat pada Jumat (25/2/2022) pukul 08.39 WIB. (Foto: BPBD Sumatra Barat)

Sejumlah bangunan rusak akibat gempa di sejumlah wilayah Sumatra Barat pada Jumat (25/2/2022) pukul 08.39 WIB. (Foto: BPBD Sumatra Barat)

NYATANYA.COM, Jakarta – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan lebih dari 1.700 rumah terverifikasi tingkat kerusakan pascagempa magnitudo (M)6,1 di wilayah Sumatra Barat (Sumbar).

“Sebanyak 4.831 lainnya masih dalam proses verifikasi tingkat kerusakan yang seluruhnya berada di Kabupaten Pasaman Barat,” demikian Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, dalam keterangan resminya, Minggu (6/3/2022).

Data per Sabtu (5/3/2022), menyebutkan total rumah rusak berat 653 unit, rusak sedang 375 unit dan rusak ringan 737 unit.

Sedangkan pada fasilitas umum, pos komando (posko) mencatat total fasilitas terdampak yaitu fasilitas pendidikan 41 unit, fasilitas kesehatan 20, tempat ibadah 49 dan kantor pemerintah 20. Kerusakan lain berupa infrastruktur sebanyak 26 unit, jembatan rusak 4 dan lahan pertanian terdampak 80 hektar.

Rincian kerusakan rumah dan fasilitas umum di wilayah Pasaman Barat, sebanyak 4.831 rumah rusak yang masih membutuhkan verifikasi tingkat kerusakan.

Bangunan terdampak pada fasilitas pendidikan 27 unit, fasilitas kesehatan 13, tempat ibadah 39, kantor pemerintah 17 unit, sedangkan infrastruktur 26 unit.

Baca juga   Masyarakat Diminta Sadar Vaksinasi Booster, Jangan Tunggu Petugas “Door to Door”

Sedangkan di Kabupaten Pasaman, sebanyak 1.736 rumah rusak dengan rincian, rumah rusak berat 651 unit, rusak sedang 355 unit dan rusak ringan 730 unit.

“Untuk fasilitas umum, tercatat tempat ibadah rusak berat 5 unit dan 4 rusak ringan, fasilitas pendidikan 6 unit rusak berat dan 8 rusak ringan, fasilitas kesehatan 7 unit rusak sedang dan 2 kantor pemerintah rusak ringan,” jelas Muhari.

Di Kabupaten Lima Puluh Kota, sebanyak 27 rumah rusak dengan rincian, rumah rusak berat 2 unit, rusak sedang 20 unit dan rusak ringan 5 unitm Sedangkan fasilitas umum berupa tempat ibadah rusak sedang 1 unit dan 1 kantor rusak sedang.

“Untuk wilayah Kabupaten Agam dan Padang Pariaman masing-masing rumah rusak ringan 1 unit,” imbuh Muhari.

Selain perkembangan terkini kerugian material, Posko mencatat dampak korban jiwa dengan total warga meninggal dunia 18 orang, luka berat 46 orang, luka ringan 336 orang, hilang 4 orang dan mengungsi 19.221 orang.

Baca juga   Dikebut! Vaksinasi di Temanggung Baru 15% dari Target 554.126 orang

Dengan rincian korban meninggal dunia di Kabupaten Pasaman Barat 9 orang, luka berat 45 orang, luka ringan 336 orang dan mengungsi 14.014 orang. Mereka yang mengungsi tersebar di 16 pos pengungsian.

Untuk di Kabupaten Pasaman korban meninggal dunia 9 orang dan hilang 4 orang.

Tim gabungan di bahwa koordinasi Basarnas masih melakukan pencarian terhadap korban hilang tersebut. Sedangkan di Kabupaten Agam, warga luka berat berjumlah 1 orang.

Dua wilayah paling terdampak yaitu Kabupaten Pasaman Barat dan Pasaman masih berada pada status tanggap darurat bencana alam.

Posko Penanganan Darurat Bencana masih terus memberikan pelayanan kepada warga terdampak gempa.

Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat dan Pasaman menetapkan status tanggap darurat hingga 10 Maret 2022.

“BNPB masih terus melakukan pendampingan dan pemantauan pelaksanaan tanggap darurat di wilayah terdampak, khususnya Pasaman Barat dan Pasaman,” pungkas Muhari.

(N1)

Share :

Baca Juga

Pasar Klithikan Pakuncen Yogyakarta. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogyakarta)

Peristiwa

Pasar Ditutup Selama PPKM Darurat, Pedagang Diberi Keringanan Bayar Restribusi
Mobil Toyota Agya AB 1430 FY yang alami kecelakaan di Ring Road Jombor, Selasa (26/4/2022). Foto: Ist

Peristiwa

Tabrakan Agya vs CRV di Ring Road Jombor, Tak Ada Korban Jiwa
Dengan bertambahnya SDM dari angkatan 2021, diharapkan kepengurusan himpunan mahasiswa DKV mampu menjadikan organisasi kemahasiswaan yang efektif dan efisien dengan penambahan kegiatan kampus yang bermanfaat dan bermutu bagi mahasiswanya dan juga masyarakat luas. (Foto: Dok HIMADKVISKA)

Peristiwa

Adakan Open Recruitment, HIMADKVISKA Kedepankan Aspek Kompetensi dan Integritas
Geladak Perak, jembatan penguhubung utama Lumajang - Pronojiwo yang ambruk akibat awan panas guguran (APG) Bencana Gunung Semeru akan kembali dibangun di titik yang sama, namun dengan struktur bangunan yang berbeda. (Foto:MC Kab. Lumajang)

Peristiwa

Jembatan Gladak Perak Akan Dibangun Ulang dengan Konstruksi Berbeda
Pelajar SMAN 2 Batang ini mengukir prestasi dengan menjadi Juara umum pada Asian Law Student’s Assosiation (ALSA) English Festival yang digelar Fakultas Hukum Universitas Diponegoro (Undip) Semarang. (Foto: MC Batang)

Peristiwa

SMAN 2 Batang Sabet Juara Umum ALSA E-Fest Undip 2021
Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Marves Odo R.M. Manuhutu. (Foto: InfoPublik)

Peristiwa

World Superbike 2021 Mandalika akan Dihadiri 25 Ribu Orang
Logo Kabupaten Sukoharjo. (ilustrasi:nyatanya.com)

Peristiwa

Gerakan ASN Peduli Dampak Corona, ASN Sukoharjo Donasi Sembako Senilai Rp200 Ribu
Keraton Yogyakarta menghadirkan Rubrik Tamanan sebagai bentuk Kepedulian Keraton Yogyakarta terhadap pendidikan anak. (Foto:nyatanya.com/kratonjogja.id)

Peristiwa

Tamanan, Rubrik Ramah Anak dari Keraton Yogyakarta