Home / News

Jumat, 11 November 2022 - 14:17 WIB

BNPB Antisipasi Potensi Bencana Alam, Covid-19, dan PMK di KTT G20 Bali

Rapat Koordinasi Persiapan Infrastruktur, Logistik, Media dan Komunikasi, Keamanan, Side Event dan Kesehatan KTT G20 di Hotel Renaissance Bali, Nusa Dua, Kamis (10/11/2022). Foto: Dok.BNPB

Rapat Koordinasi Persiapan Infrastruktur, Logistik, Media dan Komunikasi, Keamanan, Side Event dan Kesehatan KTT G20 di Hotel Renaissance Bali, Nusa Dua, Kamis (10/11/2022). Foto: Dok.BNPB

NYATANYA.COM, Denpasar – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) turut mendukung kesuksesan perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Presidensi G20 Indonesia pada 15 hingga 16 November 2022 di Nusa Dua, Badung, Provinsi Bali.

“BNPB siap mendukung dan menyukseskan G20 pada 15 hingga 16 November mendatang,” kata Kepala BNPB Letnan Jenderal TNI Suharyanto dalam keterangan yang diterima InfoPublik di Bali, Jumat (11/11/2022).

Dalam Rapat Koordinasi Persiapan Infrastruktur, Logistik, Media dan Komunikasi, Keamanan, Side Event dan Kesehatan KTT G20 di Bali, Kamis (10/11/2022), Suharyanto menjelaskan, BNPB turut mempersiapkan tiga hal dalam mendukung penyelenggaraan G20 berjalan dengan aman dan maksimal.

Pertama adalah antisipasi bencana alam melalui pelaksanaan tabletop exercise (TTX).

“Untuk antisipasi bencana alam, BNPB telah melaksanakan tabletop exercise terhadap potensi bencana gempabumi dan tsunami,” ujar Suharyanto.

Pelaksanaan TTX telah dipersiapkan sejak September 2022, mulai dari rapat koordinasi, perancangan, final planning conference, pelaksanaan TTX hingga pelaporan dan penyusunan rekomendasi.

Kedua, Kepala BNPB yang juga menjabat sebagai Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Nasional turut mengungkapkan bahwa penerapan protokol kesehatan akan terus dipantau untuk mencegah penularan pada saat kegiatan puncak acara G20.

Baca juga   Tim Pencari Fakta Independen Segera Usut Tragedi Stadion Kanjuruhan Malang

“Kami telah membentuk posko pemantauan protokol kesehatan Covid-19 di kawasan Rumah Resiliensi Indonesia yang berlokasi di Puja Mandala Nusa Dua,” ungkap Suharyanto.

Tentunya hal itu sesuai dengan Surat Edaran Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) dan Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) Nomor 25, pada pintu masuk dan keluar Bali dilaksanakan pemeriksanaan syarat perjalanan, termasuk syarat vaksinasi booster.

Terakhir, Suharyanto selaku Ketua Satgas Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Nasional turut menjelaskan perkembangan dan penanganan PMK di Provinsi Bali.

“Sejak 15 Agustus lalu, Provinsi Bali telah dinyatakan sebagai daerah zero reported case PMK, namun kita tidak boleh lengah,” tutur Suharyanto.

“Penerapan biosecurity, vaksinasi, dan testing kami perketat,” tegasnya.

Suharyanto juga menjelaskan bahwa BNPB telah membentuk 3 posko biosecurity di wilayah Bali dan akan menambah posko lainnya guna memperketat strategi pencegahan penularan PMK.

“3 posko ada di Pelabuhan Gilimanuk, Padang Bai dan Benoa, kemudian kami akan menambah posko di Pelabuhan Ketapang, Lembar dan Bandara I Gusti Ngurah Rai,” jelasnya.

Baca juga   Ajak Masyarakat Saling Menguatkan, Ganjar: “Diobong Ora Kobong Disiram Ora Teles”

Penerapan biosecurity sudah diterapkan di Provinsi Bali, mulai dari karpet disinfektan pada wilayah bandara, box disinfeksi di pelabuhan, penyemprotan di check point dan disinfeksi ke kandang-kandang.

Bersama unsur pentaheliks, BNPB mendukung seluruh rangkaian kegiatan hingga puncak KTT G20 melalui langkah-langkah antisipasi terjadinya bencana alam ketika kegiatan berlangsung, lonjakan kasus Covid-19 serta pencegahan penularan PMK sehingga perhelatan dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

Turut hadir pada rapat itu Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi RI, Menteri Perhubungan RI, Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kepala Polisi Republik Indonesia (Kapolri) dan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI serta Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI.

Kemudian Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan, Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) serta segenap panitia penyelenggara Presidensi G20 Indonesia.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Perdana Menteri (PM) Singapura, Lee Hsien Loong, menggelar pertemuan bilateral di Ruang Dahlia, The Sanchaya Resort Bintan, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, Selasa (25/1/2022). (Foto: BPMI Setpres)

News

Indonesia-Singapura Sambut Baik Peningkatan Kerja Sama Bilateral
(Ilustrasi:nyatanya.com)

News

Pasien Covid-19 di Magelang Kembali Bertambah 5 Orang
Ilustrasi kedatangan vaksin. (Foto: Ryiadhy Budhy Nugraha/InfoPublik)

News

Besok, Pasokan Vaksin Covid-19 Sebanyak 4.677.430 Dosis Tiba di Tanah Air
Kapolres Temanggung menunjukkan pelaku beserta barang bukti yang dipergunakan menganiaya korban. (Foto: istimewa)

News

Sabetkan Pedang, Pelaku Penganiayaan Diborgol Polisi
KAI menjual tiket mudik lebaran mulai H-45 sebelum keberangkatan sehingga masyarakat sudah dapat membeli tiket untuk perjalanan hingga 16 Mei 2022 dan seterusnya. (Foto: InfoPublik/MC Kota Malang)

News

KAI Daop 8 Surabaya Operasikan 39 Kereta Api Lebaran 1443 H
Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto. (Foto: Tangkapan Layar Kanal Youtube Setpres)

News

PPKM Luar Jawa dan Bali Diperpanjang Sampai 31 Januari 2022
(Ilustrasi:nyatanya.com/istimewa)

News

Kemen PPPA Kecam Keras Kasus Pemerkosaan di Halmahera Tengah
Salah satu warga yang mengalami luka akibat terkena guguran debu panas mendapatkan perawatan di fasilitas kesehatan setempat. Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) memastikan puskesmas dan rumah sakit terdekat standby pasca terjadinya Awan Panas Guguran (APG) Gunung Semeru. (Foto: MC Kab. Lumajang)

News

Sejumlah Warga Luka Bakar, Bupati Pastikan Puskesmas dan RS Terdekat Siaga Tangani Korban