Home / News

Jumat, 25 Februari 2022 - 14:55 WIB

BNPB Kirim TRC ke Lokasi Terdampak Gempa M6,1 di Sumbar

Sejumlah bangunan rusak akibat gempa di sejumlah wilayah Sumatra Barat pada Jumat (25/2/2022). Parameter gempa yang terjadi bermagnitudo (M)6,2 dan berlangsung pada pukul 08.39 WIB. (Foto: BPBD Sumatra Barat)

Sejumlah bangunan rusak akibat gempa di sejumlah wilayah Sumatra Barat pada Jumat (25/2/2022). Parameter gempa yang terjadi bermagnitudo (M)6,2 dan berlangsung pada pukul 08.39 WIB. (Foto: BPBD Sumatra Barat)

NYATANYA.COM, Jakarta – Pascagempa magnitudo (M)6,1 BNPB mengirimkan tim reaksi cepat (TRC) untuk memberikan pendampingan tanggap darurat bencana. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala BNPB Letnan Jenderal TNI Suharyanto pada Jumat (25/2/2022) siang tadi.

Suharyanto telah memerintahkan TRC untuk menuju ke lokasi terdampak gempa bumi di wilayah Sumatra Barat. Ia dan jajarannya telah merencanakan untuk berkoordinasi dengan pemerintah daerah terdampak secara langsung. Pada kesempatan itu, Suharyanto memberikan langkah-langkah BNPB untuk mendukung penanganan darurat.

TRC akan memastikan terbentuknya pos komando (posko) sehingga upaya-upaya penanganan darurat dapat terselenggara secara terkoordinasi untuk memimpin kegiatan di lapangan.

Baca juga   Sempat Surut, Banjir Kepung Enam Kecamatan di Kabupaten Pasuruan

Selanjutnya, Kepala BNPB meminta tempat-tempat pos pengungsian tersedia untuk menampung warga terdampak. Suharyanto meminta pemerintah daerah yang dikoordinasikan oleh BPBD setempat untuk memastikan ketersediaan termpat tersebut.

“Kami akan memastikan kebutuhan dasar pengungsi dapat tersedia secara cepat,” ujar Suharyanto.

Kepala BNPB akan menyampaikan informasi detail terkait dengan perkembangan terkini dampak gempa M6,1, seperti korban jiwa, luka-luka, kerusakan bangunan rumah maupun fasilitas umum.

Data sementara pada hari ini Jumat (25/2/2022) hingga pukul 11.50 WIB Kepala BNPB menyebutkan warga meninggal dunia berjumlah 2 orang dan luka-luka 20 orang.

Baca juga   Minggu Ini, KPK dan IDI Bakal ke Papua Periksa Kesehatan Lukas Enembe

Sedangkan data kerugian material meliputi fasilitas pendidikan rusak berat 1 unit, serta kerusakan pada fasilitas perbankan, balai pertemuan warga dan aula kantor bupati Pasaman Barat.

Menyikapi kondisi pascagempa, warga diimbau untuk tetap waspada dan siap siaga terhadap potensi gempa susulan. BNPB meminta warga untuk tidak terpancing pada kemungkinan isu negatif yang beredar dan dapat menimbulkan kepanikan di tengah masyarakat. Di samping itu, pastikan terlebih dahulu kekuatan bangunan pascagempa sebelum memasukinya.

(N1)

Share :

Baca Juga

Foto: Dok.AP II

News

Angkasa Pura II Catat Kebangkitan Lalu Lintas Penerbangan, Lima Sinyal Ini Jadi Ukuran
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari (ketiga dari kanan) dalam kegiatan Rekapitulasi Nasional Hasil Verifikasi dan Penetapan Partai Politik Calon Peserta Pemilu 2024 di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu (14/12/2022). Foto: ANTARA/ Aditya Pradana Putra

News

Tok! Ini 17 Parpol yang Berhak Ikut Pemilu 2024, Partai Ummat Tak Lolos Verifikasi
Puluhan massa yang tergabung dalam Forum Merah Putih (FMP) menggelar aksi di Kantor Aksi Cepat Tanggap (ACT) cabang Jawa Timur, Jalan Gayungsari Barat, Surabaya, Jumat (15/7/2022). Foto: selalu.id

News

Massa FMP Segel Kantor ACT Jatim, Tuntut Pengusutan Kasus Penyelewengan Dana
Proses Verifikasi Keanggotaan menggunakan Teknologi Informasi. Foto: Ist

News

Mengejutkan! PSI DIY Lolos Verifikasi Keanggotaan 100%
Pemkot Yogya siagakan mobile laboratorium untuk test antigen di wilayah yang memiliki tingkat aktivitas tinggi saat libur Nataru. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Pemkot Yogya Siagakan Mobile Laboratorium Tes Acak di Tempat Wisata
Foto: ANTARA

News

PPKM Jawa-Bali Diperpanjang Sampai 9 Mei 2022
Mendagri M. Tito Karnavian memandu pembacaan sumpah pelantikan tiga penjabat gubernur DOB Papua di Lapangan Plaza Gedung A Kantor Pusat Kemendagri, Jakarta, Jumat (11/11/2022). Foto: ANTARA/Tri Meilani Ameliya

News

Mendagri Lantik Tiga Pejabat Gubernur di DOB Papua, Rektor Universitas Cenderawasih Salah Satunya
Vaksin Covid-19 merek AstraZeneca donasi Pemerintah Prancis tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Sabtu (2/10/2021) pukul 15.20 WIB. (Foto: Amiri Yandi/InfoPublik)

News

Indonesia Kembali Terima 600.000 Dosis Vaksin AstraZeneca dari Prancis