Home / Olga

Jumat, 26 November 2021 - 22:46 WIB

Borobudur Marathon Digelar Besok, 27-28 November 2021

Peluncuran buku

Peluncuran buku "Borobudur Marathon Mewarnai Zaman" sekaligus pembukaan Borobudur marathon 2021 di Hotel Artos Magelang, Jumat (26/11/2021). (Foto: humas/beritamagelang)

NYATANYA.COM, Magelang – Borobudur Marathon kembali digelar pada Sabtu dan Minggu, 27-28 November 2021. Dilaksanakan di penghujung tahun dengan protokol kesehatan yang sangat ketat, namun tetap menyesuaikan dengan kebutuhan para pelari dan situasi terkini.

Perhelatan akbar tahun ini mengambil tema “Symphony Of Energy” untuk menghadirkan kesatuan energi yang membangkitkan para pelari dan Magelang.

Pembukaan Borobudur Marathon dilaksanakan di Grand Artos Hotel, Jumat (26/11/2021) dihadiri Dirut Bank Jateng Supriyatno, Pimred Harian Kompas Sutta Dharmasaputra, Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas Budiman Tanurejo serta Sekjen PASI Tigor Tanjung.

Sutta menjelaskan, Borobudur Marathon 2021 powered by Bank Jateng yang dilaksanakan dua hari ini, menghadirkan tiga lomba, yakni Borobudur Marathon Elite Race, Bank Jateng Tilik Candi dan Borobudur Marathon Virtual Challenge (BMVC). Untuk BMVC, panitia berhasil menggaet peserta sebanyak 8.008 pelari dari seluruh Indonesia dengan kategori 42 K, 21 K dan 10 K.

Baca juga   Pasien Sembuh Covid-19 di Magelang Bertambah 31 Orang

Pembukaan Borobudur Marathon juga diwarnai dengan peluncuran buku berjudul “Borobudur Marathon Mewarnai Zaman”. Buku ini disusun sebagai kegiatan olahraga yang sekaligus menjadi bentuk wisata yang turut meningkatkan perekonomian Magelang.

Pagelaran tahunan marathon ini, sudah menjadi kegiatan ikonik Magelang.

“Kisah perjalanan Borobudur Marathon ini diceritakan dalam bentuk buku karya Lilik Oetama, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Budiman Tanurejo, Supriyatno dan Liem Cie An,” katanya.

Sementara itu, Dirut Bank Jateng Supriyatno mengakui, kegiatan Borobudur Marathon secara tidak langsung mendukung UMKM Magelang, salah satunya dengan program Pawone yang digulirkan bersama Bank Jateng.

Saat pelaksanaan, peserta dapat menikmati sajian khas Magelang dari UMKM yang tergabung dalam Pawone Borobudur Marathon.

Baca juga   Warga Lereng Merbabu Antusias Ikuti Vaksinasi Covid-19

“Momen Borobudur Marathon ini diharapkan dapat memberikan nilai tambah terhadap perekonomian Magelang dengan meningkatkan kemampuan para pelaku UMKM,” ujarnya.

Sedangkan ketua Yayasan Borobudur Marathon, Liem Chi An menambahkan, sejak kegiatan ini digelar pertama kali pada 2017, pihaknya berupaya untuk terus berinovasi dan secara konsisten menghadirkan keseruan setiap tahunnya.

“Kami di tahun ini membuka kategori Bank Jateng Tilik Candi yang menggaet 128 pelari untuk hadir bersama di Magelang dan menyatukan energinya dalam perhelatan tahun ini. Hal tersebut menjadi angin segar bagi penyelenggaraan offline race di Indonesia dan diharapkan menjadi gerbang yang terbuka kembali untuk penyelenggaraan offline race Borobudur Marathon ke depannya,” harapnya.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Piala Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X di raih oleh driver Toti Utomo dan Navigatornya Tori Utomo. Foto: Ist

Olga

Toti Utomo-Tori Utomo Bawa Pulang Piala Sri Sultan HB X di Piala Raja Sprint Rally Jogja 2022
Bupati Blora H Arief Rohman menyerahkan bonus atau tali asih kepada atlet Blora yang meraih medali di PON dan Peparnas di Papua 2021 saat resepsi Hari Jadi ke-272 Kabupaten Blora di pendopo rumah dinas bupati, Sabtu (11/12/2021) malam. (Foto: MC Kab Blora/Teguh)

Olga

Bupati Blora Serahkan Bonus Atlet Peraih Medali PON dan Peparnas 2021
Eksebisi paramotor Pekan Olahraga Nasional (PON) XX resmi dipertandingkan di Merauke, Papua. (Foto: PB PON/Nuryani)

Olga

Eksebisi Paramotor PON Papua Digelar, 28 Atlet Berebut 12 Medali
Tim sepak Bola dan futsal Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) PWI Riau, sukses meraih dua gelar juara pada Kejuaraan nasional Siwo, yang digelar di Yogyakarta pada 11-14 November 2021. (Foto: MC Riau)

Olga

Jelang Porwanas 2022, Siwo PWI Riau Raih Dua Juara di Yogyakarta
Suasana pesta kembang api Pembukaan PON Papua di Jembatan Merah Teluk Youtefa, Kota Jayapura, Papua, Sabtu (2/10/2021). Pesta kembang api di Jembatan Merah Teluk Youtefa menandai pembukaan PON Papua. (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/YU)

Olga

Pembukaan Peparnas Papua 5 November 2021 di Stadion Mandala
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengawal langsung keberangkatan kontingen PON Jawa Tengah ke Papua. (Foto:Humas Jateng)

Olga

Ganjar Kawal Langsung Atlet PON XX Jateng ke Papua
Meet and greet Jakarta E-Prix 2022 di Monas, Jakarta Pusat, pada Kamis (2/6/2022). Foto: PPID DKI Jakarta

Olga

Ini yang Diungkap Gubernur DKI Anies Baswedan Saat Hadiri Meet and greet Jakarta E-Prix 2022
Tim voli duduk putri Indonesia berhasil mengatasi perlawanan Kamboja dan mendapatkan kemenangan pada ronde kedua dalam pertandingan ASEAN Paragames (APG) XI Solo 2022. Foto: Egan/Humas kemenpora

Olga

Atasi Kamboja, Tim Voli Duduk Putri Indonesia Jaga Peluang Raih Emas