Home / Peristiwa

Sabtu, 11 Desember 2021 - 19:44 WIB

BPBD Temanggung Minta Warga Siaga Dampak La Nina

Rumah rusak akibat angin puting beliung. Pemerintah Kabupaten Temanggung melalui Sekretaris Daerah telah membuat Surat Edaran tentang Peringatan Dini Bahaya La Nina yang ditujukan kepada seluruh kecamatan di Temanggung. (Foto: MC Kab Temanggung)

Rumah rusak akibat angin puting beliung. Pemerintah Kabupaten Temanggung melalui Sekretaris Daerah telah membuat Surat Edaran tentang Peringatan Dini Bahaya La Nina yang ditujukan kepada seluruh kecamatan di Temanggung. (Foto: MC Kab Temanggung)

NYATANYA.COM, Temanggung – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung menyiapkan sejumlah langkah antisipasi menghadapi fenomena La Nina di penghujung 2021.

Badai La Nina merupakan sebuah fenomena cuaca ekstrem yang ditandai dengan curah hujan tinggi. Fenomena ini umumnya berpotensi terhadap munculnya beragam jenis bencana hidrometeorologi, seperti tanah longsor, banjir bandang, puting beliung hingga badai tropis.

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Temanggung Toifur Hadi, yang ditemui di kantornya Jumat (10/12/2021) siang mengatakan, berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), musim hujan kali ini akan disertai fenomena La Nina yang artinya diperkirakan curah hujan akan lebih tinggi dibandingkan musim hujan sebelumnya.

Baca juga   Menhan Prabowo Hadiri Peringatan Remembrance Sunday

“Di samping hujan yang berpotensi banjir, juga ada angin kencang, longsor yang perlu kita waspadai, seperti bencana angin kencang yang terjadi di Kecamatan Parakan beberapa waktu lalu. Jadi perlu kita tingkatkan kewaspadaan,” terang Toifur.

Sebagai langkah antisipasi, Pemerintah Kabupaten Temanggung melalui Sekretaris Daerah telah membuat Surat Edaran tentang Peringatan Dini Bahaya La Nina yang ditujukan kepada seluruh kecamatan di Temanggung.

Baca juga   Ribuan Jemaat Antusias Rayakan Natal, Ganjar: Terima Kasih Bisa Tertib

”Dari kecamatan tersebut, kita harap bisa diteruskan ke desa-desa, agar bisa menjadi kewaspadaan bersama,” harapnya.

Personel BPBD, SAR dan dibantu TNI, Polri dan petugas lainnya dilibatkan dalam upaya antisipasi penanganan bencana di wilayah Kabupaten Temanggung. Semua personel tersebut siap bergerak untuk melakukan upaya evakuasi, jika sewaktu-waktu terjadi bencana.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Satuan Samapta (Sat Samapta) Polres Blora Polda Jawa Tengah menggelar latihan bongkar pasang senjata api laras panjang. (Foto: MC Kab. Blora/Teguh)

Peristiwa

Asah Kemampuan, Polres Blora Gelar Latihan Bongkar Pasang Senjata
Ember berisi nyamuk Wolbachia ditempatkan dengan metode penyebaran berbasis grid dalam luasan 75 meter persegi. (Foto:nyatanya.com/media TWC)

Peristiwa

PT TWC Dukung Pengentasan Demam Berdarah di Sleman
Bupati Banyumas, Achmad Husein meresmikan penggunaan Parking Gate Terminal Bulupitu. (Foto: Diskominfo Banyumas)

Peristiwa

Terminal Bulupitu Terapkan Sistem Parkir Elektronik
Gubernur Ganjar Pranowo menanam pohon cemara laut di Pantai Tirang Semarang. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Bersama Pramuka, Ganjar Tanam Ribuan Pohon di Pantai Tirang
Dinas Lingkungan Hidup bersama komunitas relawan SAR Grabag menanam ribuan pohon di lereng Gunung Andong di Desa Tirto, Kecamatan Grabag, Jumat (25/2/2022). (Foto: humas/beritamagelang)

Peristiwa

Kurangi Emisi Gas Rumah Kaca, 5.000 Pohon Ditanam di Lereng Andong
PT Angkasa Pura/AP II (persero) selaku pengelola Bandara Halim Perdanakusum, Sabtu (22/1/2022), mulai menjalankan skenario perpindahan operasional penerbangan ke 5 bandara penerima (recipient), yakni Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang), Bandara Husein Sastranegara (Bandung), Bandara Kertajati (Majalengka), Bandara Pondok Cabe (Jakarta) dan Bandara Budiarto (Tangerang). (Foto: Angkasa Pura II)

Peristiwa

Bandara Halim Perdanakusuma Mulai Pindahkan Operasional Penerbangan, Begini Skenarionya
Foto: Dispenal

Peristiwa

Dua Kapal Pengangkut BBM Ilegal Diamankan Satgas Intel TNI AL di Sungai Kahayan Kalteng
Pemerintah Kota Salatiga menerima Piagam Penghargaan sebagai Wilayah Implementasi Satu Rekening Satu Pelajar (Kejar) Terbaik Kategori Kabupaten/Kota Tingkat Nasional. Foto: Diskominfo Salatiga

Peristiwa

Satu Rekening Satu Pelajar Bawa Pemkot Salatiga Raih Penghargaan Terbaik Tingkat Nasional