Home / Peristiwa

Selasa, 5 Oktober 2021 - 22:45 WIB

BPJamsostek Batang Salurkan Santunan Kematian RT Rp2,1 Miliar

BPJamsostek Cabang Batang menyerahkan santunan kematian RT. Kepala BPJamsostek Cabang Batang Bambang Indriyanto mengatakan, bahwa kegiatan hari ini untuk penyaluran santunan kematian dari tahun 2019 sampai tahun 2021 total Rp2,1 miliar. (Foto:MC Batang)

BPJamsostek Cabang Batang menyerahkan santunan kematian RT. Kepala BPJamsostek Cabang Batang Bambang Indriyanto mengatakan, bahwa kegiatan hari ini untuk penyaluran santunan kematian dari tahun 2019 sampai tahun 2021 total Rp2,1 miliar. (Foto:MC Batang)

NYATANYA.COM, Batang – BPJamsostek Kabupaten Batang menggelar sosialisasi manfaat program dan penyerahan santunan kematian beserta bukti kepesertaan bagi pengurus Rukun Tetangga (RT) oleh Bupati Batang di Aula Desa Sangubanyu, Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang, Selasa (5/10/2021).

Kepala BPJamsostek Cabang Batang Bambang Indriyanto mengatakan, bahwa kegiatan hari ini untuk penyaluran santunan kematian dari tahun 2019 sampai tahun 2021 total Rp2,1 miliar.

“Total itu dengan rincian pada tahun 2019 sebesar Rp120 juta, sedangkan tahun 2020 sebesar Rp42 juta, dan untuk tahun 2021 melonjak drastis sebesar Rp1,6 miliar,” jelasnya.

Dijelaskannya, program kita ada Jaminan kematian (JKm) dengan meninggal karena apapun termasuk Covid-19 tetap ditangani pihak BPJamsostek.

Baca juga   Skanslove Coffee, Tumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Pelajar

Ada satu lagi Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) jika meninggal dikarenakan aktivitas kerja santunannya diberikan 48 kali gaji yang dilaporkan di BPJamsostek Kabupaten Batang, kalau dihitung pas mendapatkan Rp100 juta.

“Perhari ini sudah ada yang terdaftar 194 desa dengan total 3.280 orang RT. Pada BPJamsostek Kabupaten Batang tidak melihat masa kepesertaan, jadi begitu sudah didaftarkan dan dibayarkan langsung mulai perlindungan,” terangnya.

Mau satu bulan, satu tahun, dan beberapa tahun tetap kita proses sesuai kepersetaan yang diikutinya.

“Proses pencairannya lima hari kerja setelah berkas dokumen yang diperlukan sudah semua seperti akte kematian, surat penunjukkan ahli waris, dan kartu keluarga lengkap wajib kita bayarkan,” imbuhnya.

Baca juga   Musim Hujan Tiba, DBD Masih Jadi Ancaman di Batang

Sementara itu, Bupati Batang Wihaji mengatakan, Perkumpulan Pengurus Rukun Tetangga (PPRT) melalui paguyubannya sepakat dengan BPJamsostek Kabupaten Batang sebagai salah satu syarat masuk menjadi pesertanya.

Pemerintah daerah juga mencarikan jalan Keluar dengan adanya Peraturan Bupati baru yang bunyinya insentif, tentu secara perundang-undangan dan masukan BPK sehingga ditindaklanjuti.

“Manfaatnya adalah jika nanti ada yang meninggal bisa dibantu seperti bantuan dana dan ada juga anak yang disekolahkan sampai tamat, melalui iuran melalui BPJamsostek Kabupaten Batang dengan membayar Rp12.000,00 per orang,” ujar dia.

Diharapkan, program ini bermanfaat bagi PPRT dengan bekerjasama BPJamsostek Kabupaten Batang, jika ada PPRT yang minat silahkan saja. Terpenting tidak ada yang memaksa. (*)

Share :

Baca Juga

Rakor Kepala Daerah dan Forkopimda se-Solo Raya tangani pandemi.(Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Kepala Daerah Solo Raya Bersinergi Tangani Wabah Covid-19
Kapolda Jawa Tengah, Irjend Pol Ahmad Luthfi didampingi Bupati Klaten Sri Mulyani saat mengunjungi pelaksanaan vaksinasi di Polres Klaten. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Polres Klaten Membuka Layanan Vaksinasi, Begini Cara Daftarnya
Sebanyak 100 konsentrator oksigen siap pakai diberikan secara langsung oleh Wakil Walikota (Wawali) Surakarta, Teguh Prakosa dan diterima oleh Bupati Boyolali, M. Said Hidayat. (Foto:Diskominfo Boyolali)

Peristiwa

Bantuan 100 Konsentrator Oksigen Pemkot Surakarta Diterima Pemkab Boyolali
Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati saat mengikuti rakor bersama Marinves RI, Luhut Binsar Panjaitan. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Sragen)

Peristiwa

Sragen Terapkan PPKM Level 3, Pembatasan Tetap Dilakukan
Warga Wadas, Bener, Purworejo menggelar aksi damai di depan Kantor Gubernur Jateng meminta perlindungan atas terancam keselamatannya karena mendukung pembangunan proyek Bendungan Bener. (Foto : nyatanya.com/ahmad zain

Peristiwa

Nyawa Terancam Karena Dukung Pembangunan Bendungan Bener, Warga Wadas Wadul Gubernur Ganjar
Logo Kabupaten Sukoharjo. (ilustrasi:nyatanya.com)

Peristiwa

Gerakan ASN Peduli Dampak Corona, ASN Sukoharjo Donasi Sembako Senilai Rp200 Ribu
Bupati Semarang Ngesti Nugraha menyerahkan bantuan sembako kepada warga Banyubiru yang isoman. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Kab Semarang)

Peristiwa

Dana Desa Habis, 106 Warga Banyubiru Isoman
Wawali Yogyakarta Heroe Poerwadi menutup gelaran "Sekati YK Ing Mall", Minggu (17/10/2021) di Lippo Plaza. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Wawali Heroe Poerwadi Resmi Tutup Gelaran “Sekati YK Ing Mall”