Home / Peristiwa

Sabtu, 9 April 2022 - 00:31 WIB

BPJS Kesehatan Tandatangani Kerjasama dengan UNY dan UPN

Penandatanganan naskah kerjasama BPJS dengan UNY dan UPN. (Foto: Dedy Herdito)

Penandatanganan naskah kerjasama BPJS dengan UNY dan UPN. (Foto: Dedy Herdito)

NYATANYA.COM, Sleman – Badan Penyelenggara JaminanSosial (BPJS) Kesehatan Cabang Sleman menjalin kerjasama dengan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Yogyakarta.

Penandatanganan naskah kerjasama dilaksanakan oleh Direktur Utama BPJS Kesehatan Prof Ali Ghufron Mukti dengan Rektor UNY Prof Sumaryanto dan Rektor UPN Dr Mohammad Irhas Effendi, di Hotel UNY, Jumat (8/4/2022).

Menurut Ali Ghufron Mukti kegiatan ini bertujuan untuk melibatkan pemangku kepentingan diantaranya universitas, karena disini tidak hanya ada dosen dan tenaga kependidikan namun juga ada mahasiswa sebagai calon pemimpin bangsa.

“Mahasiswa tersebut juga harus merasakan bagaimana menjadi peserta BPJS yang semakin bagus,” kata Ali Ghufron dikutip dari yogyapos.com.

Menurutnya, BPJS juga menggandeng universitas untuk kegiatan inovasi, riset dan publikasi. Bahkan BPJS juga memberikan tempat untuk Merdeka Belajar Kampus Merdeka untuk belajar berbagai bidang mulai ekonomi, administrasi, kesehatan atau olahraga.

Guru Besar Fakultas Kedokteran UGM tersebut juga memaparkan bahwa BPJS sebagai Lembaga public ditargetkan pada tahun 2024 memiliki peserta 98% dari seluruh penduduk Indonesia.

Hal ini juga sebagai tindak lanjut Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Program JKN dimana Presiden RI menginstruksikan kepada 30 Kementerian dan Lembaga untuk mengambil langkah-langkah sesuai tugas, fungsi, dan kewenangan masing-masing untuk melakukan Optimalisasi program JKN.

Baca juga   Tim PKM-K FKIP UNS Luncurkan Produk Tas Multikapasitas Berbasis Edukasi

Mantan Direktur Jenderal Sumber Daya Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Pendidikan Tinggi (SDID) Kemendikbudristek tersebut juga mengatakan bahwa pencitraan BPJS saat ini makin membaik dan tidak hanya mendapat penghargaan nasional namun juga internasional dengan didapatkannya Good Practice Award dari International Social Security Association (ISSA) yang beranggotakan 160 negara, dengan memperoleh 3 penghargaan dalam kategori Certificates of Merit with Special Mention, 11 penghargaan untuk Certificates of Merit, dan 3 penghargaan kategori Attestations.

Rektor UNY menyambut baik dan mengoptimalkan kerjasama ini bersinergi dengan UPN.

“Potensi UNY adalah dengan memiliki 1211 dosen, 918 tenaga kependidikan dan 37.000 mahasiswa,” jelas Sumaryanto.

Sedangkan Rektor UPN menyebutkan UPN memiliki 1200 dosen dan tenaga kependidikan serta 17.000 mahasiswa.

“Harapan kami kedepan bagi BPJS, selain akses layanan bagi dosen dan tenaga kependidikan juga ada akses bagi mahasiswa,” kata Irhas Effendi.

Dengan makin baiknya pencitraan BPJS maka diharapkan peserta BPJS makin percaya diri menggunakannya, karena inilah saat yang tepatbagi BPJS untuk melakukan repositioning brand untuk meminimalisasi kepercayaan konsumen pada asuransi kesehatan asing.

Baca juga   Langgar Aturan, Pertamina Beri Sanksi SPBU di Kudus

Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2022 ini mencakup perguruan tinggi melalui Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Diinstruksikan agar memastikan peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan pada satuan pendidikan telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS aktif.

Capaian kepesertaan JKN-KIS di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta telah mencapai 93,53% atau berjumlah 3.439.611 orang. Jumlah terbesar berasal dari segmen Penerima Bantuan Iuran yang dibiayai oleh Pemerintah Pusat atau biasa disebut sebagai segmen PBI-JK.

Untuk terus meningkatkan cakupan kepesertaan, BPJS senantiasa menjalin sinergi dengan pemangku kepentingan.

Kerjasama yang terjalin antara BPJS Kesehatan dengan universitas tidak terbatas pada peningkatan cakupan kepesertaan. Secara luas, Kerjasama ini dilaksanakan sebagai upaya integrasi penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi dengan Program JKN-KIS.

Ruang lingkup Kerjasama yang disepakati meliputi peningkatan sinergi di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka serta peningkatan kapasitas SDM, penyediaan tenaga ahli, seminar, lokakarya dan diskusi kelompok terarah.

(Dedy Herdito)

Share :

Baca Juga

Pemerintah Kabupaten Temanggung telah mendistribusikan 15 ribu liter minyak goreng selama operasi pasar yang digelar di beberapa tempat. (Foto: MC.TMG/fr)

Peristiwa

Pemkab Temanggung Distribusikan 15 Ribu Liter Minyak Goreng Selama Operasi Pasar
Lembaga Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Klaten berhasil menghimpun amal zakat, infak dan sedekah (ZIS) umat sebesar Rp4,4 miliar sepanjang 2021. (Foto: Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Pada 2021, Baznas Klaten Himpun Dana Umat Rp4,4 Miliar
Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) menggelar Pelatihan Tanggap Bencana bagi Pemuda Kabupaten Bantul Tahun 2022 bertempat di Sanggar Seni Budaya Tamansari Madya, Sompok Sriharjo Imogiri Bantul, Selasa (8/3/2022). (Foto: Humas Kab.Bantul)

Peristiwa

Bupati: Tingkatkan Ketrampilan Mitigasi Bencana untuk Kabupaten Bantul Tangguh Bencana
Bupati Blora H. Arief Rohman terus mengupayakan tagline Sesarengan mBangun Blora, Unggul dan Berdaya Saing dengan menggandeng berbagai stakeholder pembangunan, termasuk kalangan akademisi, salah satunya Universitas Indonesia. (Foto:MC Kab. Blora)

Peristiwa

Sesarengan Mbangun Blora, Bupati Rintis Kerjasama dengan Universitas Indonesia
Prosesi launching logo dan maskot Kompetisi Jembatan Indonesia (KJI) 2023 di Gedung AR Fachruddin (A) kompleks UMY. (Foto:istimewa)

Peristiwa

Logo dan Maskot KJI 2023 Dilaunching
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta mengintensifkan pemangkasan pohon-pohon perindang yang rimbun. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Jelang Musim Hujan, DLH Pangkas Pohon Rimbun
Kejaksaan Negeri Kabupaten Kulonprogo bersinergi dengan BUMD se-Kulonprogo melaksanakan kegiatan vaksinasi Covid-19. (Foto: MC Kab Kulonprogo)

Peristiwa

Siapkan 2.000 Dosis, Kejaksaan Negeri Kulonprogo Gelar Vaksinasi
Wamenkum HAM Edward Omar Sharif Hiariej dan Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X pada acara Deklarasi Lapas Bersinar di Lapas Kelas II B, Cebongan, Sleman. (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

Pertama di Indonesia, DIY Deklarasi Lapas Bersinar, Bersih dari Narkoba