Home / News

Senin, 4 Oktober 2021 - 21:38 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Jamin Kecelakaan dan Kematian Atlet PON XX

Penandatanganan kerjasama BPJS Ketenagakerjaan dengan PB PON XX Papua. (Foto:Media Center Kominfo PON XX Papua Klaster Jayapura)

Penandatanganan kerjasama BPJS Ketenagakerjaan dengan PB PON XX Papua. (Foto:Media Center Kominfo PON XX Papua Klaster Jayapura)

NYATANYA.COM, Jayapura – Pengurus Besar Pekan Olah Raga Nasional (PB PON) menjamin biaya penanganan kesehatan kontingen Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, melalui Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Hal ini kembali ditegaskan Sekretaris Jenderal Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Tb. Ade Lukman Djajadikusuma, saat mengunjungi atlet asal Sumatera Barat yang beberapa waktu yang lalu terjadi kecelakaan dari cabang olahraga Gantole di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jayapura.

“Hari ini kami menjenguk atlet asal Sumatera Barat atas nama (Khaidir) Anas yang beberapa waktu yang lalu terjadi kecelakaan dari cabang olahraga Gantole,” katanya melalui siaran pers yang dikeluarkan Media Center Kominfo PON XX Papua Klaster Kabupaten Jayapura, Senin (4/10/2021) pukul 18.53 WIB.

Baca juga   Angka Kesembuhan Pasien Covid-19 di Boyolali Meningkat

Anas mengalami kecelakaan pada saat bertanding Aero Towing nomor Lintas Alam tanggal 3 Oktober 2021 di Lapangan Terbang Adven, Doyo Baru, Kabupaten Jayapura. Pesawat Aeros Combat buatan Ukraina yang dikendalikannya tidak stabil pada pukul 12.50 WIT.

Panitia dan seluruh pihak terkait sigap melakukan evakuasi kemudian langsung mengantar Anas ke RS Yowari sebelum ke RSUD Jayapura.

“Alhamdulillah bahwa kondisi sudah sangat baik dan saat ini sudah ditangani dengan baik oleh Rumah Sakit Umum Daerah di Jayapura,” kata Ade.

Panitia Pelaksana (Panpel), relawan (volunteer) dan para atlet serta ofisial yang terlibat dan berlaga pada pelaksanaan PON XX dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Tahun 2021 di Papua yang berada di empat klaster (zona) yakni, Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke, dipastikan mendapat perlindungan jaminan sosial dari BPJS Ketenagakerjaan.

Baca juga   Ganjar Kawal Langsung Atlet PON XX Jateng ke Papua

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Papua Jayapura, I Ketut Arja Leksana beberapa waktu lalu menegaskan hal ini.

“Jadi programnya ada dua, jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian,” ungkap I Ketut Arja Leksana.

Untuk atlet jaminan kecelakaan kerja diberikan bila peristiwanya terjadi saat berangkat dari rumah ataupun mess menuju tempat berlatih ataupun tempat bertanding hingga pulang.

Ada tiga macam jaminan kecelakaan yakni, bisa sembuh, cacat tetap dan jaminan meninggal dunia. Sementara untuk meninggal dunia, juga ada jaminan kematian, yang tidak harus akibat kecelakaan saat bekerja. (*)

Share :

Baca Juga

Bupati Yuni mengajarkan cara mencuci tangan yang benar kepada murid TK Pertiwi Sine 1. (Foto: Diskominfo Sragen)

News

Sasar 34.000 Siswa SMP, Vaksinasi Pelajar di Sragen Terus Dikebut
Percepatan vaksinasi terus dilakukan. Per tanggal 15 Oktober 2021 Pukul 12.00 WIB, total vaksinasi dosis 1 sudah mencapai 105.464.686 orang atau 50,64 persen dari total sasaran yaitu sebanyak 208.265.720 orang. Sementara vaksinasi dosis 2 sudah mencapai 61.397.055 orang atau 29,48 persen. (Foto: Kemenkes)

News

Capaian Vaksinasi Covid-19 Dosis Pertama RI Tembus 50 Persen
Presiden Jokowi menegaskan, rehabilitasi mangrove ini akan terus dilakukan tidak hanya di Kabupaten Bengkalis, tetapi di seluruh Tanah Air. (Foto:Mediacenter Riau)

News

Presiden Jokowi: Rehabilitasi Mangrove Akan Terus Kita Lakukan
(ilustrasi:nyatanya.com)

News

Positif Covid-19 di DIY Melonjak Lagi, Hari Ini Tambah 2.145 Orang, Sembuh 1.116 Kasus
Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi. (Foto: Humas Protokol Purbalingga)

News

Akhir 2021, Seluruh Kursi Perangkat Desa di Purbalingga Harus Terisi
(Ilustrasi:nyatanya.com)

News

Kasus Naik Signifikan, Mulai Hari Ini Solo Penyemprotan Masal Disenfektan
(Foto: Kemenkumham)

News

Kemenkumham: Regulasi Terpidana Mati Perlu Ditinjau Ulang
Presiden Joko Widodo secara resmi membuka Utsawa Dharmagita (UDG) Tingkat Nasional XIV Tahun 2021 Minggu (17/10/2021) secara virtual. (Foto: BPMI SekPres)

News

Buka UDG XIV, Presiden Jokowi Apresiasi Peserta yang Tampilkan Keberagaman Budaya Nusantara