Home / News

Minggu, 31 Maret 2024 - 19:32 WIB

BSI Maslahat Salurkan Bantuan Kemanusiaan Banjir Demak dan Kudus

BSI Maslahat menyalurkan bantuan kepada penyintas banjir di Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak dan Kudus, Jawa Tengah. (Foto: Dok. BSI Maslahat)

BSI Maslahat menyalurkan bantuan kepada penyintas banjir di Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak dan Kudus, Jawa Tengah. (Foto: Dok. BSI Maslahat)

NYATANYA.COM, Demak – BSI Maslahat menyalurkan bantuan kepada penyintas banjir di Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak dan Kudus, Jawa Tengah.

Jumlah bantuan yang disalurkan sebesar Rp100 juta yang terbagi menjadi enam tahap penyaluran.

BSI Maslahat adalah lembaga zakat, infaq, sedekah dan wakaf yang merupakan mitra strategis dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) yang terdepan dalam menguatkan ekosistem ekonomi syariah.

Dalam siaran pers yang diterima pada Minggu (31/3/2024) dijelaskan bahwa bantuan yang diberikan berupa bantuan logistik seperti beras, minyak goreng, gula, hygiene kit, pembalut, pakaian dalam, obat nyamuk oles, dan obat-obatan.

Bantuan kemanusiaan ini terbagi menjadi enam tahap penyaluran. Penyaluran pertama, bantuan air mineral dan obat-obatan disalurkan ke Kantor BPBD Kabupaten Demak.

Penyaluran kedua, bantuan logistik disalurkan ke dapur umum di Balai Desa Jati Wetan Kecamatan Jati Kabupaten Demak.

Penyaluran ketiga, bantuan logistik diserahkan ke dapur umum di SMPN 1 Gajah Kecamatan Gajah Kabupaten Demak. Penyaluran keempat, bantuan logistik dan obat-obatan diserahkan ke titik pengungsian gedung JHK IPHI.

Penyaluran kelima, bantuan logistik dan hygiene kit diserahkan ke kantor BPBD Kudus. Penyaluran keenam, tim BSI Care Group melakukan pendistribusian bantuan logistik dan hygiene kit secara langsung kepada warga terdampak di desa Wonorejo Kec. Karanganyar Kab. Demak.

Baca juga   Antisipasi Polsek Demak Hadapi Perayaan Tahun Baru Imlek

Banjir di Kabupaten Demak dan Kudus, Jawa Tengah kembali terjadi akibat jebolnya tanggul di wilayah Demak. Banjir ini semakin meluas hingga di Kabupaten Kudus ada 29 desa terdampak dari banjir sebelumnya yang hanya beberapa desa. Sebanyak 29 desa itu berada di lima kecamatan, yakni Undaan, Jati, Kaliwungu, Mejobo, dan Jekulo.

Dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Demak, ada sebanyak 74 desa di 10 kecamatan yang terdampak banjir. Warga yang terdampak sebanyak 75.004 jiwa dan yang mengungsi 4.244 jiwa.

Direktur Eksekutif BSI Maslahat, Sukoriyanto Saputro mengungkapkan keprihatinannya akan banjir yang kembali menimpa masyarakat Demak dan Kudus.

“Semoga bantuan yang BSI Maslahat salurkan bisa membantu masyarakat yang memerlukan di bulan Ramadan seperti ini,” kata Sukoriyanto.

Devi Utami salah satu warga desa terdampak mengungkapkan rasa terima kasih nya kepada BSI Maslahat atas bantuan yang diberikan.

Baca juga   Foto: Ritual Kendi Nusantara di Titik Nol IKN

“Terima kasih BSI Maslahat atas bantuan kemanusiaannya untuk kami para korban banjir di desa Wonorejo Kecamatan Karanganyar. Semoga bantuan ini menjadi berkah untuk semua,” kata Devi.

Bantuan kemanusiaan ini diberikan dengan tujuan untuk membantu penyintas dalam memenuhi kebutuhan dasar mereka dan meringankan beban yang mereka hadapi di tengah krisis banjir.

Saat ini kondisi banjir di beberapa desa sudah mulai surut. Sebagian warga yang rumahnya sudah mulai surut mulai membersihkan rumah mereka. Sementara warga yang rumahnya masih menggenang air, masih menetap di titik pengungsian.

Kebutuhan mendesak yang diperlukan masyarakat saat ini berupa, sembako, tikar, obat-obatan, pampers, pembalut, pakaian dalam dan obat nyamuk oles.

BSI Maslahat adalah lembaga zakat, infaq, sedekah dan wakaf yang merupakan mitra strategis dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) yang terdepan dalam menguatkan ekosistem ekonomi syariah.

BSI Maslahat hadir untuk menginspirasi donatur meningkatkan nilai dan porsi ibadah setiap orang di bulan Ramadan dengan program-program yang berkesinambungan disingkat Level Up Ramadanmu 1445H. Tingkatkan terus ibadahmu, tingkatkan juga sedekahmu di BSI Mobile. (N1)

Share :

Baca Juga

Bupati Temanggung H.M. Al Khadziq saat meninjau vaksinasi anak-anak di Puskesmas Jumo, Kecamatan Jumo, Selasa (8/2/2022). (Foto: MC TMG)

News

Temanggung Masuk PPKM Level 1, Bupati Minta Masyarakat Tetap Patuh Prokes
Suyanta, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah. (Foto: Diskominfo Jateng)

News

Pemprov Jateng Izinkan PTM Terbatas, Tapi Ada Syaratnya
Pilot Smart Air yang selamat. (Source Foto: RRI)

News

KNKT: Masih Terlalu Dini Ungkap Penyebab Kecelakaan Pesawat Smart Air
Foto: Istimewa

News

Begini Aturan Perjalanan Mudik bagi Warga yang Belum Vaksinasi Booster
Penampakan visual awan panas guguran Gunung Merapi yang terjadi pukul 20.21 WIB. (nyatanya.com/BPPTKG)

News

Gunung Merapi Kembali Muntahkan Awan Panas Guguran ke Arah Tenggara
Letjen TNI Suharyanto. Foto: Dok.BNPB

News

Kepala BNPB Pastikan Penanganan Bencana di Semarang Berjalan Baik
(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Waspadai Corona Varian Delta, Dinkes Imbau Warga Kenakan Dobel Masker
Akumulatif capaian vaksinasi booster di DIY baru sekitar 43 persen. Vaksinasi booster tinggi di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman. Foto: Humas Pemkot Yogya

News

Lansia di Kota Yogya Mulai Dapat Vaksin Booster Kedua, Syaratnya Gampang lho