Home / Plus

Jumat, 22 Juli 2022 - 14:30 WIB

BSSN dan Pemkot Yogya Ajak Pelajar Jaga Keamanan Ruang Siber

Talkshow keamanan siber di SMKN 3 Yogyakarta pada Jumat (22/7/2022). Foto: Humas Pemkot Yogya

Talkshow keamanan siber di SMKN 3 Yogyakarta pada Jumat (22/7/2022). Foto: Humas Pemkot Yogya

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Dalam rangka menggelorakan Gerakan Kampanye Jaga Ruang Siber, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) berkolaborasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta menggelar talkshow keamanan siber di SMKN 3 Yogyakarta pada Jumat (22/7/2022).

Kegiatan yang bertema “Kenali Kompetensi Lindungi Privasi” ini menghadirkan tiga pembicara yaitu Kepala BSSN Hinsa Siburian, Direktur Government Affairs Huawei Indonesia Yenty Joman, dan Cybersecurity Enthusiast Respati Budi Sasongko, dengan dimoderatori oleh Pegiat Media Sosial Irene Anggun.

Turut hadir Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kota Yogyakarta Ignatius Trihastono sebagai perwakilan Pemkot Yogyakarta.

Talkshow keamanan siber di SMKN 3 Yogyakarta pada Jumat (22/7/2022). Foto: Humas Pemkot Yogya

Hinsa Siburian mengatakan keamanan siber menjadi isu strategis di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Seiring dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, tantangan akan kejahatan siber akan meningkat.

Maka dari itu negara dan masyarakat secara umum harus waspada serta siaga dalam menghadapi hal tersebut.

“Kita harus mampu menghadapi dan menangkal kejahatan siber seiring kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang ada. Terutama untuk pelajar generasi muda penerus bangsa, kesadaran dan kewaspadaan akan keamanan ruang siber harus dibangun, supaya kerentanan itu tidak dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab karena data itu menjadi sangat mahal,” jelasnya.

Baca juga   Di Event Pasar Kangen, Pemuda Pancasila Ambil Bagian Amankan Pengunjung Soal Ini

Selain itu Hinsa Siburian juga menambahkan bahwa ancaman di ruang siber itu akan masuk pada lapisan teknis dan lapisan sosial.

Pada lapisan teknis contohnya sabotase atau merusak sistem objek vital nasional yang dampaknya akan mengganggu stabilitas dan kelangsungan negara dan masyarakanya.

“Selain dari lapisan teknis, ancaman itu juga bisa masuk pada lapisan sosial yang celahnya sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Ketika kita menggunakan smartphone dan terhubung ke internet, maka rentan sekali kita menjadi target propaganda lewat berita hoax yang bisa mempengaruhi dan menyesatkan pada hal negatif. Inilah kenapa kita harus sadar dan waspada untuk terus menambah literasi sebanyak mungkin,” tambahnya.

Baca juga   Modal Rp50 Ribu, Bisnis Kripik Pisang di Klaten Omsetnya Kini Jutaan Rupiah Gegara Ini

Sementara itu Yenty Joman menyatakan kalau evolusi teknologi yang terjadi pada dasarnya tidak bisa dihindari.

Untuk itulah untuk menghadapi kemajuan teknologi yang ada, sumber daya manusia yang ada harus dipersiapkan dengan sebaik mungkin.

“Suka tidak suka mau tidak mau kita dipaksa untuk hidup berdampingan dengan tren teknologi. Tapi yang perlu dipahami adalah kita bisa memanfaatkan teknologi ini untuk kehidupan yang lebih baik. Seperti munculnya peluang-peluang profesi baru yang semakin beragam,” tandasnya.

Kemudian Respati Budi Sasongko mengungkapkan, sejauh pengalamannya di dunia siber hal yang juga harus dipahami adalah tentang nilai, norma, dan hukum yang berlaku.

Sebab sangat memungkinkan para ahli siber yang menggunakan keahliannya untuk kepentingan yang tidak baik.

(Jul/N1)

Share :

Baca Juga

Buah pinang. Foto: Lotus digitals/Pixabay

Plus

Buah Pinang, Buah Pahit Pembuka Jalan Memulai Obrolan Masyarakat NTT dan Papua
KRTI yang berlangsung hingga 20 November 2021 ini dipusatkan di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Jawa Tengah sebagai tuan rumah dan dibuka secara resmi pada Senin, (15/11/2021). (Foto: Kemendikbudristek)

Plus

Rebutkan Piala Emas, Kontes Robot Terbang Indonesia Digelar Daring
Mbah Teguh dengan sepeda mininya berkeliling Indonesia dan sertifikat pengunjung ke 254.267 kilometer nol Indonesia yang didapat dari Pemerintah Kota Sabang. (Foto: Agoes Jumianto)

Plus

Awalnya Disepelekan, Mbah Teguh Selesaikan Misi Gowes Klaten – Aceh PP dalam 100 Hari
Farel Prayoga dihadiahi gendang oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Foto: Diskominfo Jateng

Plus

Gendang Ring Petir Buatan Bulu Sukoharjo, Hadiah Ganjar untuk Farel Prayoga
Tim Barunastra ITS sukses menyabet Juara Umum dalam ajang International Roboboat Competition (IRC) 2022 di Amerika Serikat. Foto: Kemendikbudristek

Plus

Mahasiswa ITS Sabet Juara Umum IRC 2022 di Amerika Serikat
Onclong, tradisi ronda untuk membangunkan warga sahur sudah ada sejak lama di Desa Sered, Keacamatan Madukoro, Banjarnegara. (Foto: Diskominfo Banjarnegara)

Plus

Onclong, Tradisi Ronda Bangunkan Warga Sahur di Banjarnegara
Foto: Humas UNS

Plus

Tim PKM-K FKIP UNS Luncurkan Produk Tas Multikapasitas Berbasis Edukasi
Kafilah atau kontingen Kota Yogyakarta mewakili DIY di MTQ Nasional ke-29 pada 10 hingga 19 Oktober 2022 mendatang di Kalimantan Selatan (Kalsel). Foto: Humas Pemkot Yogya

Plus

Kota Yogyakarta Wakili DIY di Ajang MTQ Nasional ke-29 di Kalsel