Home / Peristiwa

Senin, 4 Oktober 2021 - 16:43 WIB

Buka Pameran “Living in Heritage”, Gibran: Batik Harus Berkembang

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming menggoreskan canting membuka pameran “Living in Heritage” dalam rangka Hari Batik Nasional 2021. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming menggoreskan canting membuka pameran “Living in Heritage” dalam rangka Hari Batik Nasional 2021. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

NYATANYA.COM, Surakarta – Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming berharap batik terus berkembang. Ia mendorong anak-anak muda agar mengenakan batik di segala situasi, tak hanya saat acara resmi.

“Kini giliran kita anak-anak muda untuk melestarikan batik. Batik bisa digunakan di segala situasi tidak hanya kondangan. Misalnya digunakan saat main ke mal atau nongkrong. Dan ini luar biasa sekali ini kolaborasi Danar Hadi dan Rown Dvsn, menjadi bukti bahwa batik dapat dikembangkan untuk anak muda,” ujarnya, saat membuka pameran “Living in Heritage” di Ndalem Wuryaningratan Solo, dalam rangka Hari Batik Nasional 2021, sekaligus HUT ke-54 Batik Danar Hadi, Sabtu (2/10/2021).

Baca juga   Menko PMK Dukung Pembangunan Ulang Rusunawa Semanggi

Gibran menegaskan batik tidak boleh mati. Anak mudalah yang mesti menjaga batik, dengan menggunakannya dalam keseharian.

“Sekali lagi batik ini adalah aset budaya bangsa. Jadi anak-anak muda bisa menggunakan pada kegiatan sehari-hari, karena motifnya juga banyak,” kata Gibran.

Managing Director PT Batik Danar Diana Santosa mengatakan, Batik Danar Hadi selalu melakukan inovasi produk dan mengeluarkan koleksi-koleksi batik terbaru, dengan terus mengikuti perkembangan fesyen yang semakin modern dan masa kini.

Baca juga   Hanya Butuh 546 Formasi, Pendaftar CPNS Pemkot Yogya 20.944 Pelamar

“Batik Danar Hadi, sebagai penjaga wastra kekayaan budaya Indonesia, mampu menerjemahkan nilai-nilai luhur kearifan dalam ragam hias motif batik, yang dapat terus diaplikasikan di dalam kehidupan modern saat ini,” ujarnya.

Pameran “Living in Heritage” dibuka langsung oleh Gibran dengan mengecap batik, dan dilanjutkan penyerahan jaket hasil kolaborasi Danar Hadi dan brand fashion lokal Rown DVSN. Pameran itu menampilkan koleksi ekslusif karya maestro batik Indonesia, Santosa Doellah. (*)

Share :

Baca Juga

Serbuan vaksinasi Covid-19 bagi warga masyarakat dan nelayan Sadeng. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkab Gunungkidul)

Peristiwa

Serbuan Vaksinasi Covid-19 untuk Masyarakat Nelayan Sadeng
Penyerahan beras fortivikasi dari Perum Bulog kepada Bupati Purbalingga. (Foto: Humas Purbalingga)

Peristiwa

Bantu Turunkan ‘Stunting’ dengan Beras Fortivikasi
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X membuka gelaran Jogja International Batik Biennale. (Foto: nyatanya.com/Humas Pemda DIY)

Peristiwa

JIBB 2021 Resmi Dibuka, Angkat Batik Sebagai Filosofi Tanpa Batas
Ulang tahun di hari Kemerdekaan RI, Atlas mendapat berkah hadiah sepeda motor dari Ganjar Pranowo. (Foto:Humas Jateng)

Peristiwa

Ultah di Hari Kemerdekaan, Pasien Covid-19 Ini Dapat Motor dari Ganjar
Selain melantik pengurus baru KUB Bener, Wakil Wali Kota Yogyakarta, Drs Heroe Poerwadi MA juga meresmikan mobil ambulans milik KUB Bener. (Foto: Dokumentasi KUB Bener)

Peristiwa

Wawali Lantik Pengurus Baru Forum Kerukunan Umat Beragama Kelurahan Bener
TransJogja berhenti beroperasi selama PPKM Darurat. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemda DIY)

Peristiwa

Banyak Jalan Disekat PPKM Darurat, TransJogja Berhenti Beroperasi
Pelatihan peningkatan kapasitas Tim Reaksi Cepat (TRC) di TEA Tanjung Muntilan, Jumat (15/10/2021) yang digelar BPBD Magelang. (Foto: humas/beritamagelang)

Peristiwa

Tingkatkan Kapasitas, BPBD Magelang Gelar Pelatihan Tim Reaksi Cepat
Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto saat mengunjungi pelaksanaan vaksin bagi pelaku UMKM. (Foto: Kominfo Kebumen)

Peristiwa

Pelaku UMKM di Kebumen Divaksin Moderna