Home / Peristiwa

Rabu, 24 Agustus 2022 - 18:32 WIB

Buka UKW PWI Jateng, Ganjar: Warna Rumah Indonesia Ada di Tangan Wartawan

Ganjar Pranowo membuka UKW angkatan ke-35 PWI Jateng, di Hotel Khas Semarang, Rabu (24/8/2022). Foto: Humas Jateng

Ganjar Pranowo membuka UKW angkatan ke-35 PWI Jateng, di Hotel Khas Semarang, Rabu (24/8/2022). Foto: Humas Jateng

NYATANYA.COM, Semarang – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan wartawan memiliki peran penting dalam pemberi warna rumah Indonesia.

Keakuratan dan kredibilitas wartawan dalam memberikan informasi, menjadi ujung tombak perwujudan spirit nasionalisme dan patriotisme.

“Sebenarnya warna cat rumah Indonesia itu yang ngecat ya wartawan. Hari ini ada pesaingnya yaitu medsos, di mana semua orang bisa memberi informasi dan citizen journalism berkembang,” kata Ganjar, saat membuka uji kompetensi wartawan (UKW) angkatan ke-35 PWI Jateng, di Hotel Khas Semarang, Rabu (24/8/2022).

Ditambahkan, banyaknya media yang ada itu membuat semua orang dapat menulis, memotret, dan semua bisa menjadi jurnalis, bahkan membuat televisi sendiri tentunya bermodalkan kemauan.

Meski demikian, wartawan memiliki kelebihan karena memiliki kode etik jurnalistik, sehingga masih mendapat kepercayaan dari masyarakat. Namun itu bisa berubah apabila kepercayaan dari masyarakat hilang.

“Artinya uji kompetensi wartawan menjadi penting karena di sana ada regulasi, etika, dan tata cara penulisan. Kredibilitas itu mahal dan kalau itu bisa dijaga maka rumah Indonesia dengan spirit nasionalisme dan patriotisme akan terbentuk,” ujarnya.

Baca juga   Menpora Amali Gandeng PWI Pusat dalam Implementasi DBON

Ganjar mengaku pernah menemukan media yang kurang memiliki kredibilitas, karena apa yang ditayangkan tidak sesuai dengan fakta.

Terlebih, informasi itu dibuat tanpa adanya konfirmasi dengan atau wawancara dari pihak media kepada Ganjar.

“Kalau diberitakan beda, biasanya saya langsung komplain. Saya kalau komplain langsung telepon Pemrednya agar semua jelas. Makanya ini kawan-kawan yang uji kompetensi, saya yakin di ruangan ini nilai-nilai itu akan ada, sehingga lebih prudent,” ungkapnya.

Hal senada disampaikan Ketua Komisi Pendidikan dan Pelatihan PWI Pusat, Hendro Basuki, saat memberikan sambutan.

Menurutnya, di tengah melubernya informasi di banyak media, mulai ada kecenderungan arus balik ke media mainstream, karena masyarakat membutuhkan akurasi tinggi untuk setiap informasi.

“Ketika wartawan berpegang etika jurnalistik, taat hukum pers, dan menulis berita dengan tepat dalam konteks terpenuhi aspek jurnalistik, maka profesi ini masih akan bertahan. Terima kasih juga kepada Pak Ganjar yang selalu support untuk kegiatan seperti ini, dan perhatian dengan pendidikan wartawan,” ujarnya.

Baca juga   Banjir Landa Kutai Timur, Ribuan Jiwa Mengungsi

Ketua PWI Jateng, Amir Mahmud mengatakan, UKW angkatan ke-35 itu diikuti oleh 24 peserta yang berasal dari berbagai media di Jawa Tengah dan luar Jawa Tengah, termasuk Papua. Kegiatan itu didukung juga oleh SKK Migas Jabanusa.

“Media sekarang berubah wujud sosok skizofrenia. Kadang kita berwujud sebagai malaikat karena berita yang baik, tetapi juga menjadi iblis karena melanggar SARA dan kode etik karena mengejar ideologi viralitas. UKW ini menyatukan kompetensi teknis dan etis. Kecerdasan etika kita utamakan dengan pemahaman hukum pers dan kode etik. Martabat profesi kita (wartawan) ada pada sikap batin kita sendiri dan pada kecerdasan etika kita,” jelasnya.

(*/N3)

Share :

Baca Juga

Ketua Dekranasda Kabupaten Jepara Hesti Nugroho dan Ketua Dekranasda Bantul Emi Masruroh Halim bertukar cideramata. (Foto: Diskominfo Jepara)

Peristiwa

Potensi Industri Kreatif Hampir Sama, Dekranasda Jepara Belajar ke Bantul
Bupati Kudus Hartopo saat mengecek penyaluran BLT tahap I dari dana bagi hasil cukai dan hasil tembakau (DBHCHT) di Brak Djarum SKT, Desa Garung Lor, Jumat (26/8/2022). Foto: MC Kab. Kudus

Peristiwa

Cek Penyaluran BLT, Bupati Harap Dapat Membantu Perekonomian Buruh Rokok
Evakuasi jenazah wanita tewas di hotel di Surabaya. Foto: Ist/selalu.id

Peristiwa

Hasil Otopsi Perempuan Paruh Baya Tewas Telanjang di Hotel Surabaya, Paru-paru Terisi Air
Kondisi Mobil Daihatsu Terios yang terlibat kecelakaan. Foto: selalu.id

Peristiwa

Mobil Pelat Merah Tabrak Pemotor di Jalan Prapen Surabaya, Begini Kronologinya
Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi saat meluncurkan ADM di Mal Pelayanan Publik (MPP) di Kompleks Balai Kota Yogyakarta, Selasa (21/12/2021). (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Permudah Layanan Publik, Pemkot Yogya Luncurkan Anjungan Dukcapil Mandiri
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, pelatihan perbengkelan kepada penyandang disabilitas merupakan ikhtiar Pemprov dan Baznas Provinsi Jateng. (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Gandeng Baznas dan SMKN Jateng, Ganjar Beri Pelatihan Keterampilan Mekanik untuk Difabel
Edy Cahyadi, Kepala Satpol PP dan Damkar Temanggung. (Foto: nyatanya.com/Humas Jateng)

Peristiwa

Tekan Covid-19, Temanggung Bentuk TRC Hajatan
Petugas kesehatan Puskesmas Dharmarini Temanggung saat melayani vaksinasi guru dan karyawan sekolah. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

Peristiwa

Guru di Temanggung Selesaikan Vaksinasi Tahap Kedua