Home / News

Jumat, 1 April 2022 - 20:36 WIB

Bukan April Mop, Pemerintah Berikan BLT Minyak Goreng Rp300 Ribu

Presiden Joko Widodo. (Foto: BPMI/Istimewa)

Presiden Joko Widodo. (Foto: BPMI/Istimewa)

NYATANYA.COM, Jakarta – Pada awal April 2022, pemerintah memberikan bantuan langsung tunai (BLT) untuk membeli komoditas minyak goreng.

Sasarannya, kepada 20,5 juta keluarga yang masuk dalam kategori kurang mampu yang terdaftar dalam program keluarga harapan (PKH) dan bantuan pangan non tunai (BPNT).

Kemudian, pemerintah juga memberikan BLT kepada sebanyak 2,5 juta pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan makanan yang pengolahannya secara digoreng.

“Bantuan itu akan diberikan pada keluarga yang termasuk dalam daftar BPNT dan PKH. Dan PKL yang berjualan makanan gorengan,” kata Presiden Joko Widodo ketika melakukan konferensi pers secara virtual pada Jumat (1/4/2022).

Baca juga   Genjot Vaksinasi Covid-19, DIY Targetkan 20.000 Orang Per Hari

Bantuan yang diberikan kepada kelompok masyarakat tersebut besarannya mencapai Rp100 ribu per bulan, yang akan sekaligus diberikan untuk tiga bulan ke depan terhitung dari April, Mei, dan Juni pada 2022.

Jadi, masyarakat menerima bantuan sebesar Rp300 ribu. “Pemerintah akan memberikan bantuan tersebut yang akan dibayarkan di muka pada April 2022,” jelas Presiden Jokowi.

Keputusan pemerintah memberikan bantuan tersebut, lanjut Presiden, untuk meringankan beban masyarakat dari kelompok di atas. Sehingga, dapat tetap membeli komoditas minyak goreng untuk kegiatan produktif maupun sehari-hari.

Baca juga   Pemkot Yogya Imbau Warganya Tak Menimbun Minyak Goreng

Mengingat, dampak kenaikan harga minyak goreng masih akan terjadi dalam beberapa waktu ke depan. Dikarenakan, melonjak harga crude palm oil (CPO) di pasaran internasional.

“Untuk meringankan beban masyarakat, maka pemerintah akan memberikan BLT minyak goreng,” kata Presiden.

Secara khusus, Presiden menginstruksikan, instansi pemerintah terkait untuk berkolaborasi dalam penyaluran BLT minyak goreng. Sehingga, implementasi di lapangan dapat dilakukan dengan lancar.

“Saya minta Kementerian Keuangan, Kementerian Sosial, TNI serta Polri berkoordinasi dalam pelaksanaan penyaluran bantuan ini,” pungkas Presiden.

(N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Presiden Joko Widodo. (Foto: BPMI/SekPres)

News

Bahan Baku Melimpah, Indonesia Bisa Jadi Pemain Kunci Kendaraan Listrik
Ilustrasi. Pemerintah memulai pelaksanaan vaksinasi dosis lanjutan atau booster, Rabu (12/1/2022) hari ini. (Foto:Mediacenter Riau/infopublik)

News

Vaksinasi Booster Dimulai, Pemerintah Pastikan Stok Vaksin Cukup
Rusunawa Gunung Anyar Surabaya. Foto: selalu.id

News

4 Ribu Warga Surabaya Antre Masuk ke Rusunawa, Wali Kota: Harus MBR
Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti menyerahkan kenang-kenangan pada narasumber Indo Smart City Forum & Expo. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Walikota se-Indonesia Hadiri Indo Smart City Forum & Expo di Yogya
Ganjar Pranowo diundang oleh Institute for Essentiol Services Reform (IESR) sebagai salah satu co-chair Civil20 (C20 Indonesia). Foto: Humas Jateng

News

Jateng Jadi Percontohan Pengembangan Energi Baru Terbarukan Nasional
Foto: Istimewa/Dok. Kemnaker

News

Indonesia dan Australia Jalin Kerja Sama Pengembangan SDM Ketenagakerjaan
(ilustrasi: nyatanya.com)

News

Update Covid-19 Hari Ini, DIY Tambah 1.465 Kasus Positif
Menko Marves, Luhut Binsar Panjaitan. (Foto: Foto: Humas Kemenko Marves)

News

Menko Marves: Saat Ini Indonesia Lebih Siap Menghadapi Gelombang Omicron