Home / Buku

Selasa, 1 November 2022 - 14:10 WIB

Buku “Pulih Bersama Bangkit Perkasa” Diluncurkan, Dokumentasi Manfaat Presidensi G20 Indonesia

Peluncuran Buku tematik berjudul Pulih Bersama Bangkit Perkasa: Gagasan Optimis dari Indonesia untuk Kebangkitan Dunia Pasca Pandemi Covid-19. Foto: Humas Perpusnas RI

Peluncuran Buku tematik berjudul Pulih Bersama Bangkit Perkasa: Gagasan Optimis dari Indonesia untuk Kebangkitan Dunia Pasca Pandemi Covid-19. Foto: Humas Perpusnas RI

NYATANYA.COM, Jakarta – Buku tematik berjudul Pulih Bersama Bangkit Perkasa: Gagasan Optimis dari Indonesia untuk Kebangkitan Dunia Pasca Pandemi Covid-19, yang dirilis Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas) melalui Perpusnas Press, mendokumentasikan manfaat keketuaan (presidensi) G20 Indonesia 2022.

Demikian dikatakan Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Dirjen IKP Kominfo), selaku Ketua Badan Koordinasi Humas (Bakohumas), Usman Kansong, dalam acara peluncuran buku Pulih Bersama Bangkit Perkasa, di Gedung Perpusnas, Jakarta, Senin (31/10/2022).

“Karena baru 20 tahun ke depan kita akan menjadi penyelenggara lagi. 20 tahun kemudian ketika kita jadi penyelenggara, maka orang akan mencari buku ini untuk melihat bagaimana kita menyelenggarakan gelaran G20 berikutnya,” ujar Dirjen IKP.

Acara itu turut dihadiri Kepala Perpusnas, Muhammad Syarif Bando. inisiator sekaligus editor buku Pulih Bersama Bangkit Perkasa, Yanuardi Syukur, kontributor/penulis buku, Buyan Saptomo, Sekretaris Utama Perpusnas, Ofy Sofiana dan para pembaca buku di Perpusnas.

Menurut Dirjen IKP Usman, Presidensi G20 Tahun 2022 akan membawa manfaat yang sangat besar bagi Indonesia dan dunia. Dari sisi arsitektur kesehatan global misalnya, negara anggota G20 akan berkontribusi mengadakan dana perantara sebagai alat menghadapi pandemi di masa depan.

Baca juga   Haizofers Bikin Buku Kumpulan Quote 'Ini Soal Jodoh, Takdir dan Kamu'

Selain itu, dalam konteks transformasi digital juga telah disepakati adanya kesetaraan dalam dunia digital, baik dari sisi infrastruktur maupun dari sisi sumber daya manusia antara negara maju dan negara berkembang.

“Dari sisi ekonomi, manfaatnya yakni tambahan PDB (Produk Domestik Bruto) sekitar Rp7 triliun dari belanja negara untuk memutar roda ekonomi,” kata Usman.

Dia mengungkapkan makna tema Presidensi G20, yakni Recover Together Recover Stronger, layaknya permainan panjat pinang, di mana orang bisa memahami sebagai simbol gotong royong untuk mencapai tujuan bersama.

Seperti panjat pinang, lanjutnya, buku tematik ini juga menjadi simbol gotong-royong karena ditulis secara bersama-sama oleh 154 penulis menjadi 150 tulisan.

“Apa manfaatnya untuk Indonesia dan dunia? Kita berharap dunia bisa pulih dari pandemi Covid-19 kendati banyak persoalan seperti krisis akibat konflik Rusia dan Ukraina,” jelas Dirjen IKP.

Peluncuran buku yang dikemas dalam kegiatan Forum Tematik Bakohumas ini, diharapkan bisa menyebarluaskan gagasan para penulis ke masyarakat dan memberikan dampak positif bagi keberhasilan Indonesia pada Presidensi G20.

Baca juga   Literasi, Faktor Esensial dalam Upaya Membangun Masyarakat Inovatif dan Kreatif

Kepala Perpusnas, Muhammad Syarif Bando menambahkan, buku yang diterbitkan dalam empat jilid ini merupakan hasil kerja sama Perpusnas Press dengan Perkumpulan Rumah Produktif Indonesia, yang isinya relevan dengan isu-isu prioritas yang diusung Indonesia dalam Presidensi G20, yakni arsitektur kesehatan global, transisi energi berkelanjutan, dan transformasi digital dan ekonomi.

Penerbitan buku tematik G20 menurutnya sebagai upaya menginformasikan kepemimpinan Indonesia di forum Internasional melalui tulisan, yang kemudian dibaca dan dimengerti.

“Buku itu kalau dibandingkan dengan senjata jauh lebih dahsyat daripada senjata. Karena satu peluru memang menembus satu kepala, tapi sejatinya menghancurkan jutaan nilai kemanusiaan. Sedangkan satu buku yang kita digitalkan akan menembus jutaan kepala sekaligus menumbuhkan miliaran nilai kemanusiaan baru.”

Penerbitan buku tematik G20 ini diharapkan memberikan kontribusi positif dan sebagai usaha kolektif demi suksesnya Indonesia pada Presidensi G20 Tahun 2022.

“Selain itu, pada awal Oktober 2022, Perpusnas menggelar Dongeng G20: Dari Anak Indonesia untuk Dunia yang diikuti puluhan anak untuk berkenalan dan berinteraksi dengan berbagai simbol yang menggambarkan negara anggota G20,” tandasnya.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia secara resmi meluncurkan buku “Guarding The Sea For Our Future” yang dilaksanakan di Mabes Bakamla RI, Jakarta, Jumat (31/12/2022). Foto: Humas Bakamla RI

Buku

Guarding The Sea For Our Future, Buku Persembahan Bakamla untuk Generasi Muda Masa Depan
Paguyuban Jala Sottra meluncurkan buku Keris Peninggalan Keraton Sumenep, Senin (31/10/2022). Foto: MC Kab.Sumenep

Buku

Buku “Mengenal Keris Pusaka Peninggalan Keraton Sumenep Abad 18-19 Masehi” Diluncurkan
Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi pimpin upacara dalam rangka memperingati Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca secara virtual. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Buku

Heroe Poerwadi: Pentingnya Membaca untuk Kemajuan Bangsa dan Negara
Foto: Ist/selalu.id

Buku

Pemkot Surabaya Terbitkan Payung Hukum Perpustakaan Berbasis Teknologi
(Foto: MC Tidore/Hanafidano/G.Juna)

Buku

Buku Warisan Budaya Bawah Air di Dasar Laut Nusantara
Selain penghargaan untuk Sri Sultan, Daerah Istimewa Yogyakarta juga menerima penghargaan sebagai Provinsi Pencapai Nilai Tingkat Kegemaran Membaca Tertinggi se-Indonesia Tahun 2021. (Foto: Humas Pemda DIY)

Buku

Sri Sultan HB X Terima Penghargaan Nugra Jasadharma Pustaloka 2021
Buku ”Ini Soal Jodoh, Takdir dan Kamu”. Foto: Ist

Buku

Haizofers Bikin Buku Kumpulan Quote ‘Ini Soal Jodoh, Takdir dan Kamu’
DPK Kota Yogya raih penghargaan Perpustakaan dan Stand Pameran Terbaik TPBIS 2022. Foto: Humas Pemkot Yogya

Buku

DPK Kota Yogya Raih Penghargaan Perpustakaan dan Stand Pameran Terbaik TPBIS 2022