Home / Peristiwa

Sabtu, 21 Agustus 2021 - 00:15 WIB

Bulan Dana PMI Terapkan Pembayaran Digital

PMI Kabupaten Semarang menerapkan model scan QR code saat pelaksanaan bulan dana PMI 2021. (Foto:Diskominfo Kab.Semarang)

PMI Kabupaten Semarang menerapkan model scan QR code saat pelaksanaan bulan dana PMI 2021. (Foto:Diskominfo Kab.Semarang)

NYATANYA.COM, Semarang – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Semarang menerapkan model scan QR code saat pelaksanaan bulan dana PMI 2021. Hal itu dilakukan untuk mempermudah pembayaran donasi di masa pandemi.

Ketua PMI Kabupaten Semarang Djarot Supriyoto menyampaikan, penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) itu untuk menjamin transparansi jumlah dana yang terkumpul.

Selain itu juga untuk menghindari adanya kontak fisik saat pembayaran donasi. Meski begitu, pembayaran dana dengan penyebaran kupon tetap dilaksanakan.

Baca juga   Jalan Bandongan Kaliangkrik Kini Lebar dan Mulus

“Kita menampung kepedulian masyarakat sesuai sasarannya,” ujar Djarot pada pencanangan penggunaan QRIS untuk pelaksanaan bulan dana PMI 2021 di Pendapa Rumah Dinas Bupati Semarang, Jumat (20/8/2021) pagi.

Disampaikan, PMI mengedarkan kupon sumbangan bernominal Rp2 ribu dan Rp4 ribu kepada pelajar, pekerja pabrik, ASN, TNI, Polri, dan anggota masyarakat lainnya. Selain itu juga akan diterbitkan piagam sumbangan khusus bernominal antara Rp100 ribu hingga Rp500 ribu.

Seluruh dana yang terkumpul, lanjutnya, akan dimanfaatkan PMI untuk menjalankan tugas-tugas kemanusiaan dan kepalangmerahan.

Baca juga   Hebat! Ini Desa Pertama yang Memiliki Shelter Pasien Covid-19

Bupati Semarang Ngesti Nugraha berharap, masyarakat dapat menunjukkan semangat gotong royong dan peduli sesama melalui partisipasinya pada bulan dana PMI 2021.

Selama tiga bulan pelaksanaan, yakni mulai 20 Agustus hingga 20 Oktober 2021, diharapkan dapat terkumpul dana sekitar Rp1,3 miliar.

“Namun kita memahami kondisi sosial ekonomi masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Sehingga tidak kita target perolehannya,” tegas bupati. (*)

Share :

Baca Juga

Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti, saat meninjau vaksinasi di XT Square. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

Peristiwa

Kejar Target ‘Yogya Merdeka Vaksin’, Pemkot Gencarkan Vaksinasi
Wakil Walikota Teguh Prakosa saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di Solo Paragon. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Akselerasi Vaksin di Solo Paragon Ditutup, 10.060 Warga Sudah Divaksin
Baznas terus menggencarkan program 'Kita Jaga Kyai' dengan melakukan vaksinasi bagi kyai dan santri. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

Peristiwa

Baznas Gelar Vaksinasi Bagi Kyai dan Santri
Ilustrasi vaksinasi. (Foto:dokumentasi kominfo)

Peristiwa

Vaksinasi Covid-19 untuk Ibu Hamil dan Warga Difabel Dimulai
(Ilustrasi: nyatanya.com)

Peristiwa

Pandemi Tak Halangi Anak-anak Berkreativitas, Ayo Ikuti Lomba Ini
Acara audiensi diakhiri dengan penyerahan buku panduan pelaksanaan Sekolah Penggerak dari LPMP DIY dan BP PAUD pada Walikota Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

Peristiwa

Pemkot Yogya Dukung Inovasi Sekolah Penggerak
Selain memberikan edukasi terkait protokol kesehatan, Satpol PP Kota Yogya juga memberikan bantuan beras. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Satpol PP Kota Yogya Salurkan Bantuan Beras kepada Pedagang
Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati menyerahkan bantuan bagi sejumlah warga korban kebakaran. (Foto:Prokompim Blora/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Pemkab Blora Berikan Bantuan pada Korban Kebakaran